Misteri Pantai Selatan

0
104

Yogyakarta dikenal memiliki banyak pantai eksotis yang membuat banyak orang berdatangan, hal ini dikarenakan pantai yang ada di Yogyakarta memiliki pemandangan yang indah, berpasir putih dan airnya yang jerih serta ombaknya yang cukup besar. Namun tahukah kamu jika di pantai yogyakarta banyak mitos tentang penunggu laut selatan jawa. siapa lagi kalau bukan sosok Nyi Roro kidul.

Disebut Pantai selatan karena letaknya yang ada di Selatan pulau jawa. Konon Pantai selatan khususnya yang berada di Yogyakarta memiliki cerita mistis. Banyak masyarakat yang percaya jika di Pantai selatan terdapat sosok Nyi Roro Kidul.
Bagi sebagian masyarakat di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Timur, Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok cantik jelita yang merupakan pasangan spiritual dari raja-raja Jawa Dinasti Mataram.

Sampai saat ini eksistensi Nyi Roro Kidul masih tetap diyakini oleh sebagian masyarakat jawa. Namun banyak mitos yang berkembang di masyarakat mengenai misteri pantai selatan jawa. seperti pantangan menggunakan pakaian berwarna hijau saat berada atau mandi di laut selatan, nantinya bisa di bawa oleh ratu kidul untuk dijadikan abdinya atau bisa meninggal secara misterius. Padahal larangan mengenakan pakaian berwarna hijau juga sangat mungkin untuk mempermudah tim penyelamat jika ada orang yang tenggelam di laut. Laut selatan sendiri memang berwarna kehijauan dan akan sangat sulit menemukan korban yang mengenakan warna serupa.

Ada lagi mitos mengenai suara gamelan yang sering terdengar oleh masyarakat. Suara gamelan yang sering terdengar di tengah malam sekitar jam 1-2 dinihari ini konon bercerita tentang sosok Nyi Roro Kidul yang sedang melakukan perjalanan dari pantai selatan menuju Gunung Merapi. Suara gamelan yang kerap terdengar ini adalah iring-iringan dari pasukan Nyi Roro Kidul.

Kemudian cerita mengenai pantai parangtritis yang disebut sebagai gerbang yang menghubungkan antara dunia nyata dengan dunia gaib kerajaan pantai selatan. Keberadaan sosok nyi roro kidul emang telah melegenda di masyarakat sejak lama, beberapa masyarakat diantaranya bahkan tetap melakukan ritual tradisional kuno yang sudah berlangsung turun temurun dan di dedikasikan untuk penguasa pantai selatan tersebut. seperti ritual sedekah laut, masyarakat percaya jika melakukan ritual akan mampu menolak bala. Ritual sedekah laut ditandai dengan pelarungan sesajen untuk Nyi Roro Kidul. Bagi kamu yang bukan warga pesisir pantai mungkin akan menganggap ini sebagai ritual biasa, tapi bagi mereka yang tinggal di pesisir, ritual ini sangat mistis dan magis.

Konon diceritakan juga tidak sedikit masyarakat yang melakukan pesugihan dengan meminta sesuatu kepada nyi roro kidul, biasanya mereka menginginkan harta yang melimpah. Agar keinginannya terpenuhi mereka harus melakukan ritual khusus yaitu memberikan sesajen kepada penguasa pantai selatan, lebih serem lagi katanya orang yang melakukan pesugihan harus memberikan tumbal berupa manusia, namun cerita lain tidak harus memberikan tumbal manusia.

Menurut beberapa catatan, Sultan Hamengkubuwono IX pernah menceritakan pengalaman pribadinya saat melakukan pertemuan spiritual dengan Ratu Kidul. Konon, Ratu Kidul bisa berwujud seperti wanita muda yang cantik saat bulan purnama, dan berubah menjadi wanita tua di waktu lainnya. Sedangkan Keraton Surakarta menyebut Ratu Kidul dengan sebutan Kanjeng Ratu Ayu Kencono Sari dan dipercaya bisa berubah wujud berkali-kali dalam waktu sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here