Misteri Pelabuhan Ratu

0
13

Pelabuhan Ratu adalah nama sebuah pantai yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Selain panoramanya yang indah,berpasir putih dan airnya jernih. Pelabuhan ratu juga menyimpan kisah mistisnya tersendiri. Menurut kepercayaan warga setempat pelabuhan ratu adalah pintu gerbang menuju kerajaan nyi roro kidul. Selain itu, seperti apakah misteri yang ada di pelabuhan ratu. simak ulasannya sebagai berikut.

Pelabuhan Ratu memiliki keangkeran yang cukup menakutkan, salah satunya adalah keberadaan sebuah hotel di tepi pantai, Hotel tersebut bernama Inna Samudra, di Hotel tersebut menyediakan kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul dengan nomor kamar 308. Kamar tersebut didesain dengan interior berwarna hijau. Konon, Nyi Roro Kidul memang menyukai warna hijau.

Di dalam kamar ini juga terdapat lukisan Nyi Roro Kidul yang ukurannya cukup besar dan dibawahnya terdapat sesajen. Ketika menginap di hotel ini atau melewati kamar 308, lebih baik untuk menjaga ucapan dan perbuatan. Walaupun tidak pernah digunakan, tapi banyak yang percaya kalau kanjeng nyi roro kidul sering singgah di kamar tersebut. Kamar 308 ini juga memang dibuka untuk umum.

Kemudian, Misteri lain yang ada di Pantai Pelabuhan Ratu adalah mitos warna hijau, konon jika pengunjung mengenakan pakaian yang berwana hijau, maka ia akan bernasib sial. Warna hijau merupakan warna kesukaan Nyi Roro kidul, sehingga jika ada tamu atau pengunjung yang mengenakan pakaian dengan warna kesukaan Nyi Roro kidul maka Nyi Roro Kidul akan menculik orang tersebut, atau orang tersebut akan meninggal karena tenggelam. Jadi pantangan bagi anda mengenakan pakaian warna hijau jika berkunjung ke pantai pelabuhan ratu.

Di Pantai pelabuhan ratu juga sering terjadi orang yang tenggelam, korbannya pun bervariasi mulai dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki atau perempuan. Mereka yang hanyut di laut biasanya karena terlalu dekat dengan bibir pantai sehingga terseret ombak yang besar. Dan jika di temukan pun kondisi korban sudah meninggal dunia. Masyarakat sekitar percaya jika banyaknya korban meninggal akibat hanyut di laut karena dijadikan tumbal oleh Nyi Roro Kidul, diduga si korban sering mengucapkan kata-kata yang tidak pantas atau sering melamun saat di pantai.

Pantai Pelabuhan ratu yang dipercaya dikuasai oleh sosok Nyi Roro Kidul, ternyata di pantai pelabuhan ratu terdapat Pantai Karang Hawu yang merupakan bagian dari Teluk Pelabuhan ratu, Batu-batu karang di Pantai Karang Hawu ini disinyalir sebagai singgasana atau tempat tinggal gaib sang ratu. Masyarakat sekitar Karang Hawu percaya bahwa Nyi Roro Kidul menjaga wilayah ini. Pada bulan April biasanya masyarakat setempat mengadakan ritual ‘menghanyutkan kepala kerbau” pada Hari Nelayan guna mengucapkan rasa syukur atas tangkapan ikan yang melimpah.

Kisah mistis yang terakhir adalah tentang kematian seorang pelukis Lukisan Nyi Roro Kidul, seperti diketahui bahwa di dalam kamar 308 Hotel Inna Samudra terdapat lukisan nyi roro kidul yang sangat besar. Lukisan itu dibuat oleh Basuki Abdilah, seorang pelukis terkenal di Indonesia, karya-karyanya bahkan di pajang di Istana negara. Entah ada hubungannya atau tidak, masyarakat langsung dibuat geger lantaran kematian sang pelukis ini setelah merampungkan lukisan Nyi Roro Kidul.

Beliau meninggal setelah beberapa membuat lukisan nyi roro kidul karena dibunuh oleh perampok yang menyambangi rumahnya. Padahal, saat itu Basuki Abdilah sedang menyelesaikan lukisan Presiden Republik Indonesia yang ke-3, yakni BJ Habibie. Setelah Kematiannya, konon lukisan nyi roro kidul di kamar 308 menjadi keramat, namun banyak pengunjung hotel yang penasaran ingin melihatnya.

Itulah Misteri Pelabuhan Ratu, bagi anda yang penasaran dengan panorama yang indah di pantai ini silakan bisa mengunjunginya, namun pastikan anda tidak memakai pakaian yang berwarna hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here