Selain memunculkan banyak bintang besar yang merumput di lapangan, sepak bola juga memunculkan banyak pelatih yang sekarang berada di level atas. Saat ini, salah satu pelatih yang berada di level atas adalah Jose Mourinho. Jika dilihat dari pencapaiannya, sangat wajar jika Jose Mourinho ditempatkan pada pelatih level atas. Itu karena, the special one pernah melatih beberapa klub besar seperti Manchester United (Sekarang), Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, hingga Porto. Khusus untuk 2 klub terakhir, Jose Mourinho sukses memberikan trebel winner bagi mereka.

Dengan segala pencapaian tersebut, setiap pemain pastilah mendambakan untuk dilatih olehnya. Walaupun begitu, ternyata tidak semua pemain selalu merasa nyaman ketika bersama dengan Mourinho. Ada juga diantara mereka yang malah terlibat cekcok bahkan pertengkaran. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar pemain yang pernah terlibat cekcok dengan jose mourinho.

  1. Paul Pogba

Penyebab perselisihan antara Pogba dan Mourinho terjadi berawal dari Pogba bersikukuh ingin rehabilitasi cedera di Miami, sedangkan Mourinho menginginkan Pogba berada di MU agar mudah untuk di awasi.

Perseteruan ini berlanjut sesusai MU gagal lolos di babak perempat final liga champions 2017. Pogba tak dijadikan starting line up dan permainannya pun buruk setelah mendapatkan kesempatan bermain sebagai pemain pengganti.

Sampai sekarang Mourinho terus mengkritik performa Paul Pogba entah saat di lapangan atau pun ketika wawancara dengan media. Hal tersebut membuat Pogba enggan berbicara dengan Mourinho dan hanya berkomunikasi dengan assisten pelatih Rui Furia dan beberapa staf MU saja.

2. Bastian Schweinsteiger

Nama pertama yang pernah terlibat pertengkaran dengan Jose Mourinho adalah legenda Bayern Munchen dan timnas Jerman yaitu Bastian Schweinteiger. Bukan ketika melatih kedua tim tersebut, Mourinho terlibat pertengkaran dengan pemain ini saat menjadi entrenador Manchester United.

Ketika itu, Schweinteiger berada di masa akhir karir nya dan memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan tim setan merah. Sebenarnya, Mourinho bukan lah pelatih yang mendatangkan Shweinsteiger. Sang gelandang didatangkan oleh pelatih sebelumnya Manchester United yaitu Louis van Gaal. Baru beberapa hari Mourinho datang, Schweinsteiger langsung berpindah tempat. Ia langsung dipindah kan untuk berlatih di tim u-23 dan parahnya lagi, namanya dicoret dari tim yang akan melakoni liga europa. Pada akhirnya, Schweinteiger pun geram dan memutuskan untuk hijrah ke MLS pada pertengahan musim.

3. Kevin de Bruyne

Bruyne dan Mourinho sudah lebih dulu kenal ketika keduanya bekerja sama di Chelsea, sebelum de Bruyne dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik dunia bersama Manchester City. Ketika itu, nama Bruyne belum sebesar sekarang dan ia baru mendapat label sebagai seorang wonderkid hebat.

Karena melimpahnya pemain di lini tengah Chelsea ketika itu, Bruyne pun tidak mendapatkan banyak kesempatan. Mourinho hanya memberikan ia sedikit waktu bermain yang akhirnya membuat pria berpaspor Belgia itu frustasi. Akhirnya, dampak dari hal ini berbuntut panjang hingga Bruyne pun hijrah ke Wolfsburg atas kemauannya sendiri. Untungnya, Bruyne berhasil menunjukkan kemampuannya di bundes liga dan dibeli oleh Manchester City dengan harga selangit.

4. Luke Shaw

Hal yang sedikit berbeda terjadi pada Luke Shaw. Sebelumnya, ia adalah full back andalan Manchester United yang selalu tampil impresif di lapangan. Naas, sebuah cidera horor menimpa nya di fase grup liga champions. Ketika itu, kaki kanan nya patah dan ia pun harus menepi selama beberapa bulan. Sayang, Shaw kesulitan untuk kembali ke performa terbaik nya ketika sembuh.

Pada momen tersebut, Mourinho pun datang dan menjabat sebagai pelatih kepala the red devils. Karena performa yang tidak kunjung membaik, sebuah kritikan terbuka pun diluncurkan oleh Mourinho pada Shaw. Ia mengatakan bahwa Shaw tidak layak berada di bangku cadangan karena sangat tertinggal dari rekan rekan setim nya. memang, saat ini Shaw masih bertahan di old trafford dan belum menunjukkan niatan untuk pindah. Tetapi jika melihat apa yang terjadi pada de Bruyne, mungkin pindah akan menjadi keputusan sempurna untuk mengembalikan bakatnya.

5. Samuel Eto’o

Berbeda dengan semua pemain pada daftar ini, sebelumnya Eto’o justru sangat dekat dengan Jose Mourinho. Keduanya bekerja sama di inter milan dan berhasil mempersembahkan trebel winner untuk nerrazuri. Ketika Mourinho terpilih sebagai pelatih kepada Chelsea, gebrakan besar pun terjadi. Eto’o memutuskan untuk berseragam the blues karena ingin kembali bekerja sama dengan Mourinho. Namun sayang, hubungan keduanya tidak berjalan baik di kota london.

Keduanya sering terlibat cekcok dan puncaknya adalah ketika Eto’o dijadikan kambing hitam atas kegagalan Chelsea mencetak gol ke gawang Norwich. Saat itu, masalah dari kedua pria ini semakin membesar hingga sang striker pun tidak diperbolehkan untuk ikut latihan di tim utama. Karena kejadian itu, kekecewaan Eto’o pun semakin menjadi jadi hingga akhirnya memutuskan untuk pergi ke Everton pada akhir musim 2013/2014.

6. Iker Casillas

Mungkin, perselisihan ini lah yang akan paling dikenang oleh seorang Jose Mourinho. Sebenarnya, kerja sama dari Casillas dan Mourinho di Real Madrid berjalan baik dari awal. Semuanya berubah ketika Mourinho memasuki musim terakhir masa kepelatihannya di kota Madrid. Ketika itu, Mourinho menuding Casillas yang merupakan ikon klub sebagai pengkhianat karena menelepon Xavi Hernandez setelah laga El Classico. Selain itu, Casillah juga beberapa kali mengeluarkan ketidak setujuannya pada taktik yang dipaparkan oleh Mourinho.

Karena perselisihan ini, tempat utama Casillas di pos penjaga gawang Real Madrid pun tergeser. Peran nya di la liga digantikan oleh Diego Lopez walaupun sang kiper masih menjadi pilihan utama di copa del rey dan liga champions. Namun karena peran nya yang sangat besar, Mourinho lah yang kali ini kalah. Pada akhir musim tersebut, Casillas tetap bertahan di Real Madrid dan Mourinho lah yang harus pergi. Pada akhirnya, Casillas sendiri baru pergi di tahun 2015 atau 2 musim dari sejak kejadian itu.

Nah… tadi tuh 6 orang pemain yang pernah terlibat cekcok dengan Jose Mourinho. Seharusnya pemimpin yang baik itu pemimpin yang bisa merangkul semua kalangan dari berbagi karakter ya football loverss… asyeeekk… 😀 Sekian, jika kalian suka konten bola yang kayak gini silakan like dan share nya ya football lovers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here