Penting! Inilah 7 Tips Ampuh Agar Kamu Lolos Interview Kerja

0
102

Setiap tahunnya, jumlah pelamar kerja di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya terus meningkat. Ini semua terjadi berkat keinginan masyarakat yang begitu kuat untuk mendapatkan penghasilan sehingga mereka dapat menghidupi diri sendiri dan keluarga.

Terkait dengan hal tersebut, mereka yang sedang berusaha mendapatkan sebuah pekerjaan harus melalui serangkaian tahapan. Salah satu di antaranya adalah interview alias wawancara. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang 7 tips ampuh untuk melewati tahap interview bagi semua pembaca. Nah, apa saja ya tips-tips nya? Yuk kita simak penjelasan berikut.

1. Istirahat di Waktu yang Tepat

Perlu di ketahui bahwa istirahat yang cukup dapat membuat tubuh kita menyimpan lebih banyak energi. Ketika energi yang tersimpan berada dalam jumlah yang besar, kita pun akan menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi serta terlihat bugar di hadapan orang lain termasuk pewawancara.

2. Minta Saran Kepada Orang yang Sudah Berpengalaman Kerja

Baik orang tua, kerabat, teman maupun orang lain, kalian bebas untuk meminta pertolongan dari mereka berupa pendapat terkait dengan dunia kerja. Mengapa demikian? Karena semua pendapat yang di berikan oleh mereka memiliki potensi untuk membantu kalian pada saat menghadapi proses seleksi.

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Source : https://unsplash.com

Ada banyak orang yang merasa kurang pede alias percaya diri ketika mereka sedang menghadapi tahap interview. Hal tersebut dapat terjadi karena keluhan yang berasal dari diri sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka. Oleh sebab itu, tingkatkanlah kepercayaan diri kalian sebagai pelamar dengan cara berhenti mengeluh serta menonjolkan kemampuan yang sudah di kuasai.

4. Ingat Tujuan Awal

Jika kita merasa di remehkan sebagai pelamar oleh seorang pewawancara, ingatlah tujuan awal masing-masing dalam mencari pekerjaan. Ini berguna supaya kita menjadi lebih sabar dalam interview selanjutnya dan tidak menyerah begitu saja.

5. Cari Informasi Lebih Lanjut

Salah satu pelamar kerja sempat menggali informasi lebih lanjut mengenai profesi yang akan ia tekuni serta biodata perusahaan yang akan ia masuki. Pelamar ini melakukannya supaya ia tidak terjerumus ke dalam penipuan dan kontrak yang bermasalah. Nah, sikap yang ia ambil tersebut dapat menjadi teladan bagi pelamar yang lain.

6. Bawa Peralatan Menulis yang di Butuhkan

Alat-alat tulis seperti pensil dan pulpen berfungsi untuk mengisi data yang di butuhkan oleh perusahaan mengenai diri kita. Oleh karena itu, bawalah peralatan tersebut sekucupnya di hari H agar kita tidak perlu repot-repot lagi sehingga meminjam kepada orang lain.

7. Jangan Bertele-Tele

Biasanya, orang yang mewawancarai calon karyawan tidak suka dengan perkataan yang berbelit-belit. Mereka lebih suka melihat seorang pelamar menerangkan tujuan bekerja secara terus terang. Maka dari itu, kalian harus siap merespon keinginan mereka dengan cara mengungkapkan pengalaman kerja di samping cerita hidup.

Nah, itulah 7 tips ampuh yang dapat di terapkan agar kalian lolos tahap interview dari sebuah perusahaan. Semoga saran ini bermanfaat bagi banyak orang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here