Ungkapan Khas Ini Sebenarnya Cuma Basa-Basinya Orang Indonesia

0
81

Orang Indonesia emang terkenal ramah. Nggak hanya ramah, mereka juga terkenal dengan sopan santunnya baik kepada yang lebih muda atau lebih tua. Saking sopannya biasanya tanpa sadar kita sering menggunakan ungkapan ini walaupun cuma sekedar basa basi untuk menunjukkan rasa empati dalam kehidupan sehari-hari. Coba baca deh yang berikut ini pasti Kamu otomatis angguk-angguk sambil meng-iya-kan dalam hati.

Pas Ketemu: Apa kabarnya, Bro?

Setelah lama nggak ketemu teman atau saudara, hal yang pertema kali Kamu lakukan pas ketemu adalah bertanya kabar. “Gimana kabarnya, Sis? Atau What’s up, Bro?” Ini merupakan pertanyaan wajib untuk menyapa seseorang yang sudah lama nggak ketemu, bahkan jika kita berbicara melalui telpon atau sekedar chatting. Percaya atau nggak sebenarnya ungkapan tersebut hanyalah basa-basi, coba deh pikir beneran nih Kamu pengen tahu kabarnya? Bener nggak? Biasanya hal ini juga diucapkan ketika akan memulai pembicaraan, maksudnya biar suasananya lebih mencair gitu ya.

Waktu makan: Mari makan!

Pas nggak sengaja ketemu teman atau orang yang kita kenal lagi makan di restauran yang sama, kemungkinan besar Kamu akan mengucapkan kalimat ini “Mari makan!” atau kalau dalam budaya orang-orang jawa “Monggo Mas/Mbak!”. Padahal mau jujur atau nggak, itu cuma cara kita menunjukkan sopan santun pada mereka. Emang beneran rela kalau harus bagi-bagi makanannya? Atau bisa saja pas lagi ada teman yang usil, tiba-tiba dia nyaut “Sini gue makan!” atau “Mau, dong!”, hayo loh!

Ketika Bertamu: Ah, nggak usah repot-repot!

Pernah nggak pas bertamu ke rumah temen, setelah minimal 5 menit duduk, Kamu pasti ditanyain mau makan atau minum apa? Pasti otomatis jawabanmu adalah “Ah, nggak usah repot-repot!”. Padahal dalam hati pengen banget dibikinin Indomie 2 porsi lengkap dengan telur ceploknya, atau pas lagi haus-hausnya karena di perjalanan tadi Kamu kepanasan jadi pengen dibikinin es sirup Marjan. Tapi sekali-kali Kamu harus berani membohongi diri dengan berkata “Air putih saja boleh”. Kan siapa tahu si empunya rumah cuma sekedar basa-basi nawarin padahal lagi nggak ada apa-apa juga di rumahnya. Coba deh Kamu bayangin jadi pemilik rumah, pasti bingung kalau menghadapi tamu yang amit-amit maruknya.

Lagi PDKT: Nggak ada yang marah nih?

Saat lagi pengen deket sama seseorang atau yang lebih familiar disebut gebetan, otomatis banyak modus yang kita lakukan. Mulai dari sering curi-curi pandang, chatting, sampai teleponan. Setelah ngobrol ngalor ngidul akhirnya Kamu memberanikan diri dengan bertanya “Nggak ada yang marah nih kalau aku chat gini?” sebagai pertanyaan implisit yang berarti dia sudah ada yang memiliki atau belum. Kabar baik kalau dia bilang nggak ada kok, kalau dia bilang ada, waduh! Kayaknya Kamu belum beruntung nih, coba lagi, Gih!

Lagi nyesek: Nggak apa-apa kok

Pernah pas lagi makan terus temenmu ada yang nyenggol minum sampai tumpah ke baju atau celanamu? Marah? Jelas lah, tapi di momen seperti ini nggak ada pilihan lain selain mengatakan “Nggak apa-apa kok”. Kata-kata ini mungkin juga adalah jurus andalan cewek buat menutupi kalau sebenarnya dia kenapa-napa. Misalnya pas dia lagi ngambek ditanya cowoknya “Kenapa, Beb?” jangan kaget kalau jawabnya singkat “Aku rapopo”.

Itulah sedikit kata basa-basi yang sering digunakan orang Indonesia sehari-hari. Terlepas dari semua penjelasan di atas, budaya yang sudah mendarah daging tersebut memang bagus untuk digunakan karena menunjukkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki sopan dan santun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here