Tetap Bertahan dari Tahun 1962, Ini 7 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Doraemon

0
85
Sumber: idntimes.com

Siapa yang tidak tahu kartun Doraemon? Salah satu kartun yang berasal dari negeriĀ  Sakura ini pasti pernah menemani hari-hari masa kecil kalian kan? Bagaimana tidak? Kartun Doraemon ternyata pertama kali muncul pada tahun 1962! Waw,luar biasa sekali ya! Usia kita bertambah terus, tapi Nobita tetep aja masih SD. Sepertinya ada yang salah dengan mesin waktu ini hihihi.

Nah, berbicara tentang kartun Doraemon, tentu bukan tanpa alasan mengapa kartun tersebut masih bertahan hingga kini. Selain selalu menghibur pemirsa layar kaca, sebenarnya ada 7 halyang bisa kita pelajari dari kartun Doraemon ini loh! Apa saja sih? Berikut ulasannya.

Selalu ada untuk sahabat di tidak hanya saat senang saja

Guys! Pernah teralami dalam hidup kita tentang teman yang datang dan pergi sesuka hati. Tapi, kita pasti sepakat bahwa teman sejati akan selalu ada apapun kondisi kita, right?! Tokoh-tokoh Doraemon mengajarkan hal tersebut pada kita. Lihat saja tokoh Takeshi yang sering memonopoli hidup Nobita, tapi saat Nobita benar-benar kesulitan? Takeshi ada dan tidak meninggalkannya. Kalau peran Doraemon? Hmmm, jangan ditanya! Doraemon selalu di samping Nobita apapun yang terjadi.

Mengajarkan untuk tidak selalu bergantung pada orang lain

Secanggih apapun alat-alat yang dimiliki Doraemon, tapi Doraemon tidak pernah dengan Cuma-Cuma memberikannya pada Nobita. Doraemon pasti selalu menyuruh Nobita untuk berusaha terlebih dahulu. Hal itu jelas mengajarkan pada kita bahwa jangan sampai kita terlalu ketergantungan pada orang lain. Apalagi pada edisi Doraemon Stand by Me, beeuhhh! Tergambar jelas pelajaran itu!

Sombong? Sungguh tidak ada gunanya!

Apa yang kita miliki dalam hidup ini hanya titipan. Jadi memang tidak ada yang abadi. Lihat saja, tiap kali Nobita berusaha sombong saat menggunakan alat canggih Doraemon, pasti tak berselang lama Nobita kena tulah kan? So, jangan sombong! Emang ngga ada gunanya kok!

Memamerkan apa yang kamu punya tidak memberi keuntungan apapun

Nah, poin ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Pamer hanya akan membuat diri kita susah! Lihat saja, saat Nobita memamerkan alat canggih Doraemon, pasti saat itu juga alat tersebut jatuh ke tangan Takeshi dan Suneo. Jadi, apa sih keuntungannya pamer?

Berjuang dalam mendapatkan cinta seseorang

Sudah menjadi rahasia umum sejak bertahun-tahun yang lalu bahwa Nobita cinta mati pada Shizuka! Dan lihat! Nobita memang benar-benar harus berjuang selama berpuluh tahun loh sejak tahun 1962 untuk bisa memenangkan hati Shizuka! Hayo, kamu yang katanya sayang sama si dia, udah coba perjuangin belum? Masa kalah sama anak SD hihihi

There is a will,there is a way. Setiap masalah selalu ada solusinya kok!

Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya selama kita mau berusaha! Emang sih kita ngga punya berbagai alat canggih Doraemon sebagai solusi dari masalah kita, tapi dari kartun ini kita belajar bahwa memang sesungguhnya selalu ada solusi dari setiap masalah yang kita hadapi.

Menindas yang lebih lemah hanya membuatmu terlihat pengecut

Wah, poin ini sangat cocok untuk para pelaku bullyng nih! Pernah nggak sih kalian melihat sosok Takeshi sebagai sosok pahlawan atau sosok yang keren saat menindas Nobita? Alih-alih disukai, hal itu malah membuatnya terlihat pengecut! Ya gak sih?

Nah, itu tadi beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari kartun Doraemon. Kita memang berharap bahwa bisa ada banyak kartun semacam itu di zaman sekarang untuk tontonan para adek-adek kita. Jadi, episode manakah yang menjadi favoritmu dari kartun Doraemon yang sudah tayang selama 56 tahun tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here