Orang Kaya Juga Bisa Jatuh Miskin, Ini 5 Miliuner Yang Bangkrut

0
90

Seseorang bisa menjadi miliuner karena 2 faktor, faktor keturunan ataupun faktor kerja keras yang dirintisnya dari nol. Karena tidak ada yang abadi di dunia ini, begitu pula yang terjadi pada harta dan tahta. Ada sebagian dari miliuner yang terus bertambah kaya dan juga ada yang malah menjadi miskin karena pola hidupnya sendiri ataupun keluarganya. Berikut 5 Miliuner yang kini menjadi miskin:

1. Patricia Kluge

Patricia Kluge merupakan salah satu korban krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 2008. Pada tahun 1990, ia membeli perkebunan anggur dengan luas 960 ha setelah bercerai dengan suaminya John Kluge yang merupakan seorang miliuner juga. Pada saat ia berhutang untuk usaha real estatenya sebesar 70 juta USD, tak lama setelah itu timbulah krisis real estate dan dengan terpaksa ia harus menutup usaha property miliknya. Namun property tersebut dibeli oleh seorang pengusaha sukses yang saat ini menjadi Presiden Negara Amerika Serikat yaiyu Donald John Trump.

2. Allen Stanford

Pria yang bernama lengkap Robert Allen Stanford ini adalah seorang mantan pimpinan Stanford Financial Group yang pada akhirnya dihukum setelah diketahui dirinya mengorganisir konspirasi keuangan. Ia mengambil dana-dana para investornya dan menggunakan dana tersebut untuk mendanai gaya hidup super mewahnya. Setelah diputuskan bersalah pada tanggal 6 Maret 2012, ia dejerat dengan hukuman selama 110 tahun dengan tuduhan penipuan. Skema Ponzi tercatat deposito yang bernilai 7 miliar USD. Robert Allen Stanford kini mengalami setengah kebutaan akibat penyerangan yang dilakukan oleh salah satu narapidana.

3. Alberto Vilar

Alberto Vilar alias Albert Vilar merupakan seorang investor dan dermawan yang berasal dari West Orange New Jersey untuk Amerika Serikat atau dikenal sebagai pelindung opera. Albert Vilar dikenal karena kedermawanannya dalam menyumbang perusahaan opera, organisasi seni dan lembaga pendidikan di beberapa wilayah dunia. Ia mendirikan sebuah perusahaan investasi Amerindo dengan partnernya yang bernama Tanaka di tahun 1979. Kekayaannya mencapai 1 miliar USD di tahun 2001, namun dia dihukum atas tuduhan penipuan dan pencucian uang. Uang hasil kejahatannya tersebut ia gunakan sebagai dana sumbangan dan akhirnya pada bulan November 2009, ia resmi dihukum 9 tahun penjara.

4. Sean Quinn

John Ignatius Quinn atau Seán Quinn merupakan seorang pengusaha dan konglomerat asal Irlandia. Di tahun 2008, Seán Quinn merupakan orang terkaya di Irlandia dan juga pernah menempati urutan orang terkaya ke 164 versi majalah Forbes, namun di tahun 2011 iapun mengalami kebangkrutan karena terjadinya krisis ekonomi. Kekayaan yang dihasilkannya sebesar 6 miliar USD dari bisnis mata uang, asuransi dan manufaktur The Quinn Group lenyap setelah ia menginvestasikan 25% dana di Anglo Irish Bank menggunakan dana yang ia pinjam dari Anglo. Ia berhutang 3.85 miliar USD ke Irish Bank Resolution Corporation setelah saham-saham miliknya anjlok. Meskipun sejak tahun 1970 ia dikenal sebagai miliuner ternama, namun saat ini ia dikenal pengusaha bangkrut akibat krisis ekonomi global tahun 2008.

5. Bjorgolfur Gudmundsson

Bjorgolfur Gudmundsson merupakan seorang ketua dan mantan pemilik dari West Ham United FC. Bjorgolfur Gudmundsson dan anaknya yang bernama Thor pernah menduduki sebagai orang terkaya pertama di Islandia. Ia pernah memiliki kekayaan sebesar 1.1 miliar USD tetapi kian menyusut hingga titik nol setelah partner bnisnis Thor dihantam krisis kredit yang terjadi di negaranya. Gudmundsson pun ditunjuk sebagai penyebab kebangkrutannya tersebut karena keterlibatannya dimasa lalu tentang penipuan dan penggelapan uang. Iapun memiliki hutang sebesar 96 miliar ISK (islandia krona) dan diumumkan bangkrut oleh pengadilan di Islandia.

Itulah beberapa kisah mengenai perjalanan hidup 5 miliuner dari seorang yang kaya raya dan berubah menjadi seorang yang tidak mempunyai apa-apa lagi / bangkrut. Semoga bisa dipetik hikmah dari kisah-kisah di atas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here