Misteri Hantu Pocong

0
4

Anda pastilah kenal dengan hantu ini, pocong adalah salah satu hantu yang populer di Indonesia, banyak film horor yang menjadikan hantu pocong sebagai salah satu hantu di dalamnya. Lalu bagaimana misteri pocong yang sebenarnya, dan bagaimana kisah nyata tentang adanya pocong.

Banyak cerita yang menyebutkan mengenai asal-usul pocong, masyarakat Indonesia mempercayai bahwa hantu pocong ada karena ia adalah arwah orang yang meninggal dunia. Ia bergentayangan menjadi pocong karena pada saat dimakamkan tali pocongnya tidak dilepas, sehingga ia menjadi pocong dan ingin meminta tolong dibukakan tali pocongnya kepada orang lain.

Konon, pocong akan mengganggu orang-orang yang yang turut serta membantu prosesi pemakamannya, ia akan lebih dulu mendatangi orang yang ikut serta turun ke liang lahat pada saat si mayit di kubur, karena merekalah yang lupa melepas ikatan tali pocongnya, kemudian pocong juga akan menampakkan diri di hadapan para keluarganya untuk menandakan bahwa ada keinginan atau sesuatu yang belum di selesaikan.

Pocong di identikan dengan sosok hantu yang seluruh tubuhnya dibungkus kain kafan, bagian tubuh yang terlihat dari pocong ini hanya bagian wajahnya saja, ia berwarna kusam kecoklatan karena warna kain kafannya sudah tidak bersih lagi akibat sudah tertimbun tanah, ia juga diceritakan dengan wujud yang menyeramkan, konon hantu pocong bukanlah arwah orang yang sudah meninggal namun ia adalah perwujudan makhluk halus/jin. pocong tidak memiliki bau yang wangi namun ia memiliki bau yang tidak sedap seperti bau bangkai.

Selain itu, pocong akan lebih senang menghuni tempat-tempat bekas kejadian tragis, seperti tempat kejadian pembunuhan, tempat kejadian bunuh diri, dan tempat bekas kecelakaan. kemudian ia juga suka untuk menampakkan dirinya di tempat sunyi, lembab dan lebat seperti pepohonan pisang. Pocong hanya akan menampakkan dirinya kepada orang yang sedang sendirian, artinya jika anda sedang sendiri di malam hari maka berhati-hati lah, karena pocong tidak akan menampakkan dirinya pada orang banyak.

Sosok pocong sering kali digunakan oleh para dukun untuk menakut-nakuti orang atau bahkan bisa saja membunuhnya sesuai dengan permintaan yang diajukan. Ciri-cirinya biasanya sosok pocong yang ia gunakan masih terlihat utuh atau di wajahnya masih terdapat kapas, di matanya, hidungnya, terkecuali mulutnya. Jika anda sering kali bertemu dengan sosok seperti ini di rumah anda itu tandanya ada orang yang syirik kepada anda. 

Kisah mengenai kemunculan hantu pocong pernah ada di desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Ada seorang nenek bernama mbah Nongsi, ia ikut bersama rombongan warga yang mengejar pocong yang dianggap pocong jadi-jadian tersebut, na’as mbah nongsi tertinggal di belakang dan secara tiba-tiba di hantui pocong yang muncul di depannya, hingga akhirnya pingsan, dan ditolong warga, setelah itu diberi minyak angin lalu ia langsung siuman.

Kejadian serupa juga dialami Mbah Mu’aini. Ceritanya bermula ketika di sekitar rumahnya ramai orang-orang mengejar hantu. Nenek ini juga penasaran sehingga ia nekad ke luar rumah untuk melihatnya. Bersamaan itu hantu berkelebat kabur dari kejaran warga persis di atas kepalanya.

Warga lain, bernama Suwarto 45 tahun, menyatakan, ia dan pemuda desa mengejar pocong yang sempat nangkring di atas genteng rumahnya. Upaya itu gagal, karena sang pocong langsung menghilang begitu melihat kedatangan warga.

Pocong yang menggegerkan desa tersebut disinyalir sebagai pocong jadi-jadian atau pocong siluman karena hampir tiap malam pocong tersebut meresahkan warga, pocong tersebut bisa terbang layaknya pocong asli yang ada di dalam film-film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here