Super Besar! Inilah Daftar 7 Hewan Berukuran Raksasa yang Sudah Punah

0
111
Source : http://walkingpedia.wikia.com

Jika kalian sering melihat acara yang membahas hal-hal tertentu terkait dengan zaman purba, mungkin kalian pernah menemukan penjelasan mengenai beragam hewan raksasa yang dulunya ada di permukaan bumi. Mulai dari dinosaurus, burung, ular, gajah dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, perlahan namun pasti mereka punah karena berbagai sebab. Baik karena kondisi planet Bumi atau karena perbuatan manusia. Oleh sebab itu, kali ini kita akan menyempatkan diri untuk melihat informasi mengenai 7 hewan berukuran raksasa yang sekarang sudah punah. Nah, apa sajakah namanya? Yuk langsung kita simak!

1. Megalodon

Source : http://www.sharksider.com

Megalodon adalah spesies hiu yang hidup sekitar lebih dari 1.000.000 tahun yang lalu. Ya, kalau menghadapi hiu biasa saja kita sudah takut setengah mati, terlebih lagi apabila kita melihat jenis yang satu ini. Kenapa? Karena terdapat kabar bahwa Megalodon dapat mencapai ukuran badan kurang lebih sebesar 18 meter dan berat sebanyak lebih dari 20 ton.

2. Titanoboa

Source : http://the-isle-dinosaur-game.wikia.com

Semuanya pasti tahu dong kalau ular adalah salah satu hewan yang paling berbahaya di dunia. Benar! Terkadang ular memang bisa mendatangkan malapetaka tersendiri bagi manusia sekalipun ukurannya kecil. Akan tetapi, apakah jadinya bila kita berhadapan dengan ular purba yang satu ini?

Titanoboa merupakan ular panjang sekaligus besar yang berasal dari waktu sekitar 60.000.000 tahun yang lalu. Berat badannya di taksir mencapai 1 ton dan panjangnya sebesar 12 meter. Wah! Kita bisa celaka sepenuhnya nih kalau terlilit oleh Titanoboa.

3. Sarcosuchus

Source : http://planetdinosaur.wikia.com

Jutaan tahun yang lalu, pendahulu dari para buaya modern yang kita kenal sekarang yaitu Sarcosuchus memiliki ukuran badan yang sangat besar. Jumbo! Dengan berat sebanyak 8 ton dan panjang hingga 12 meter, kita dapat meyakini bahwa Sarcosuchus dapat menelan jenis mangsa apa saja selama itu cocok dengan kapasitasnya. Hih, pasti akan seram bukan main apabila kita berhadapan secara langsung dengan dia.

4. Arthropleura

Source : http://dinopedia.wikia.com

Hayo! Siapa di sini yang sangat tidak menyukai sebuah jenis ulat bernama Kaki Seribu? Pasti banyak! Hmm, sebenarnya jenis Kaki Seribu yang sudah pernah kita lihat saat ini sih sama sekali tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan ukuran dari jenis Kaki Seribu raksasa bernama Arthropleura.

Bila kita cukup jeli dalam memperhatikan informasi yang tersebar, ternyata Arthropleura bisa mencapai ukuran sekitar 2 meter lho! Ah, geli!

5. Attercopus

Source : https://www.smithsonianmag.com

Attercopus atau yang memiliki nama lengkap Attercopus Fimbriunguis adalah binatang yang mempunyai kemiripan dengan kalajengking dan laba-laba serta hidup sekitar 390.000.000 tahun yang lalu. Ukurannya? Tidak di ketahui secara pasti. Wow! Kalau begitu, jika melihat laba-laba atau kalajengking saja sudah mau kabur, terlebih lagi kalau kita melihat Attercopus. Bisa lari terbirit-birit kali ya!

6. Cameroceras

Source : http://walkingpedia.wikia.com

Pernahkah kalian melihat dan memakan cumi-cumi atau gurita? Kalau sudah pernah, kalian harus tahu bahwa hewan purba bernama Cameroceras merupakan nenek moyang dari mereka berdua. Ia hidup sekitar 460.000.000 tahun yang lalu dan memiliki ukuran super besar yaitu mulai dari 6 meter hingga 12 meter. Layaknya gurita, Cameroceras juga mempunyai tentakel untuk menangkap mangsa. Wah, besar sekali!

7. Carbonemys

Source : https://www.livescience.com

Hewan purba terakhir yang muncul dalam daftar ialah Carbonemys. Jenisnya apa? Ia termasuk dalam kategori kura-kura purba karena hidup dalam rentang waktu sekitar 60.000.000 tahun yang lalu. Nah, kalau misalnya kalian berpikir bahwa ukurannya sama seperti ukuran kura-kura modern maka kalian salah besar.

Kenapa? Karena fosilnya di temukan dari Kolombia. Setelah memperoleh penelitan lebih lanjut, terbukti bahwa Carbonemys mempunyai ukuran badan lebih dari 1 meter dengan rahang yang kuat. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan kura-kura lagi ya!

 

Demikianlah penjelasan mengenai 7 hewan raksasa yang sudah punah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here