Misteri Hantu Sumiati

0
14

Di berbagai daerah di tanah air, banyak menyimpan kisah misterinya tersendiri. Tak terkecuali di daerah Sulawesi Selatan yang cukup populer dengan misteri Hantu Sumiati. Lantas bagaimana cerita hantu sumiati ini beredar dan bagaimana pula wujud dari hantu sumiati.? simak ulasannya berikut ini.

Sumiati, bagi orang Makassar nama yang satu ini bukan hanya sebuah nama belaka, namun nama ‘sumiati’ sungguh sesuatu yang punya banyak cerita. Sayangnya, bukan kisah-kisah yang menyenangkan namun menyeramkan. Ya, setiap kali seseorang mendengar cerita tentang Sumiati, maka ia bakal selalu dirundung ketakutan.

Bagi orang Makassar nama ‘sumiati’ dikaitkan dengan sesosok hantu perempuan menyeramkan yang cukup melegenda di sana. Kisah misteri sumiati konon sudah ada sejak tahun 1990-an dan berdasarkan cerita dari masyarakat bahwa Sumiati ini merupakan korban pemerkosaan yang kemudian dibunuh oleh sekumpulan pemuda tak bermoral dan mayatnya dibuang kedalam suatu tempat.

Ceritanya berawal dari Sumiati muda yang memiliki paras cantik, ia memutuskan untuk merantau ke Makassar lantaran ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Ia ingin membantu kondisi perekonomian orang tuanya yang tinggal di daerah pinggiran. Awalnya kehidupan di Makassar berjalan cukup baik, sampai akhirnya entah bagaimana ceritanya, Sumiati dihadapkan dengan kondisi buruk. Pada suatu malam Sumiati dicegat oleh beberapa pemuda kemudian para pemuda tersebut membawanya ke dalam mobil dan di suatu tempat sumiati di perkosa secara bergilir kemudian di bunuh dan jasadnya di buang begitu saja. Arwah sumiati pun bergentayangan.

Banyak yang menduga bahwa para pemuda yang memperkosa dan membunuh sumiati merupakan tukang becak dan supir angkutan umum di kota Makassar. Maka dari itu Sumiati menjadi arwah gentayangan yang selalu muncul menghantui masyarakat, khususnya para tukang becak dan supir angkutan umum. Konon katanya hantu sumiati memiliki tujuan menghancurkan harapan dan cita-cita pemuda nakal yang ada di wilayah Sulawesi Selatan.

Hantu sumiati ini tidaklah mendiami pada suatu tempat tertentu namun diceritakan bahwa hantu sumiati bisa berada dimana saja, ini menunjukkan bahwa hantu sumiati sangat ingin membalaskan dendamnya. Konon hantu sumiati dapat berwujud sebagai kuntilanak merah dan bisa berwujud kuntilanak putih. Banyak cerita dari masyarakat jika sumiati mengenakan gaun warna merah maka akan ada orang yang dibunuh oleh hantu sumiati, jika ada orang yang didatangi oleh sumiati warna merah maka orang tersebut akan bernasib sial. Namun sebaliknya jika sumiati memakai gaun warna putih, ia akan bersikap baik dan lembut dan hanya menampakkan dirinya saja tanpa menyakiti korbannya.

Kisah tentang Sumiati sebenarnya sudah beredar cukup lama. Tapi, sampai hari ini namanya masih bergema. Hal ini menjadi bukti jika hantu tersebut memang nyata sehingga membuat banyak orang tetap membicarakannya. Kalau kamu kebetulan jalan-jalan ke kota makassar coba tanyakan kepada warga setempat tentang sosok sumiati. Tapi, Risikonya ditanggung sendiri ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here