Prediksi Skuad Indonesia di Piala AFF 2018

0
123

Setelah dirundung ketidakpastian mengenai siapa yang akan berada di balik kemudi tim nasional senior untuk Piala AFF 2018, PSSI resmi memastikan Bima Sakti Tukiman pada pekan lalu. Eks kapten timnas itu akan didampingi koleganya di timnas Primavera, Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandi.

Bila merunut jadwal yang dirilis AFF, timnas sudah akan menjalani pertandingan pertama pada tanggal 9 November melawan Singapura di kandang lawan. Sepuluh hari menjelang laga perdana, Bima belum juga mengumumkan skuad provisional untuk mengarungi turnamen pertamanya sebagai pelatih kepala tersebut. Maka dari itu, Starting Eleven akan mencoba menawarkan skuad terbaik demi kepentingan bangsa…

Seperti pesan yang dititipkan Luis Milla, pelatih timnas sebelumnya kepada Bima, seyogianya kerangka timnas yang sudah dibangun dan mencapai performa puncak di Asian Games 2018 tidak dirombak lagi.

timnas-asian-games

Jadi, skuad berisikan 20 pemain di atas boleh kita jadikan acuan. Pemain-pemain yang mayoritas berusia di bawah 23 tahun ini perlu diganti dan diperbaiki dalam beberapa posisi, terutama pemain-pemain cadangan yang harus diganti pemain yang lebih senior. Pergantian ini bisa kita lihat dari skuad untuk laga uji tanding melawan Mauritius pada awal September.

timnas-september

Di sini, nama-nama senior dalam diri Muhammad Ridho, Fachrudin Wahyudi, Rizky Pora, Alfin Tuasalamony, Bayu Pradana, Riko Simanjuntak, Boaz Solossa, dan Dedik Setiawan mulai dimasukkan. Namun, skuad ini masih tergolong tipis dan tidak cukup mumpuni bila melihat skuad untuk uji tanding melawan Myanmar dan Hong Kong pada medio Oktober.

timnas-oktober

Bila skuad tersebut dikatakan sebagai skuad uji tanding terakhir sebelum turnamen sesungguhnya, maka kita bisa menggunakan skuad bulan Oktober sebagai acuan terakhir untuk menentukan 23 pemain final.

Di posisi kiper, Muhammad Ridho (Borneo) dan Andrytany Ardhyasa (Persija) sudah pasti akan merebut dua slot utama. Tersisa satu kursi lagi untuk posisi penjaga gawang, yang diprediksi tak akan lari dari Awan Setho (Bhayangkara) atau Teja Paku Alam (Sriwijaya). Kalau dua pemain terakhir tidak diizinkan oleh klub, timnas bisa berjudi dengan Muhammad Riyandi (Barito) yang jadi kiper utama timnas u-19.

Komposisi lini belakang sebetulnya sudah cukup pas, dengan bermaterikan dua bek kanan, dua bek kiri, dan empat bek tengah. Namun, berhubung Rezaldi Hehanusa masih didera cedera, pilihan lain mesti dilirik. Abduh Lestaluhu (PS Tira) sempat dipanggil guna menambal kekurangan ini. Selain jadi pilihan utama di klubnya, ia juga berpengalaman jadi bek kiri pilihan Alfred Riedl di Piala AFF 2016 yang mencapai babak final. Kandidat terkuat untuk dicoret dari daftar tersebut ialah Alfath Fathier (Madura) dan Abdul Rahman (PSM), yang miskin caps. Beberapa pilihan untuk mengganti dua nama tersebut antara lain Gavin Kwan (Barito) dan Ahmad Jufriyanto (Kuala Lumpur).

Lini tengah yang bermaterikan sepuluh pemain juga dirasa sudah pas: empat gelandang tengah, empat sayap, dan dua gelandang serang. Yang perlu diperhatikan, Dedi Kusnandar sedang mengalami patah tulang fibula dan pasti absen lama. Di antara pemain yang tersedia, pilihan defensif jatuh pada Sandi Sute (Persija) atau Imanuel Wanggai (Persipura), sedangkan untuk pilihan ofensif terdapat nama Adam Alis (Bhayangkara) atau Slamet Nur Cahyo (Madura). Selain itu, Andik Vermansyah (Kedah) juga perlu dipertimbangkan, untuk mengganti Ezteban Vizcarra (Sriwijaya) atau Septian David (Mitra Kukar).

Di posisi penyerang, sebenarnya masih ada pemain naturalisasi Ilija Spasojevic (Bali) yang bertipe target man. Namun, beberapa bulan terakhir Beto Goncalves (Sriwijaya) agaknya lebih dipilih. Nama baru Dedik Setiawan (Arema), bila perlu dicarikan alternatif, masih ada nama seperti Lerby Eliandry (Borneo) atau Ferdinand Sinaga (PSM).

Skuad akhir prediksi Starting Eleven:

Kiper:
Andritany Ardhyasa (Persija Jakarta)
Muhammad Ridho (Pusamania Borneo)
Teja Paku Alam (Sriwijaya)

Bek:
Putu Gede (Bhayangkara FC)
Alfin Tuasalamony (Arema FC)
Fachrudin Aryanto (Madura United)
Hansamu Yama (Barito Putera)
Ricky Fajrin (Bali United)
Abdul Rahman (PSM)
Alfath Fathier (Madura)
Rizki Pora (Barito Putera)

Gelandang:
Bayu Pradana (Mitra Kukar)
M. Zulfiandi (Sriwijaya FC)
Evan Dimas (Selangor FA)
Adam Alis (Bhayangkara)
Irfan Jaya (Persebaya)
Febri Haryadi (Persib Bandung)
Andik Vermansyah (Kedah FA)
Stefano Lilipaly (Bali United)
Esteban Vizcarra (Sriwijaya FC)

Penyerang:
Alberto Goncalvez (Sriwijaya FC)
Dedik Setiawan (Bali United)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here