si Kancil dan Siput

0
54

Pada suatu hari di dalam sebuah hutan yang indah, terdapat seekor kancil yang tengah berlarian. Ia menganggap dirinya sebagai hewan yang paling pintar di hutan, karena ia merasa bisa mengatasi semua masalah yang ada di hutan. Kemudian, ia tidak senjaga bertemu dengan seekor siput yang sedang mencari makan di dekat sungai. Kancil yang sangat sombong itu meledek siput karena jalannya yang lambat.

Dengan sangat sombong, akhirnya si kancil pun berkata kepada si siput,”Hei siput, apakah kamu berani balapan lari dengan ku?” Ucap kancil sombong, karena si siput pasti akan menolak ajakannya tersebut.

Namun, yang terjadi adalah di luar dugaan, si siput berani menerima tantangan si kancil yang sombong.

“Ok siapa takut, aku akan lawan kesombonganmu itu”. ujar si siput.

Akhirnya, keduanya bersepakat menentukan hari pertandingan. si siput pun sudah tidak sabar untuk melawan si kancil yang sangat sombong tersebut.

Selama menunggu hari perlombaan dimulai, si siput mengatur suatu strategi. Siput mengajak teman-temannya yang sesama siput untuk berkumpul dan menceritakan perihal tantangan balap lari dari si kancil yang angkuh tersebut. Akhirnya, mereka pun mendiskusikan sesuatu agar dalam perlombaan nanti si siput bisa menang.

Kemudian di putuskan bahwa strategi yang akan di pakai siput adalah di sepanjang tepi sungai, para siput harus berbaris dengan rapi dan ketika sang kancil memanggil, maka yang ada di tepi sungai tersebut harus menjawab si kancil. Begitu seterusnya sampai di garis finish.

Akhirnya, saat yang dinantikan pun tiba, kedua kesebelasan yaitu siput dan kancil bersiap di garis start. semua penghuni hutan menyaksikan perlombaan ini.

Wasit yang memimpin perlombaan lari bertanya kepada keduanya ÔÇťapakah kalian sudah siap?”. kemudian mereka secara bersama-sama menjawab “siap”.

Akhirnya Lomba pun dimulai. Si kancil yang sombong itu berlari dengan cepat meninggalkan siput di belakang, “Hahahaha… selamat tinggal Siput lelet, aku tunggu kau di garis finish nanti,”. Dan sesudah beberapa meter berlari, kancil pun merasa kelelahan. Nafasnya pun mulai tak karuan. Ia pun berhenti tuk istirahat sejenak di pinggi jalan sambil memanggil sipt. “Put,, siput”. ujar kancil.

“Ya, aku disini ncil”. jawab siput yang sudah berada di depan kancil.

Kancil sangat terkejut melihat di depannya Siput yang sedang berjalan dengan santai yang sebenarnya itu adalah teman-teman si Siput yang sudah mendengar suara Kancil dari kejauhan dan mereka keluar dari persembunyian mereka guna mengelabui si Kancil. si kancil pun tak jadi istirahat dan bergegas untuk melaju lagi.

si kancil pun bisa membalap siput tersebut, hingga ia akhirnya kelelahan dan dengan nada sombongnya memanggil siput lagi. “put siput,,,” ujar kancil.

“Ya, aku disini ncil”, ucap siput yang sudah berada di depannya.

si kancil merasa kaget melihat siput sudah ada di depannya, padahal ia sudah meninggalkan siput cukup jauh. Ia tak percaya bahwa siput bisa menyalipnya.. dengan sisa tenaga yang di milikinya si kancil berusaha untuk menyalip siput yang berada di depannya, ia berhasil melewatinya, namun si siput lagi-lagi sudah berada di depannya hingga menjelang garis finis. hingga akhirnya si kancil tenaganya sudah tidak kuat dan si kancil pun menyerah.

Akhirnya perlombaan lari di menangkan oleh si siput dengan strategi yang cukup jitu mampu mengelabui si kancil. Namun si kancil masih belum percaya dirinya dikalahkan oleh si siput, hewan yang selama ini ia ejek sangat lambat tersebut.

Tiba-tiba si siput menghampiri si kancil dan berkata “sudahlah cil, aku tidak akan menertawakanmu dan tidak ingin meminta hadiah dari kamu, aku hanya ingin meningatkan bahwa kamu jangan sombong lagi dengan kekuatan yang kamu miliki, karena setiap kesombongan pasti ada mudharatnya”.

kemudian si siput pergi meninggalkan arena perlombaan dan si kancil yang sombong itu merasa malu kepada semua penonton yang menyaksikan jalannya perlombaan, dan ia berjanji tidak akan sombong lagi.

Hikmah dari cerita ini adalah jangan pernah sombong, karena orang yang sombong atau angkuh akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah swt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here