Misteri si Manis Jembatan Ancol

0
14

Kisah si manis jembatan ancol sudah menjadi cerita lama bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi warga yang tinggal di Jakarta. Menurut berbagai cerita sosok hantu ini adalah seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian putih dan berambut panjang, hampir mirip dengan kuntilanak. Lantas apa yang melatarbelakangi adanya hantu di kawasan jembatan ancol ?

Diceritakan ada dua pendapat mengenai asal mula hantu di jembatan ancol, cerita pertama tentang adanya seorang wanita bernama Siti Ariah yang diperkosa secara bergilir oleh para pria yang kemudian ia dibunuh. Seketika ia mati lalu jasadnya di buang di bawah jembatan. Konon arwah siti ariah penasaran dan sering mengganggu warga sekitar yang melewati jembatan tersebut, terkadang warga hanya mendengar suaranya saja seperti suara tangisan seorang perempuan.

Kemudian cerita kedua berasal dari abad ke 19. pada masa penjajahan belanda, jakarta pada waktu itu masih bernama batavia. dikisahkan ada seorang wanita bernama maryam yang tinggal bersama kakak dan ibunya di sebuah paviliun milik orang kaya. Maryam adalah kembang desa yang memilik paras yang sangat cantik, sehingga kecantikannya ini membuat para pria jatuh cinta dan ingin menikahinya.

Tiba-tiba pemilik rumah yang ditempati maryam tersebut ingin menikahinya, pemilik rumah tersebut memaksa maryam. Namun maryam menolaknya karena ia tahu bahwa ia hanya akan dijadikannya selir, sehingga ia pun memilih melarikan diri.
Hingga akhirnya pelarian Maryam mengantarnya sampai ke kawasan Ancol, dimana di sana ia bertemu dengan orang kaya lainnya bernama Oey Tambshaz, Melihat kecantikan dan kemulusan tubuh si maryam, Oey Tambshaz pun tertarik kepada Maryam.

Ia menginginkan maryam untuk dijadikan wanita simpanannya, Oey pun memerintahkan para anak buahnya untuk menangkap Maryam. Maryam mencoba melawan, ia memberontak sekuat tenaga hingga pada akhirnya ia tewas di bunuh oleh para anak buah Oey tersebut. Untuk menghilangkan jejak mereka membuang jasad maryam di persawahan dekat dengan jembatan ancol tersebut. Hantu maryam pun bergentayangan di sekitar jembatan tersebut.

Seringnya hantu tersebut muncul di jembatan ancol, sehingga terkadang menjadi penyebab banyaknya kecelakaan yang terjadi. sudah banyak kesaksian warga mengenai adanya hantu si manis jembatan ancol. mulai dari sosok perempuan yang menumpang perahu di bawah jembatan ancol pada tahun 1960-an, sang pendayung perahu kaget ketika uang dari perempuan tersebut menjadi selembaran daun.

Kisah lainnya menceritakan seorang pelukis di kawasan Ancol yang mengalami kejadian mistis. Kejadian itu terjadi di tahun 1995, saat malam hari dan gerimis, pelukis ini didatangi oleh wanita cantik. Pelukis itu diminta oleh wanita tersebut untuk melukis dirinya. Pelukis tersebut mulai merinding dan merasakan ada hal aneh, namun ia masih sibuk dengan kuas dan catnya untuk melukis sosok wanita tersebut. Sayangnya, saat pelukis ini sudah menyelesaikan setengah bagian gambar pada kanvas, wanita itu menghilang dalam sekejap. Konon, sosok wanita misterius itu adalah hantu penunggu jembatan Ancol.

Itulah misteri hantu jembatan ancol. yang kisahnya sempat dijadikan sebuah film di tahun 1990-an. jika kalian menemui hal-hal mistis dikawasan jembatan ancol bisa jadi anda akan bertemu dengan sosok maryam atau siti ariah sang penunggu jembatan ancol.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here