Misteri Sundel Bolong

0
14

Hantu sundel bolong termasuk ke dalam urband legend yang populer di Indonesia. Tentunya anda masih ingat dengan film horor sundel bolong di tahun 1980-an bukan?, film yang di perankan oleh suzanna tersebut menggambarkan sosok sundel bolong yang selama ini di percaya oleh masyarakat. lantas seperti apa misteri hantu sundel bolong dan bagaimana kisah mistisnya yang pernah terjadi.?

Kata ‘Sundel’ dapat diartikan sebagai ‘Sundal’ yang artinya ‘wanita jalang’ atau ‘pelacur’, sementara kata ‘bolong’ di ambil dari bahasa jawa yang artinya ‘berlubang tembus’.

Sundel Bolong dalam bahasa melayu berarti sundal bolong, adalah mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik bergaun warna putih dari atas sampai kaki dan memiliki rambut panjang, kemudian bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.

Menurut mitos ada yang mengatakan bahwa hantu sundel bolong ini sebenarnya sudah sangat populer di Malaysia. Kemudian karena sejak dahulu sudah banyak orang Indonesia yang bekerja di malaysia, maka cerita hantu sundel bolong tersebut diserap lalu kemudian ketika pulang ke indonesia ceritanya di sebarkan ke masyarakat yang lain, sehingga menjadi cukup populer di Indonesia.

Alasan para perantau tersebut menceritakan kembali hantu sundel bolong di Indonesia karena untuk menakut-nakuti wanita yang berjalan sendirian saat malam hari di pedesaan, karena hal itu bisa mendapat gangguan dari laki-laki yang berniat jahat, terutama untuk memperkosanya.

Hantu sundel bolong yang ada di Indonesia, menurut mitosnya bahwa sundel bolong adalah arwah penasaran dari seorang wanita cantik yang diperkosa kemudian dibunuh. Karena diperkosa ia menjadi hamil dan lalu melahirkan anaknya di dalam kubur. Lebih menyeramkan lagi si anak sundel bolong ini lahir melalui punggungnya, dan itu menjadi alasan kenapa hantu sundel bolong ini terdapat lubang dibagian punggungya. Kabarnya anak yang lahir tersebut akan menjadi tuyul.

Sundel bolong akan mendatangi para pelaku yang membunuhnya, ia akan membalas dendam dengan cara membunuh orang tersebut satu persatu. Si Sundel bolong juga suka mencuri bayi yang baru dilahirkan. Konon menurut cerita turun temurun,setan sundel bolong menyukai ari-ari bayi.

Ada dugaan bahwa hantu sundel bolong sering menyamar menjadi wanita cantik yang berjalan sendiri di tempat yang sunyi dan sepi. sekilas hantu sundel bolong mirip dengan kuntilanak, mereka sama-sama berambut panjang dan mengenakan baju putih. Perbedaan dari segi fisiknya hanya terdapat lubang di punggung sundel bolong sementara kuntilanak tidak ada. Konon lubang yang ada di punggungnya tersebut berisi darah, belatung dan kotoran yang menjijikan yang lain. Sundel bolong selalu akan berusaha menutupi lubang di punggungnya tersebut menggunakan rambutnya.

Kejadian mistis terkait hantu sundel bolong pernah dialami oleh Marsudi, warga imogiri. Pada malam jumat kliwon ketika ia sedang narik ojek, ia bertemu dengan wanita yang berjalan sendirian di jembatan dekat pangkalan ojeknya, ia langsung menawarkan kepada wanita tersebut untuk menumpang ojeknya, setelah beberapa kali melakukan percakapan, wanita tersebut minta di antar ke daerah cirebonong yang berjarak sekitar 4 km dari jembatan tadi. Sebelum sampai di lokasi tiba-tiba si wanita tadi minta di turunkan tepatnya di tengah jalan persawahan yang banyak pohon tebunya. Marsudi kaget ketika wanita itu berubah wajahnya menjadi pucat dan bau anyir, kemudian si wanita tadi memalingkan badannya hingga terlihat lubang di punggungnya yang baunya busuk dan banyak belatung. Akhirnya marsudi ketakutan dan langsung pergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here