Sisi Gelap Industri Musik Korea yang Jarang Orang Ketahui

1
180

Ada yang mau jadi artis K-Pop? Popularitas dan bergelimang harta seorang bintang K-Pop membuat semua orang takjub sampai bermimpi berada di posisi tersebut. Meski sebelumnya di tahun 2000-an sudah bermunculan musik K-pop di Indonesia, namun industri musik korea mulai gencar-gencarnya booming di era awal kemunculan Super Junior di tahun 2007-an. Gemerlap dunia musik Korea menjadi kiblat baru Industri musik di dunia.

Namun tahukah dibalik kesempurnaan yang terlihat tersebut ternyata menyimpan beberapa hal yang bisa dibilang sangat miris. Berikut ulasannya.

Latihan intensif yang tidak wajar

Sebagai idol yang dikenal publik, penampilan yang maksimal harus disungguhkan kepada penggemar ketika sedang perform. Untuk itu setiap harinya para idol berlatih dari mulai latihan fisik yaitu olahraga, koreografi, menyanyi, modelling, dan akting. Tahukah Kamu sebelum terkenal seperti sekarang, mereka direkrut oleh agensi sejak usia kecil. Jadi kebayang gimana susahnya antara mengatur kegiatan sekolah dan menjadi trainee idol. Kadang mereka bahkan hanya tidur 2-3 jam dalam sehari karena padatnya jadwal.

Diet ketat yang menyiksa

Demi menunjang penampilan sebagai idol, mereka dituntut untuk memiliki fisik yang sempurna. Maka nggak jarang Kamu melihat idol yang berbadan sexy lengkap dengan kulit yang putih dan mulus. Jangan salah, itu semua adalah hasil kerja keras mereka. Latihan fisik dan diet adalah salah satunya. Bahkan kabarnya mereka melakukan diet ketat seperti hanya makan sayuran, buah-buahan dan air putih. Diet itu berat, Kamu nggak akan kuat, biar mereka saja.

Pelecehan seksual dan bullying

Untuk bekerja di agensi besar, perjuangan menjadi idol Kpop sangat berat, maka tak jarang ada saja oknum orang dalam yang memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Banyaknya pelecehan seksual yang terekspose ke publik menunjukkan seberapa beratnya perjuangan masuk industri musik Korea. Selain itu banyak kasus bullying, misalnya saja jika mereka terlihat sedikit gendut, atau melakukan sedikit kesalahan yang terekspose ke publik. Bahkan ada beberapa dari mereka yang tidak tahan dan melakukan bunuh diri. Sesempurna apapun, idol juga manusia.

Kontrak yang mengikat

Bukan hanya diet ketat saja yang dijalani para idol, tapi juga kontraknya dengan agensi. Bahkan kabarnya ketika trainee mereka sudah dituntut untuk menandatangani kontrak ketat, misalnya tidak boleh keluar dari agensi selama beberapa tahun, latihan berat yang harus dijalani, dan perbandingan profit yang diterima idol dan agensi. Menurut penuturan idol yang berasal dari luar Korea, mereka hanya digaji separuh dari pendapatan per orang di grupnya. Jika peraturan tersebut tidak bisa dipenuhi siap-siap deh terima penalty.

Susah mendapat ruang privasi

Pernah nggak Kamu lihat di bandara atau minimal di Youtube idol-idol yang ke manapun diikuti wartawan ke sana kemari. Bayangkan jika Kamu sudah tidak memiliki ruang privasi lagi, bisa-bisa Kamu tidur ngiler pun bisa jadi berita. Mungkin kadang mereka juga risih tapi harus menjaga sikap demi menjaga attitude sebagai publik figur.

Penggemar yang fanatik

Oppa-oppa Korea memang terkenal ganteng dan atletis. Nggak salah dong mereka punya banyak penggemar. Nah ada juga kelakuan penggemar-penggemar ini yang kelewatan bahkan bisa membahayakan, mereka disebut ‘sasaeng fans’. Kadang sang idol dikuntit ke manapun saat pergi, mengirim surat dengan hal-hal yang tidak senonoh seperti seorang psikopat, bahkan ada yang meretas ponsel dan akun media sosialnya. Duh! Kalau sudah begini, Kamu masih mau nih jadi idol?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here