Misteri Nyi Blorong

0
12

Di Indonesia, sosok makhluk mitologi berwujud perempuan adalah Nyi Roro Kidul. Selain itu, ada lagi sosok legendaris yang cukup terkenal juga, yakni Nyi Blorong. Konon katanya, Nyi Blorong juga memiliki paras yang sangat cantik seperti Nyi Roro Kidul. Sosok Nyi Blorong setengah dari tubuhnya adalah ular, diketahui nyi blorong merupakan seorang panglima terkuat yang dimiliki kerajaan ghaib Pantai Selatan. Dia juga memiliki banyak tentara jin yang siap menuruti segala perintahnya.

Menurut asal usulnya Nyi Blorong memiliki nama asli Nyimas Dewi Anggatri, ia merupakan putri pertama dari Nyimas Dewi Rangkita. Namun, Karena kejahatannya sehingga orang tuanya mengusirnya dari istana kerajaan. Setelah diusir, ia pun mengasingkan diri ke hutan selatan. Ternyata, saat dirinya mengasingkan ke sana, ia tidak sadar bahwa dirinya memasuki gerbang gaib dari kerajaan yang dipimpin oleh sosok Nyi Roro Kidul.

Nyimas Dewi Anggatri pun ditangkap oleh prajurit nyi roro kidul dan dibawanya ke hadapan Nyi roro kidul, dihadapan Nyi Roro Kidul ia menceritakan mengenai apa saja yang sudah terjadi pada dirinya sehingga ia harus mengasingkan diri ke hutan selatan. Mendengar cerita dari Nyimas Dewi Anggatri, Nyi Roro Kidul pun merasa iba dan mengangkat Nyimas Dewi Anggatri menjadi anak angkatnya dan menganugerahi kekuatan ular, serta mengganti nama Nyimas Dewi Anggatri menjadi Nyi Blorong.

Sosok Nyi blorong sebenarnya hanyalah manusia biasa, namun karena kesaktiannya, dan kepiawaiannya dalam memimpin, ia diangkat oleh nyi roro kidul menjadi salah satu panglima kerajaan pantai selatan.

Mitos lain menyebutkan jika saat bulan purnama, kesaktian dan kecantikan Nyi Blorong bakal mencapai puncaknya. Ia akan berubah wujud menjadi seorang perempuan cantik jelita yang mengenakan kebaya warna hijau. Namun, saat bulan mulai mengecil, ia dengan sendirinya akan berubah wujud menjadi sosok ular yang menyeramkan.

Konon Nyi Blorong mendapatkan tugas untuk menyesatkan manusia, Penyesatan yang dilakukan adalah dengan memberikan manusia kekayaan melalui jalan pesugihan. Dalam pesugihannya itu, Nyi Blorong selalu datang ke rumah orang yang memujanya. Ia kemudian akan meminta si pemujanya tadi untuk melakukan hubungan badan dengannya di dalam kamar khusus. Dalam kamar tersebut, si pemujanya itu akan melihat Nyi Blorong dalam wujud perempuan cantik, namun jika ada orang lain yang mengintip, mereka akan melihat si pemuja atau si empunya rumah tersebut sedang melakukan hubungan badan dengan seekor ular raksasa.

Setelah melakukan ritual berhubungan badan, Nyi Blorong akan pergi dengan meninggalkan beberapa keping emas, emas inilah yang ia tinggalkan sebagai imbalan. Konon emas tersebut berasal dari sisik ular nyi blorong. Setelah si pemuja tadi mendapatkan banyak harta atau uang dari hasil pesugihan nyi blorong, ia juga harus memberikan tumbal anggota keluarganya. yang ditunjuk menjadi tumbal akan mati karena sebab yang tidak diketahui. Menurut para spiritualis tumbal tersebut akan diambil nyi blorong dan dijadikan sebagai budak di kerajaan Pantai Selatan.

Itulah kisah menyeramkan Nyi Blorong. Banyak yang berpendapat jika sosok Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul memiliki sifat yang amat berbeda. Jika Nyi Blorong memiliki sifat jahat maka Nyi Roro kidul memiliki sifat yang lembut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here