Terbawa Kenangan Saat Hujan? Mungkin Ini Alasannya

0
334

Hujan dan Kenangan – Kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. bagaimana kita akan mengentikan tetes air yang turun dari langit? hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya’, eaaaakk baper mode on ya mblo! yang hobi baca pasti tahu dongs itu quote punya siapa? yak betul! punya abang tere liye, sang penulis buku-buku best seller. oke, kita nggak akan bahas tere liye yang selalu berhasil bikin kita baper dengan rangkaian katanya, tapi kita akan bahas kenapa sih suasana hujan selalu bikin kita mager, baper, selow, melow dan seringnya gabut banget. dan parahnya lagi kita yang pernah ngerasain putus cinta pasti bakal inget mantan. inilah hebatnya hujan yah gaes, bikin kita mager sekaligus baper. ditambah bulan-bulan ini memasuki musim penghujan gaes, siapin diri aja buat nahan diri dari rasa baper tingkat tinggi. tapi apa sih alesan kita baper plus mager saat hujan turun? yuks kita baca!
1. karena saat hujan turun pernah ada momen dengan si dia dulu, waktu kamu masih jalan dengan sang mantan atau pacar (ciyeee pacar, nggak jomblo dong), pernahkah kamu mendapatkan satu momen bersama mantan entah itu menyakitkan atau menyenangkan? berteduh bersama di halte bus dengan si doi yang nyampirin jaketnya ke tubuh kamu atau lagi di kafe terus kamu lihat doi jalan sama cewek lain? haha, apapun momenya kalau hal itu terjadi bersamaan saat hujan turun dijamin nggak akan bisa kita hapus dari ingatan loh gaes! seperti quote-nya tere liye tadi. tapi, bukan berarti kalau momennya kurang menyenangkan kamu jadi benci hujan yah gaes? jangan sampai, karena hujan adalah berkah! berkah buat jomblo, palagi kalo hujannya malam minggu, hehehehe, canda gaes! jangan benci hujan hanya karena hujan mengingatkanmu pada masa lalu ya gaes!
2. suasana saat hujan turun adalah suasana yang mendukung untuk galau siapa nih disini yang hobi ngegalau pas hujan turun? hehehe, semoga nggak ada yah gaes. jangan! nanti jadi rindu masa lalu. sebenarnya sih mimin masih penasaran apa hubungan galau dengan suasana hujan? coba deh ada skripsi dengan judul ‘korelasi suasana hujan yang syahdu dengan mengenang masa lalu dan menumpuk rindu’ hehehe, asli pasti lucu banget ya gaes!buat kamu yang belum bisa move on dari mantan atau lebih sadisnya buat kamu yang masih setia sama mantan, siapin diri aja deh waktu hujan turun. suasana yang mendung dingin syahdu akan membuatmu menikmati nada-nada indah karya sang pencipta dengan berdiam diri sambil bergalau ria. seperti instrumen musik, kita akan ikut menikmati nada-nada gemerisik suara hujan!
3. karena saat hujan turun, kita akan terjebak dalam sebuah ruang saat hujan turun, kamu pasti mendadak mager parah! mau kemana-mana malas karena dimana-mana basah, alhasil kamu tertahan dalam sebuah ruangan, entah itu di kamar, di kelas, di mobil, atau di dalam kantor. dengan kita yang berakhir mager dan tertahan dalam sebuah ruangan, kamu jadi tidak melakukan apapun selain diam dan menunggu hujan reda. sambil menunggu hujan reda kamu akan secara otomatis terjebak dalam sebuah kenangan, kenangan yang berputar seperti dvd player. dan dimulailah film galau dengan pemeran utama kamu sendiri! hihihihi
selain tiga alasan diatas, sebenarnya ada yang kebih logis kenapa kita selalu melow saat hujan turun, ternyata karena saat hujan dan cuaca berubah mendung, tubuh terutama mata akan sedikit menerima cahaya. nah dikarenakan cahaya yang diterima oleh mata sedikit, mata mengirimkan sinyal oleh otak dan melewati bagian otak Hipothalamus.Hipothalamus adalah bagian otak yang bertugas mengontrol beberapa proses seperti tidur dan mood. selanjutnya sinyal yang diterima hipothalamus diteruskan ke glandula pineal yang dalam kondisi kurang cahaya seperti hujan dan mendung akan memproduksi hormon melatonin. apa itu hormon melatonin? hormon melatonin adalah hormon yang mendorong seseorang menjadi lebih mudah mengantuk dan melamun (wah, mblo, jangan-jangan kita kebanyakan hormon melatonin). selain itu saat hujan turun, langit menjadi gelap, membuat kulit kita menerima sedikit cahaya matahari. ini akan berakibat kulit kekurangan vitamin D (bukan Duit loh ya). rendahnya vitamin D ternyata mempengaruhi level serotonin di dalam otak. serotonin, apaan tuh? serotonin adalah protein pembawa sinyal (neutransmitter) yang bertugas meneruskan sinyal dari sel syaraf ke sel target. selain bertugas mengatur mood, serotonin juga bberperan dalam proses mengingat. dan saat hujan, mendung atau lingkungan menjadi gelap, serotonin mengalami penurunan level, sehingga mood akan berubah dan orang akan cenderung melamun dan mudah mengantuk.
yap, sekian dulu dari penulis. hehehe, memasuki musim penghujan jangan lupa bawa payung ya, supaya tidak terguyur kenangan, eh salah, maksudnya supaya tidak terguyur hujan. dan hati-hati awas banyak kenangan, aduh! miminnya baperan nih. hehe, maksudnya hati-hati banyak genangan. selamat menyambut musim penghujan dan jangan lupa share yah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here