Tiga Sosok Inspiratif Ini Akan Mengubah Pola Pikirmu Tentang Kehidupan. Siapa Mereka?

0
133

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari manusia-manusia yang senantiasa memberi kita inspirasi. Para manusia inspiratif ini bisa dijadikan alat untuk memotivasi kita untuk jadi lebih baik. Berikut diantaranya:

1. Si Sederhana Mark Zuckerberg

Siapa sih yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Seorang CEO dan Pendiri facebook yang memegang posisi orang terkaya di dunia no. 5 versi Forbes. Ternyata sosoknya ini sangat sederhana dan menginspirasi kita semua lo!

Suami dari Priscilla Chan ini memilih untuk menyukai sesuatu yang sederhana dan tidak berlebihan, padahal jika dilihat dari kondisi finansialnya dia dapat memiliki apa saja yang dia mau. Mark memiliki pandangan berbeda tentang baju bagus dan mobil mewah. Menurut Mark, dia tidak membutuhkan barang-barang branded karena yang terpenting baginya adalah sebuah kenyamanan. CEO facebook ini sering terlihat mengenakan kaus abu-abu, dia mengatakan bahwa ia bukan berhari-hari tidak berganti T-shirt abu-abunya. Dia sengaja membeli banyak T-shirt abu-abu agar bisa menjalani hidup sesederhana mungkin. Baginya memilih pakaian, makan pagi dan berbagai hal kecil itu menyita banyak waktu dan pikiran, ia ingin lebih menghemat pikiran dan waktu dalam memutuskan berbagai hal yang tidak penting. Menurutnya lagi, Mengapa ia butuh barang yang berlebihan, padahal otak dan perasaan sendiri lebih butuh diutamakan.

Dan sebelum Facebook go publik dia memiliki tiga buah mobil satu Toyota seharga USD 16 ribu, VW golf seharga USD 18 ribu dan chevrolet TSX seharga USD 30 ribu, tapi setelah facebook go publik, dia menggantinya dengan VW GTI seharga USD 30 ribu. dia berpendapat bahwa mobil hanya sebuah alat transportasi, jadi tidak perlu mahal-mahal.

WOW! sangat bijak ya, andaikan semua orang memiliki pandangan sepertimu Mark!

 

2. Si Pekerja Keras Pendiri Alibaba

Kalian pasti pernah mendengar Alibaba? perusahaan E-commerce terbesar di dunia saat ini. tapi dari kebesaran Alibaba, tidak terlepas dari siapa sosok dibalik kesuksesan Alibaba yaitu Jack Ma. Jack Ma merupakan salah satu orang terkaya di China.

Jack Ma tidak memiliki pengalaman dengan komputer maupun coding, tapi ia tertarik pada internet saat ia untuk pertama kalinya menggunakan internet ketika perjalanan ke AS. Saat itu ia sedang melakukan pencarian online “bir’, namun hasil pencarianya tidak ditemukan. Ia penasaran dan kemudian memutuskan untuk mendirikan perusahaan internet Republik Rakyat Tiongkok (China) dan menjadi sebab berdirinya Alibaba group.
Jack melihat banyak pengusaha kecil yang tidak dapat menjual barang-berang buatan mereka ke luar negeri karena terkendala uang, visa, sponsor dan hubungan mitra dagang.Ketika itulah ia melihat peluang untuk membantu dan bermanfaat bagi masyarakat China. Ia berpendapat, mungkin internet bisa membantu. ia mencetuskan idenya pada teman-temannya, namun malah ditertawakan.

Usaha Jack mulanya gagal, bahkan sampai dua kali. Namun Jack dengan keyakinannya mendirikan Alibaba di kamarnya ditemani dengan 17 rekannya dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi pada diri dan visi menciptakan pasar online yang kemudian diberi nama ‘Alibaba’. Singkat cerita, Alibaba berkembang pesat dan menarik banyak investor. “Kita akan menciptakannya karena kita masih muda dan kita tidak akan pernah menyerah, tidak akan pernah MENYERAH!” itulah yang diucapkan jack pada timnya agar tetap solid.

Dan benar bahwa usaha tidak membohongi hasil. sekarang Alibaba menjadi retailer online terbesar di China!

 

3. Sosok Dibalik Apel Yang Digigit

Ya kalian pasti tahu siapa penemu ‘Apel yang digigit’ itu. Dialah Steve Jobs, seseorang yang bahkan memutuskan Drop Out karena ia berpikir apakah kuliah di Red College bisa memberi dia tujuan hidup yang lebih baik. Padahal ia tahu bahwa untuk masuk ke Red College ia akan menghabiskan tabungan orang tua angkatnya. Satu semester di Red College tidak berjalan lancar, Steve Jobs banyak meninggalkan kelas wajib di universitas tersebut yang menurutnya membosankan dan mengambil kelas kaligrafi, ia jatuh cinta pada kaligrafi karena menurutnya kaligrafi adalah sebuah seni yang indah.

Keadaan finansial Steve Jobs tidak terlalu baik, ia tidak memiliki tempat kost dan tinggal di salah satu rumah milik temannya. untuk membeli makanan, Steve harus mengumpulkan botol untuk dijual agar bisa mendapatkan uang. Namun bagi Steve itu adalah kehidupan yang normal, walaupun dimata orang lain terlihat menyedihkan. ia sangat menikmati hidupnya.

Setelah mempelajari kaligrafi cukup lama Steve kembali berpikir apa ilmu kaligrafi yang ia pelajari akan berguna di masa depan? Pertanyaanya terjawab saat Steve mendesain Mac atau PC Machintos, ilmu kaligrafinya sangat bermanfaat guna mendesain itu semua.Steve berujar jika ia tidak mengambil kelas kaligrafi mungkin desain PC Mac tidak mempunyai huruf-huruf indah yang luar bisa seperti sekarang.

Saat usianya menginjak angka 20, ia mengajak Steve Wozniak mendirikan perusahaan sendiri. Perusahaan yang ia dirikan berkembang pesat walau sempat terjadi kendala beberapa produk keluaran perusahaan mereka tidak sukses seperti produk pertama yang mereka luncurkan. Namun walau begitu duo steve ini tetap konsisten dengan pengembangan produk mereka yang akhirnya berkembang pesat. Namun sayangnya, ketika perusahaan tersebut sudah sangat besar, Steve ditendang oleh perusahaan yang didirikannya. ini membuat Steve frustasi, namun ia berpikir lagi bahwa hidupnya normal. ia memutuskan untuk bangkit kembali, dengan mendirikan NeXT dan perusahaan animasi PIXAR. Steve kembali sukses dengan NeXT dan PIXAR yang membuat perusahaan Apple mengakuisisi NeXT. Steve kembali diangkat menjadi CEO Apple. Steve kembali bersinar, ia kemudian merilis produk unggulan seperti, IPhone , Ipod, Icloud, Imac, Ipad dan MAcbook yang menguasai pasar dunia.

Steve Jobs berkata bahwa keberhasilan yang ia capai salah satu penyebabnya berawal dari ditendangnya dirinya dari Apple. ia beranggapan bahwa jika ia tidak ditendang oleh Apple, produk-produk Apple yang sekarang beredar tidaklah ada. Ia jadi lebih tahu kebutuhan konsumen.

Ini mengajarkan kita untuk tetap berpikir positif bahwa ada hikmah di setiap kejadian menyakitkan yang kita dapat.

Yah, itulah ketiga tokoh sangat inspiratif versi Si Bux. yang pada intinya tetap mengajarkan kita untuk berpikir lebih bijak dan sederhana, tetap bekerja keras walau ditertawakan, tetap bangkit walaupun harus terjatuh berkali-kali. Salam positif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here