Misteri Oyot Mimang

0
12

Dalam bahasa Indonesia, Oyot berarti Akar. Akar mimang atau oyot mimang, cerita yang cukup melegenda di tanah air. Konon akar ini mampu membuat orang lupa segalanya, tak tahu arah, linglung dan bahkan sampai membuat orang gila. Lantas bagaimana akar mimang bisa berbahaya dan se-misterius itu ?

Cerita mengenai misteri akar mimang cukup berkembang di masyarakat. Hampir semua masyarakat jawa tahu tentang misteri keajaiban akar mimang ini. Akar mimang adalah salah satu bagian mistis bagi kehidupan Jawa. Banyak yang bilang kalau akar mimang memiliki kekuatan mistis yang sangat kuat. Jika Berbicara mengenai akar yang terlintas pertama kali dipikiran kita pasti terkait dengan pohon atau tumbuhan. Namun sampai saat ini Akar Mimang/Oyot mimang belum diketahui dari mana asalnya, tempat mencarinya, dan dari mana kekuatan mistis tersebut muncul.

Keberadaan akar mimang masih menjadi sesuatu hal yang sulit diketemukan. Kalaupun ada paling hanya akar biasa. Terkadang banyak juga orang yang berusaha mencari akar mimang, mereka menggunakan akar ini biasanya untuk dijadikan sebagai sarana pesugihan dan alat penjagaan. Akar ini bisa dijadikan sebagai sarana pesugihan karena diyakini mampu untuk memperlancar dan mengembangkan usaha dengan cepat. Biasanya, akar ini digunakan untuk alat penjagaan baik menjaga rumah, lahan, tempat usaha, ataupun menjaga tubuh si pembawa akar. 

Masyarakat jawa percaya jika akar mimang memiliki kekuatan magis. kekuatannya sangat luar biasa. Konon katanya, ketika ada seseorang yang secara tidak sengaja melangkahi atau menginjak akar mimang, maka secara tiba-tiba orang itu akan linglung. Kalau dia melangkahinya di dalam hutan,gunung atau bukit maka orang itu akan tersesat, bahkan bisa jadi orang itu akan merasa tidak kunjung sampai ke tempat tujuan padahal sudah menempuh perjalanan sangat lama, dan yang lebih parah lagi yaitu orang yang sama sekali tidak bisa kembali ke rumah dan ada yang bisa diketemukan tetapi dalam kondisi gila.

Namun cerita lain adalah jika ada orang yang membawa akar ini atau memelihara akar ini justru akan terlindung dari kelinglungan itu sendiri. Manfaat yang lain adalah orang yang membawa akar ini akan terhindar dari kejahatan. Orang yang ingin berbuat kejahatan pada orang yang membawa akar mimang tersebut akan mengalami linglung saat berusaha mengganggunya.

Kisah nyata mengenai akar mimang yang misterius pernah terjadi di gunung Lawu. Ceritanya dulu sebelum tahun 1996 banyak pendaki yang memilih rute melalui jalur selatan, Mereka akhirnya tersesat dan linglung. Warga sekitar yang mendengar kabar tersebut curiga dengan adanya oyot/akar mimang yang melintang di jalan setapak tersebut. Dengan kesepakatan bersama, warga menggali jalan pada jalur tersebut dan akhirnya diketemukan akar mimang melintang yang terkubur di dalam tanah. Akhirnya warga mengambil dan menyimpan akar tersebut, hingga kemudian dibeli oleh seorang kolektor. Sampai sekarang akar tersebut masih ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here