Misteri Nenek Kebayan

0
16

Cerita Nenek Kebayan berasal dari Malaysia yang merupakan sosok nenek tua yang suka menakut-nakuti anak kecil. Sosok Nenek kebayan digambarkan sebagai seorang wanita yang sangat tua renta, rambutnya sangat acak-acakan dan berwarna putih, belakangnya bongkok, mempunyai wajah yang berkedut, dan kulitnya keriput serta menggelambir dimana-mana, memiliki mata merah yang menakutkan, serta sering terlihat mengenakan pakaian tidur panjang berwarna putih dan tampak lusuh sekali.

Nenek Kebayan juga memiliki langkah yang nampak lesu dengan dibantu oleh sebatang tongkat kayu yang usang. Kisah wanita tua yang dikenali sebagai nenek kebayan itu telah diperturunkan sejak zaman dahulu kala hingga kini dalam masyarakat Melayu terutamanya dalam Hikayat Hang Tuah dan Hikayat Malim Deman.

Nenek Kebayan dipercaya oleh masyarakat Malaysia sebagai sosok makhluk halus yang suka tinggal dirumah tua atau rumah-rumah kosong. Tempat yang disukai oleh nenek Kebayan yaitu di atap rumah yang jarang dibersihkan. ia akan menetap disana cukup lama. Ketika kamu belum tertidur nenek kebayan akan mengintip dari celah-celah plafon kamar tidurmu. Lalu pada tengah malamnya Nenek Kebayan akan turun dari tempat tinggalnya untuk berkeliling di dalam rumah dan masuk ke dalam kamarmu.

Jika kamu telah tertidur maka pastikan kamu jangan sampai terbangun, jangan juga berpura-pura tidur karena nenek kebayan akan tahu. Jika kamu berpura-pura menutup mata, Nenek Kebayan akan memperhatikan dan mulai mendekatimu, dia akan duduk di sampingmu dan naik ke atas ranjangmu, setelah itu dia akan berbaring tepat di sisimu dan wajahnya akan memandang wajahmu dari dekat, memperhatikan atau menunggu matamu terbuka. Jika kamu membuka matamu, dia akan melompat dan berteriak sepanjang malam dengan suaranya yang menyeramkan.

Kabar lain menyebutkan jika pada siang hari sosok nenek Kebayan akan berubah wujud menjadi sosok wanita tua yang sangat jelek dengan rambut putih yang urakan, serta berjalan dengan membungkuk sambil memegangi tongkat di tangannya. Tapi jika malam hari dia akan berubah menjadi sosok wanita cantik.

Di Malaysia cerita nenek Kebayan mempunyai banyak versi, Ada yang mengatakan jika nenek tua ini merupakan makhluk halus yang tinggal di daerah pegunungan, mereka biasa menyebutnya “Hantu Nenek Tua”. Ada juga yang menyebut nenek Kebayan adalah sosok yang baik dan menyukai anak kecil, ada juga yang menyebukan bahwa nenek Kebayan adalah sosok yang jahat karena suka menangkap anak-anak. Apapun versi ceritanya, yang jelas kebenaran dari masing-masing cerita tersebut terletak pada diri kita masing-masing.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here