Seseorang yang memiliki bakat dan dijadikan profesi pekerjaan jika telah pensiun pasti tak jauh – jauh juga kan dari bakatnya tersebut. Begitupun pemain bola, apa sih yang akan dilakukan seorang pesepakbola ketika telah pensiun? Jika dilihat, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menjadi pelatih, pengamat sepakbola, narasumber acara bola sampai komentator. Nah pada kesempatan kali ini, Starting Eleven akan ngasih kamu 11 Profesi Paling Aneh Para Pesiunan Pemain Sepak Bola.

1. Tukang Sampah

Pada masanya, Stevan Savidan adalah seorang pesepakbola internasional yang cukup tersohor. Walaupun begitu, tidak banyak yang mengetahui aktivitas nya ketika telah memutuskan untuk gantung sepatu. Setelah sempat hilang beberapa saat dari media, sebuah foto yang memperlihatkan Savian sedang mengangkat kresek sampah sedang terlihat. Setelah dikonfirmasi, hal tersebut memang benar karena saat ini, Savian memang berprofesi sebagai tukang sampah. Menurut Savian, ini bukan lah sebuah pekerjaan yang salah dan juga sangat terhormat karena bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan. Duh mulianya…

2. Pengubur Jenazah

Mungkin saat ini, tidak banyak orang yang mengenal nama Ray Wilson. Untuk mereka yang hidup di tahun 60an, nama tersebut pasti sangat familiar. Itu karena, Ray Wilson adalah salah seorang yang berperan dalam kesuksesan Inggris menjuarai piala dunia 1966. Setelah karier sepakbola nya sukses besar, Ray Wilson memutuskan untuk pensiun pada tahun 1971. Berbeda dengan ekspektasi dari kebanyakan orang, Wilson memutuskan untuk membuka usaha penguburan jenazah. Ternyata, keputusan ini berbuah manis. Pundi pundi uang dari wilson terus bertambah karena bisnis nya ini memang sukses besar.

3. Personil Boyband

Memang, sangat lah berbeda ketika membandingkan seorang pesepakbola yang sangat gagah di atas lapangan dengan seorang personil boyband yang sering kali meliuk liuk di atas panggung. Tetapi, ada juga loh ternyata pesepakbola yang memutuskan untuk menjadi seorang boyband ketika telah memutuskan untuk pensiun. Orang itu adalah Morten Pedersen yang cukup dikenal di eropa sebagai seorang punggawa timnas Norwegia. Keputusan Morten untuk menjadi boyband memang sangat wajar. Hal tersebut lantaran profesi barunya itu didukung oleh tubuh proporsional dan wajah yang tampan.

4. Mata Mata Kepolisian

Diantara seluruh profesi pada daftar ini, mungkin peran sebagai mata mata kepolisian adalah profesi yang paling berisiko. Tetapi, profesi ini benar benar dipilih oleh mantan pemain PSV dan Tottenham yaitu Popescu. Jika dilihat dari jobdesk nya, apa yang perlu dilakukan oleh popescu memang sangat simpel. Ia hanya perlu menyelidiki para pesepakbola yang berkhianat pada negara lalu segera melaporkannya kepada pihak yang telah ditetapkan. Menurut Popescu, alasan utama ia berani memilih profesi ini adalah karena kompensasi dan gaji nya yang lumayan.

5. Artis/Model

Mungkin jika dilihat sekarang, ada banyak pesepakbola yang memutuskan untuk menjadi atris atau model ketika telah pensiun. Jika dikatakan mantan pesepakbola yang paling sukses ketika memutuskan untuk menjadi artis adalah Eric Cantona dan David Beckham. Pertama kali cantona memutuskan untuk menjadi artis adalah pada tahun 1997 sedangkan Beckham memulainya tahun 2006. Sudah ada lebih dari 10 judul film yang dibintangi oleh king eric dan untuk Beckham ada puluhan model iklan yang ia bintangi.

6. Perancang Busana

Sangat sulit membayangkan seorang pesepakbola besar yang memutuskan untuk menjadi seorang perancang busana ketika telah pensiun. Tetapi, hal tersebut benar benar terjadi pada Andrey Arshavin ketika telah pensiun di dunia sepakbola. Menurut pernyataan Arshavin sendiri, ia memang sudah lama memiliki ketertarikan pada dunia tata busana tersebut terutama pakaian khusus wanita. Saat ini, Arshavin memang cukup sukses dengan banyak karya busana hasil goresan nya yang digunakan model model dan aktris profesional.

7. Salesman Vacuum Cleaner

Jika dilihat dari semua pada daftar ini, mungkin kisah dari Thomas Broling ini adalah yang paling tragis. Perlu diketahui, Thomas Brolin adalah salah seorang pemain yang menjadi faktor utama kesuksesan Swedia menempati posisi ketiga di piala dunia 1994. Garis takdir berkata lain. Saat memutuskan untuk pensiun, kesulitan mulai dialami oleh sang bintang. Karena keras nya hidup, ia pun memilih untuk menjadi seorang salesman vacuum cleaner dan ketika gambar dirinya mulai menyebar di internet, ada banyak orang yang menyayangkan hal ini.

8. Pemain Smack Down

Inilah profesi paling ekstrim yang dipilih oleh seorang bintang besar sepakbola saat memutuskan untuk pensiun. Sepakbola memang terkenal sebagai olahraga keras, jika dibandingkan dengan Smack Down, tingkat kekerasannya jelas berbeda. Keputusan untuk menjadi petarung smack down ini dipilih oleh mantan penjaga gawang timnas Inggris dan Werder Bremen yaitu Tim Weise. Sang kiper sendiri pensiun di usianya yang baru 33 tahun dan yang jadi menarik, ia langsung mendaftar sebagai seorang petarung WWE ketika baru saja memutuskan untuk pensiun.

9. Calon Presiden

Sangat hebat ketika melihat seorang pesepakbola yang menjadi presiden sebuah negara. Hal tersebut sempat akan berhasil dilakukan oleh George Weah ketika ia mencalonkan diri menjadi presiden Liberia di tahun 2005. Sayang, Weah kalah dari pemilu tersebut dan harus menegurungkan niat nya untuk menjadi pemimpin sebuah negara. Walaupun gagal, pencapaiannya ini memang luar biasa dan juga membuktikan bahwa seorang mantan pesepakbola akan bisa melakukan apapun ketika telah memutuskan untuk gantung sepatu dari lapangan hijau.

10. Tukang Pos

Selain Ray Wilsong yang menjadi seorang penggali kubur, profesi unik juga dipilih oleh salah seorang rekannya ketika menjuarai piala dunia 1966 bersama timnas Inggris. Orang tersebut adalah sang kiper utama yaitu Peter Bonetti yang pada akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang tukang pos. Pekerjaan tersebut tidak dilakukan Bonetti di Inggris. Ia menjadi tukang pos di sebuah daerah di Skotlandia.

11. Dokter

Inilah profesi paling mulia yang dipilih oleh seorang pesepakbola ketika memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau. Profesi tersebut adalah dokter yang dipilih oleh mantan bintang utama timnas Brasil yaitu Socrates. Mungkin, pencapaian yang dilakukan oleh Socrates ini bisa menjadi acuan bahwa seorang pesepakbola bukan berarti meninggalkan prosesi pembelajaran. Menurut sebuah survey, Socrates adalah satu satunya pesepakbola profesional di dunia yang berhasil meraih izin praktek kedokteran ketika telah pensiun dari dunia sepakbola. Jika dilihat dari pencapaian socrates ini, sangat terbukti jika jalan akan terlihat jika seseorang menunjukkan kemauannya.

 

Atur Keuanganmu, Rencanakanlah Masa Depanmu Selagi Masih Muda ya football lovers… Seseorang yang sudah jelas bakat dan penghargaan yang diperolehnya aja bisa berubah profesi dan nasibnya setelah mereka pensiun, apalagi kamu yang hanya bermodal selembar kertas 😀 Silakan share dan like jika kamu suka, bye…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here