Misteri Hantu Pocong

0
18

Anda pastilah mengenal dengan hantu ini, pocong adalah salah satu hantu yang populer di Indonesia, banyak film horor yang menjadikan hantu pocong sebagai salah satu tokoh di dalamnya. Lalu bagaimana asal usul pocong yang sebenarnya, dan bagaimana pula kisah nyata tentang pocong yang pernah terjadi ?

Banyak cerita yang menyebutkan mengenai asal-usul pocong, masyarakat Indonesia mempercayai bahwa hantu pocong ada karena ia adalah arwah orang yang meninggal dunia. Ia menjadi pocong karena pada saat dimakamkan tali pocongnya tidak dilepas, sehingga ia bergentayangan dan ingin meminta tolong dibukakan tali pocongnya kepada orang lain.

Asal mula penampakannya, ia muncul tepat di tengah-tengah pusar kuburannya dengan wujud seperti asap. Kemudian menjadi mahkluk kecil yang lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, lalu ia melompat lagi ke arah kepalanya. Kemudian ia melompat lagi ke arah sisi di sebelah baratnya dan sempurnalah sosok hantu pocong ini. Setelah itu ia berjalan mengelilingi kuburannya satu kali, meski terlihat bahwa kakinya terikat tapi ia masih bisa berjalan dengan kaki terikat.

Setelah sosoknya sempurna, maka hantu pocong ini terbang melayang-layang ke udara. Bola matanya terlihat seperti mau keluar, tidak ada alis ataupun daging kulitnya.

Konon, pocong akan mengganggu orang-orang yang yang turut serta membantu prosesi pemakamannya, ia akan lebih dulu mendatangi orang yang ikut turun ke liang lahat pada saat si mayit di kubur, karena merekalah yang lupa melepas ikatan tali pocongnya. si pocong akan meminta untuk dibukakan ikat tali pocongnya. Selain itu, si pocong juga akan menampakkan diri dihadapan para keluarganya, hal itu kabarnya sebagai pertanda bahwa ada keinginan atau sesuatu yang belum di selesaikan.

Pocong di identikkan dengan sosok hantu yang seluruh tubuhnya dibungkus kain kafan berwarna putih, bagian tubuh yang terlihat dari pocong ini hanyalah bagian wajahnya saja. Di dalam film-film, pocong selalu berwarna putih, namun ternyata di dunia nyata sosok pocong bukan berwarna putih melainkan berwarna kusam kecoklatan karena warna kain kafannya sudah tidak bersih lagi akibat sudah tertimbun tanah, ia juga diceritakan dengan wujud yang menyeramkan, konon hantu pocong sebenarnya bukan arwah orang yang sudah meninggal dunia namun ia adalah perwujudan makhluk halus atau jin.

Menurut cerita dari beberapa orang, Pocong tidak memiliki bau yang wangi namun ia memiliki bau yang tidak sedap seperti bau bangkai. Dalam jarak sekitar 10 meter baunya cenderung seperti minyak wangi, tetapi begitu mendekat, baunya Kayak bau bangkai. Kalau kamu tidak menyadari tanda itu, ia suka meniup mu dari belakang dengan bau nafas yang tidak sedap. Pocong juga suka cari perhatian dengan cara meludah, orang yang diludahi oleh pocong kebanyakan akan mengira mereka sedang di pipisin cicak atau serangga.

Selain itu, pocong akan lebih senang menghuni tempat-tempat bekas kejadian tragis, seperti tempat kejadian pembunuhan, tempat kejadian bunuh diri, dan tempat bekas kecelakaan. kemudian ia juga suka untuk menampakkan dirinya di tempat sunyi, lembab dan lebat seperti pepohonan pisang. Pocong hanya akan menampakkan dirinya kepada satu orang saja, ia tidak akan menampakkan dirinya pada segerombolan orang. Itu artinya jika kamu sedang sendirian maka berhati-hatilah karena bisa jadi kamu akan dihantui oleh pocong.

Jika anda bertemu pocong dalam jarak yang dekat usahakan jangan pernah menatap matanya. Menurut informasi yang beredar di masyarakat, menatap mata pocong dalam jarak dekat bisa fatal akibatnya. Konon, mata pocong bisa berefek membekukan tubuh. Bukan beku karena dingin, tetapi menjadi kaku susah bergerak. Entah itu karena memang kemampuan mistisnya atau bisa jadi juga reaksi psikologis orang yang melihatnya.

Ada cerita bahwa Pocong bisa berasal dari mayat yang dimanfaatkan oleh dukun atau ahli santet. Bagi sebagian besar dukun sering kali menggunakan media mayat untuk menakut-nakuti orang atau bahkan bisa saja membunuh orang sesuai permintaan yang diajukan. Ciri-cirinya biasanya sosok pocong yang ia gunakan masih terlihat utuh atau di wajahnya, di matanya, dan hidungnya masih terdapat kapas terkecuali di mulutnya. Jika kamu sering kali bertemu dengan sosok seperti ini di rumah kamu, itu tandanya ada orang yang syirik kepada kamu. 

Beberapa pengakuan menyatakan, Konon hantu pocong akan memasuki sebuah rumah/apartemen/hotel/kamar dengan cara mengetuk pintu menggunakan kepalanya. biasanya pocong akan mengetuk pintu diatas jam 1 atau 2 malam dengan suara yang sangat keras, Karena bukan khas suara ketukan pakai tangan tetapi suara kayak berdebam-debam.

Konon beberapa warga juga menggunakan media pocong untuk membantunya menjaga suatu tempat atau sebagai penglaris usaha. Ada sebuah cerita nyata tentang seorang pria pemilik toko kelontong. Demi memperkaya diri, ia melakukan pesugihan pocong. Tapi sebelum itu, ada beberapa syarat yang harus ia penuhi.

Pertama ia harus bersedia melayani pocong setiap malam Jum’at kliwon di kamar khusus. Kedua ia tidak boleh sampai lupa menyediakan sesaji pada waktu-waktu tertentu. Bila semua syarat telah dipenuhi, maka sang dukun akan beraksi. sang dukun akan meminta pertolongan kepada raja pocong agar memberikan satu rakyatnya sebagai pesugihan. Setelah perjanjian terjalin, si pocong akan standby di depan toko kelontong.

Selain itu, Adalagi pesugihan yang masih berhubungan dengan pocong, namun kali ini hanya menggunakan sebuah tali kain kafan pocong. Pesugihan yang satu ini harus membutuhkan pengorbanan yang lebih keras untuk merealisasikannya. syarat yang harus dipenuhi harus memiliki tali pocong seseorang yang meninggal pada hari tertentu, seperti Selasa kliwon. Cerita pesugihan pocong ini dirawat sesuai petunjuk dukun dan dapat dijadikan penglaris dagangan atau usaha apa saja. meskipun banyak yang berkata pesugihan tali pocong ini tidak membutuhkan tumbal. Tetap saja kehidupan kita tidak akan merasa tenang. Karena akan terus dihantui dan diikuti pocong.

Mengenai pesugihan yang berkaitan dengan pocong tentunya ada risiko besar yang harus di tanggung, apalagi jika si pemilik pesugihan tidak memenuhi syarat atau tidak memberikan sesaji yang di minta oleh si pocong. Jika itu terjadi, Bisa jadi si pocong akan meminta tumbal.

Sementara kisah mengenai kemunculan hantu pocong pernah ada di desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Ada seorang nenek bernama mbah Nongsi, ia ikut bersama rombongan warga yang mengejar pocong yang dianggap pocong jadi-jadian, na’as mbah nongsi tertinggal di belakang dan secara tiba-tiba di hantui pocong yang muncul di depannya, hingga membuatnya pingsan, kemudian ditolong warga, setelah itu diberi minyak angin lalu nenek itu langsung siuman.

Kejadian serupa juga dialami Mbah Mu’aini. Ceritanya bermula ketika di sekitar rumahnya ramai orang-orang mengejar hantu pocong. Nenek ini juga penasaran sehingga ia nekat ke luar rumah untuk melihatnya. Bersamaan itu hantu berkelebat kabur dari kejaran warga persis di atas kepalanya.

Warga lain, bernama Suwarto 45 tahun, menyatakan, ia dan pemuda desa mengejar pocong yang sempat nangkring di atas genteng rumahnya. Upaya itu gagal, karena sang pocong langsung menghilang begitu melihat kedatangan warga.

Pocong yang menggegerkan desa tersebut disinyalir sebagai pocong jadi-jadian atau pocong siluman karena hampir setiap malam pocong tersebut meresahkan warga, pocong tersebut bisa terbang layaknya pocong asli yang ada di dalam film-film.

Pengalaman diganggu pocong juga pernah dialami oleh Susana tri utama. Di ceritakan ia pernah melihat sosok pocong langsung di depan matanya. Saat itu ia sedang tidur di kamar kosnya. Tiba-tiba ia merasa ada orang yang meniup-niup wajahnya. Ketika ia membuka mata, tiba-tiba di depan matanya terlihat sosok pocong yang menyeramkan, dengan wajah yang hitam legam dan sangat menakutkan. Karena kaget ia langsung pingsan dan baru tersadar di pagi harinya.

Itulah kisah misteri mengenai hantu pocong, anda boleh percaya atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here