Misteri Hantu Wewe Gombel

0
27

Kalian semua pasti mengenal kan sama hantu wewe gombel, ya hantu ini memang cukup populer di masyarakat Indonesia khususnya di pulau jawa.
Namun sebenarnya wewe gombel itu ada atau tidak ?. Lalu bagaimana asal usulnya dan bagaimana wujud dari sosok wewe gombel ?

Wewe gombel merupakan sebuah cerita mistis yang terkenal di wilayah Negara Indonesia. Sosok hantu wewe gombel berwujud hantu wanita tua yang menyeramkan. Wewe gombel atau kolong wewe adalah roh wanita yang meninggal bunuh diri. Cerita bermula ketika ada pasangan suami istri hidup bersama dalam sebuah rumah. Konon katanya, sang suami berselingkuh karena sang istri tidak bisa memberikannya keturunan. Karena tidak bisa memberikan anak, ia dibenci oleh suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel dan akhirnya ia bunuh diri. Setelah mati bunuh diri, kemudian ia menjadi wewe gombel.

Konon katanya wewe gombel ini berasal dari daerah ‘Bukit Gombel’ di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa orang percaya bahwa daerah bukit gombel merupakan wilayah dimana banyak makhluk halus berada. Wewe gombel atau kolong wewe ini memiliki ciri khas adalah bentuk buah dadanya yang besar dan menjuntai seperti buah pepaya. di kabarkan ia juga bertubuh besar dan mempunyai rambut yang acak-acakan.

Cerita mengenai wewe gombel semakin berkembang dari zaman ke zaman khususnya di Pulau Jawa. Pada zaman dahulu pulau jawa masih sepi dan banyak daerah di pedesaan yang masih gelap dan di tumbuhi oleh pohon yang rindang serta banyak pohon bambu yang besar, anak-anak pada waktu itu sering bermain hingga lupa waktu, kadang sampai malam. Akibat hal tersebut Hantu wewe gombel di ceritakan suka menculik anak – anak yang bermain atau keluar rumah pada waktu malam hari. Biasanya seorang anak yang diculik oleh wewe gombel ini akan dibawa ke tempat tinggal wewe gombel tersebut, Biasanya berada di pohon besar yang lebat. Sang anak yang diculik akan di bawa ke tempat tinggal mereka dan ketika sadar anak tersebut berada diatas pohon.

Sang wewe gombel biasanya akan menghalusinasi anak tersebut, Menurut mitosnya, anak-anak yang diculik oleh wewe gombel akan di beri makan kotoran manusia (Tai) dan ia akan menyuapi anak-anak tersebut secara paksa. Terkadang anak-anak yang diculik akan melihat kotoran manusia terlihat seperti makanan yang paling lezat di dunia. Tujuannya memberikan kotoran manusia tersebut adalah membuat si anak menjadi bisu, agar si anak tidak bisa menceritakan apa yang telah ia alami ketika melihat sosok wewe gombel yang menakutkan tersebut. Wewe gombel menculik anak hanya sementara, ia akan segera mengembalikan anak tersebut kepada orang tuanya.

Para orangtua akan menakut-nakuti anak mereka dengan cerita hantu wewe gombel, agar si anak tidak main atau keluar rumah saat hari sudah gelap. Orang tua akan bilang, “awas jangan keluar malam hari” nanti digondol (dicuri) kolong wewe.” Mendengar ancaman tersebut si anak jadi takut dan akhirnya tidak keluar rumah. Padahal yang sebenarnya adalah orang tua menakut-nakuti anaknya itu agar tidak main pada malam hari karena dahulu masih banyak binatang buas, jadi orang tua khawatir anaknya akan di mangsa binatang buas.

Jika ada anak yang diculik wewe gombel maka untuk dapat menemukan anak tersebut, konon dengan cara keliling kampung sambil menabuh tampah (Penampan besar yang dibuat dari bambu), sambil bernyanyi “blek-blek ting, blek-blek ting (sambil menyebut nama anak yang hilang) muncullah atau keluarlah,” dinyanyikan sambil keliling kampung tujuh kali. Kemudian sang anak akan muncul dengan sendirinya.

Peristiwa kemunculan wewe gombel ini pernah terjadi di antaranya di wilayah Semen, Wonogiri dan Klaten, Jawa Tengah. Pada tahun 2014 di daerah Klaten ada seorang warga yang menemukan delapan pakaian dalam (BH) berukuran besar milik perempuan. Sontak hal itu membuat warga terkejut, Lantaran pakaian dalam perempuan tersebut tidak ada yang memilikinya. Warga menduga pakaian dalam tersebut milik Wewe Gombel. Dan penemuan “pakaian dalam” misterius tersebut tak hanya terjadi sekali ini saja. Sebagian warga memercayai jika barang itu milik hantu Wewe Gombel atau Kolong Wewe yang menghuni tempat tersebut.

Itulah cerita seram mengenai hantu wewe gombel, anda boleh percaya atau tidak. yang jelas kita sebagai manusia pasti hidup berdampingan dengan makhluk halus. Namun kita tak bisa melihatnya secara kasat mata.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here