Pelatih yang Paling Mungkin Menggantikan Jose Mourinho

0
30

Jose Mourinho punya siklus yang amat mungkin membuatnya terpental dari kursi panas manajer Manchester United. Siklus tersebut kurang lebih seperti ini: meraih segalanya di musim kedua, dan terpuruk di musim ketiga. Pada musim kedua, yang berarti musim lalu, Mou malah tak menghasilkan apa-apa meski mampu raih posisi dua. Pada musim ketiga, yakni musim ini, peruntungan pelatih asal Portugal tersebut semakin buruk saja. The Red Devils hanya mampu memenangi separo dari delapan laga liga musim ini. Ditambah situasi tak kondusif dengan pemain dan ketegangan hubungan dengan petinggi klub, Mou terlihat benar-benar akan menjalani musim ketiga yang buruk. Tak heran enam nama di bawah muncul ke permukaan.

Zinedine Zidane
Mengejutkan banyak pihak dengan meninggalkan bahtera bernama Real Madrid pada akhir musim lalu, Zinedine Zidane menjadi opsi paling menggiurkan bagi manajemen klub. Menurut media-media Inggris, legenda Perancis tersebut bahkan telah memulai proses belajar bahasa Inggris. Zidane merupakan pelatih kaliber Liga Champions yang diperlukan MU bila klub ingin menatap masa depan.

Ryan Giggs
Sudah menjadi impian banyak orang bahwa letnan kepercayaan Sir Alex Ferguson didamba untuk mengisi pos manajerial Manchester United. Ryan Giggs dihormati semua kalangan di Old Trafford, mulai dari penggemar, pemain, hingga jajaran direksi. Problem terbesar baginya ialah, ia baru saja meneken kontrak jangka panjang dengan timnas Wales.

Mauricio Pochettino
Terlepas dari banyaknya pelatih hebat di luar sana, Mauricio Pochettino memiliki profil yang barangkali amat kompatibel dengan para pemilik klub elite dunia. Hasil kerjanya di Tottenham membuktikan bahwa ia mampu bekerja di lingkungan yang tak benar-benar membara, bahkan cenderung irit bensin karena dompet cekak.

Antonio Conte
Salah satu pilihan aman bagi klub mana pun di Liga Inggris. Ia punya satu trofi Liga Inggris dan tiga titel Liga Italia dalam CV-nya. Ia pun sedang tak menukangi klub mana pun hingga detik ini. Hanya saja, ia punya gaya bermain yang amat defensif dan kaku, sesuatu yang membuat penunjukannya dirasa merupakan langkah mundur.

Michael Carrick
Gelandang bertahan flamboyan kala masih aktif bermain ini memiliki kharisma yang dibutuhkan untuk melatih klub sebesar Manchester United. Saat ini, ia sedang mengemban tugas sebagai asisten pelatih Jose Mourinho. Hambatan terbesar baginya sebelum mengambil alih posisi Mou bukan cuma jam terbang kepelatihan, melainkan juga bagaimana meladeni tuntutan penggemar yang bisa jadi amat berbeda tatkala dirinya masih menjadi pemain.

Leonardo Jardim
Pria ini bertanggung jawab atas meroketnya performa AS Monaco dalam empat musim terakhir. Pelatih yang juga berkebangsaan Portugal itu mampu membawa klub dari negeri mini tersebut ke tangga juara Ligue 1 dan rutin berpartisipasi di Liga Champions. Musim ini, ia terancam dipecat karena dekadensi performa anak asuhnya. Bisa jadi, bila Mou dipecat, Jardim tidak akan lama menganggur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here