Misteri Hantu Tuyul

0
6

Kalian pasti pernah mendengar tentang hantu tuyul kan.? Itu lho Hantu yang beruwujud anak kecil berkepala plontos dan suka mencuri uang. Tuyul adalah salah satu hantu yang juga populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu seperti apa asal usul tuyul dan cerita misteri dibalik hantu tuyul yang menyeramkan tersebut. Lucubux akan membahasnya di bawah ini.

Menurut mitologi di pulau jawa kata “Tuyul” berasal dari bahasa jawa yang berarti thuyul. Tuyul adalah makhluk halus berwujud anak kecil dengan kepala plontos dari jenis jin ifrit. Menurut pandangan agama Islam, tuyul berasal dari penemuan Azazil yang tidak lain merupakan putra iblis yang amatlah pandai dalam faktor penelitian. Azazil yang juga amatlah pandai dalam menafsirkan penjelasan dalam Al-Qur’an mencoba untuk membentuk tuyul yang nanti bakal ia jadikan sebagai anggota barunya.

Tuyul berasal dari segenggam daging atau segumpal darah yang merupakan hasil ciptaan Azazil, Tuyul juga merupakan hasil dari aborsi anak-anak golongan manusia yang penuh dengan dosa. Janin yang belum mempunyai roh tersebut kemudian diisi oleh para setan dan jin yang berasal dari kelompok Azazil untuk menyesatkan kaum manusia yang memiliki kesulitan hidup atau kekurangan secara ekonomi supaya manusia tersebut bertindak musyrik dengan memanfaatkan tuyul untu kepentingan pribadinya.

Di dalam mitologi Indonesia, tuyul merupakan salah satu jenis hantu yang unik jika di bandingkan dengan hantu yang lain. Walaupun Tuyul mempunyai tubuh dengan ukuran kecil, namun sosok tuyul sangat pandai dalam mencuri uang. Dalam kepercayaan yang ada di masyarakat Indonesia, kebiasaan tuyul untuk mencuri uang tidak terlepas dari adanya golongan manusia yang memanfaatkan tuyul sebagai jalan pintas supaya menjadi kaya dengan cara yang cepat dan instan tanpa harus kerja keras, hal ini biasa kita sebut dengan pesugihan.

Adapun dalam suatu kasus yang sudah pernah ditemukan, asal muasal sosok tuyul dipercaya akan tinggal dalam sebuah patung bayi kecil. Ia kemudian akan menjadi hidup jika dibangunkan dan juga akan keluar jika diundang dengan menggunakan darah manusia yang masih segar. Dengan undangan yang berasal dari tuannya itu, tuyul akan segera beranjak untuk menuruti perintah dari tuannya yaitu mencuri uang ketika malam hari.

Kemudian misteri mengenai tuyul selanjutnya adalah bahwa sosok Tuyul ternyata berwujud seram dan jauh dari bayangan orang-orang yang menganggapnya seperti anak kecil yang polos. Ia mungkin arwah anak kecil yang mati oleh ibunya sendiir, tetapi wujud asli tuyul itu seram dengan gigi serta telinga runcing, berkepala botak, tinggi sekitar 20 cm, berlendir seperti layaknya seorang bayi baru lahir serta ingusan.

Fakta tentang tuyul yang lain adalah bahwa tuyul bisa di perdagangkan, para dukun biasanya akan memperjual-belikan tuyul kepada orang-orang yang ingin kaya tanpa bekerja/berusaha. Harga sebuah tuyul mencapai 5-10 juta rupiah, tergantung kualitas tuyul.

Ternyata sosok tuyul sangat menyukai mainan anak-anak. Seperti layaknya bayi, tuyul minta diberikan aneka mainan anak-anak di tempat tidurnya, misalnya: boneka, mobil-mobilan, kelereng, buku gambar, dan aneka mainan anak kecil. Tempat tidur tuyul juga harus dibuat seperti layaknya tempat tidur bayi, karena ia merupakan bayi yang gagal lahir ke dunia akibat dibunuh oleh ibunya melalui aborsi.

Tuyul akan mencuri uang jika di suruh oleh majikannya, ia biasanya mencuri uang secara sembunyi-sembunyi. Alhasil si korban pasti tidak akan menyadari jika uangnya hilang. namun ternyata tuyul tidak bisa mengambil uang yang terikat karet atau uang yang di staples. ia hanya bisa mengambil uang yang berserakan saja dan mengambil dalam jumlah tertentu tiap harinya.

Untuk menangkal tuyul, orang harus memasang yuyu atau kepiting sawah di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu, selain itu memasang cermin di tempat uang itu ditaruh, karena tuyul suka bermain sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Meskipun tidak sedikit orang yang tetap meragukan kebenaran adanya tuyul, namun berbagai rekaman CCTV yang dengan cara tidak sengaja merekam penampakan tuyul telah membuktikan sosok tuyul memang benar adanya.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here