Misteri Kereta Hantu Manggarai

0
55

Di Indonesia ada beberapa cerita misteri yang bakal membuat bulu kuduk kita merinding. seperti kisah kereta Hantu Manggarai yang sempat menggegerkan warga Jakarta. khusus anda orang Jakarta yang biasa menggunakan transportasi KA jurusan Depok-Jakarta atau sebaliknya pasti akrab dengan stasiun Manggarai. Ternyata, di stasiun ini ada kisah mistisnya tersendiri.

Stasiun KA Manggarai ialah salah satu stasiun gede di wilayah Jakarta sebab arealnya yang lebih luas dari kebanyakan stasiun kereta di Jakarta. Di stasiun Manggarai terdapat tempat yang luas untuk menaruh gerbong-gerbong kereta yang tidak terpakai. Namun gerbong-gerbong dan juga lokomotif kereta ini beberapa bagian diantaranya telah rusak akibat kecelakaan-kecelakaan kereta api yang merenggut banyak jiwa penumpangnya.

Sejumlah gerbong akibat kecelakaan kereta api termasuk tragedi Bintaro juga pernah “nongkrong” disini. di Stasiun ini juga ada Lokomotif khusus pemeliharaan rel kereta, yaitu krane kereta yang untuk mengangkat gerbong ketika tragedi Bintaro dan lalu ikut anjlok juga dengan cara misterius bernama “si bongkok”. Ditambah dengan banyaknya gerbong tidak layak pakai sebab bekas kecelakaan, maka aroma mistis sangat kental menghampiri area ini.

Kesan mistis terasa begitu menyengat di tempat ini karena banyaknya tumbuhan ilalang yang terdapat pada gerbong-gerbong tak terpakai tersebut. Selain itu, kondisi fisik dari gerbong-gerbong tua yang sudah berkarat dan mulai rapuh dimakan usia tersebut semakin menambah suasana yang sangat menakutkan, terutama pada saat malam hari. Dari situlah awal mula hal-hal menyeramkan yang terjadi di sekitar stasiun manggarai. Beberapa makhluk astral pun banyak beredar di stasiun tersebut. lebih jelasnya akan di ungkap dalam cerita dibawah ini.

Ada beberapa versi yang menerangkan kisah Kereta Hantu Manggarai ini. Dari kereta yang menghilang sendiri, kereta yang melaju tanpa masinis dan penumpang, hingga kereta misterius yang melaju di luar jadwal keberangkatan. Peristiwa ini akhirnya menjadi booming setelah ada beberapa orang saksi mata yang mengaku melihat kereta ini. tidak sedikit yang pernah melihat kejadian mistis tersebut. Simak beberapa cerita terkait hantu di stasiun manggarai berikut ini :

Cerita Pertama, Ada salah seorang warga bernama Slamet. Ketika itu, Slamet dihampiri oleh seorang pemuda yang mengaku mahasiswa dan baru turun dari KA pada pukul 23.30 malam. Pemuda itu tampaknya sedang kebingungan mencari angkutan berupa becak, ojek, atau angkutan yang sejenis, karena hari sudah terlalu malam. pada mulanya Slamet merasa heran karena merasa tidak ada kereta yang berhenti di Stasiun Depok saat pemuda ini turun. Menurut Slamet harusnya Jadwal terakhir KRL dari Jakarta di Depok adalah pukul 22.00 WIB. Setelahnya tidak ada jadwal lagi.

Setelah mendengar penjelasan dari Slamet, pemuda ini semakin yakin bahwa kereta yang dinaikinya bukan kereta biasa. Mahasiswa ini menceritakan apa yang dialaminya barusan di dalam kereta kepada Slamet. seperti keadaan gerbong kereta yang sangat sunyi, dan semua orang yang ada di kereta tersebut tampak menggunakan baju berwarna putih layaknya seperti makhluk halus seperti pocong, kuntilanak dan hantu-hantu yang lain.

Saat berada di dalam kereta, pemuda ini sempat meminjam Koran pada seorang penumpang lain di kereta dan lupa mengembalikannya karena terburu-buru turun di Stasiun Depok Baru. Koran ini masih dibawa oleh si pemuda tersebut. Demi meyakinkan dirinya dan pemuda yang ada di depannya, Slamet lalu menghampiri Arief Rachman Hakim, penjaga perlintasan palang pintu kereta api. Ia kemudian menceritakan hal yang dialami oleh pemuda tersebut kepada Arief. Saat Slamet memperlihatkan Koran yang dibawa pemuda tadi, betapa terkejutnya mereka karena Koran tersebut ternyata terbitan tahun 1953. Si Pemuda yang awalnya yakin dan bersikeras bahwa Ia menaiki sebuah kereta akhirnya terkulai lemas menyadari kereta yang ditumpanginya benar-benar adalah Kereta Hantu.

Kemudian ada sebuah cerita yang diungkapkan oleh Sutrisno, seorang saksi mata yang melihat kereta misterius tersebut. Ia merupakan penjaga pintu perlintasan kereta api di daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan. Saat itu, Sutrisno sedang bertugas pada malam hari. Kemudian dia dikagetkan oleh bunyi suara sirine di pintu perlintasan, tandanya ada kereta yang akan melintas. Hal ini aneh, karena pada saat itu masih pukul 04.00 yang berarti tidak ada jadwal keberangkatan kereta. Tiba-tiba sebuah rangkaian kereta melaju dari arah Bogor. Tambah heran lagi saat dia melihat kereta yang menarik 4 gerbong itu ternyata tidak ada seorangpun didalamnya, termasuk masinis. Gerbong kereta itu juga dalam kondisi gelap, padahal seharusnya lampu dalam gerbong dinyalakan saat kereta melintas di malam hari.

Lain halnya diungkapkan oleh Zainal Abidin, selaku Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT KA Daop Jabotabek juga mengaku terheran-heran dibuatnya. Zainal mengemukakan bahwa teknis jadwal operasional kereta tersebut harusnya baru diberangkatkan pada pukul 05.00 pagi, dan anehnya lagi LA tersebut meluncur tanpa adanya pasokan aliran listrik sama sekali.

Itulah beberapa kisah tentang adanya hantu kereta manggarai yang berdasarkan pengakuan dari bebebrapa orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here