Misteri Hantu Palasik

0
13

Hantu Palasik adalah hantu yang terkenal di sumatra barat. Legenda ini memang sudah lama tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Minang, terutama yang tinggal di pelosok desa di provinsi Sumatera Barat.

Menurut legenda dari kepercayaan orang Minangkabau, Palasik adalah manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi, konon katanya bahwa yang dinamakan palasik adalah bukan sejenis hantu ataupun mahluk gaib. Namun ia memiliki kekuatan yang menyerupai makhluk gaib.

Manusia tersebut mengabdikan dirinya untuk setan, iblis dan jin, dimana dalam setiap aksinya ketika mencari korbannya, ia merubah wujudnya menjadi makhluk jadi-jadian atau siluman. Karena memiliki ilmu hitam tingkat tinggi sehingga Palasik adalah sosok yang jahat.

Asal usul mengenai palasik belum diketahui secara pasti. Namun yang jelas keberadaan Palasik ini menjadi sosok yang sangat ditakuti oleh kaum wanita terutama bagi para ibu-ibu di Minangkabau. Seorang ibu yang sedang hamil atau memiliki bayi akan selalu waspada dan berharap tidak akan bertemu dengan Palasik. Kewaspadaan ini sangat beralasan karena seperti kita ketahui bersama bahwa Palasik selalu menjadikan bayi sebagai korbannya, ia akan memakan bayi baik yang masih dalam kandungan maupun yang sudah diluar atau bahkan yang ada di dalam kubur.

Ciri-ciri dari bayi atau balita yang ada dalam ancaman palasik adalah suhu badan bayi yang semakin tinggi. Suhu badan bayi yang tinggi tersebut membuat bayi susah tidur dan akan menangis terus menerus pada malam hari. Karena hal tersebut, mereka tak mau tidur dan susah untuk ditenangkan.

Secara umum sosok palasik selalu digambarkan dengan wujud kepala yang keluar disertai organ tubuh bagian dalam. kepala tersebut akan melayang-layang mencari korbannya. Beberapa cerita juga menyatakan jika wujud dari Palasik ini sangat buruk dan menyeramkan. supaya palasik bisa tetap mempertahankan ilmu hitamnya ia akan mencari mangsa dengan meminum darah bayi.

Sebagai penerus pendahulunya, Palasik dipercaya juga memiliki ilmu yang sifatnya turun-temurun. Apabila orangtuanya adalah seorang Palasik, maka anaknya pun akan menjadi Palasik, hingga keturunan ketujuh tapi tidak untuk yang kedelapan. Palasik lebih banyak akan mencari korbannya pada malam hari, meskipun tidak jarang juga jika ia keluar pada siang hari terutama saat sebuah wilayah sedang sepi.

Selain suhu badan bayi yang akan naik, kemunculan sosok palasik juga bisa di tandai dengan kondisi di sekitar tampak berbeda dari hari biasanya misalnya cuaca yang dingin padahal sedang musim panas. Kemudian binatang ternak akan gelisah dan tidak bisa tenang di dalam kandangnya dan terkadang terdengar seperti ada suara-suara desahan halus atau perasaan buruk seperti ada yang sedang mengawasi.

Menurut cerita orang minang, palasik ada tiga jenis. Palasik yang pertama gemar memakan bayi yang masih ada dalam kandungan. Banyak wanita yang ketakutan, mereka akan berhati-hati jika sedang hamil, agar bayi yang dikandungnya tak hilang dimakan palasik. Jenis kedua adalah palasik menghisap darah bayi atau balita. Palasik yang ketiga gemar memakan jasad bayi atau balita yang ada di dalam kubur.

Untuk menghindari palasik biasanya para wanita hamil akan menangkalnya dengan sebuah jimat. Jimat tersebut adalah sebuah kantong yang berisi dengan kunyit, cengkeh, merica hitam, bawang putih, buah pala, dan pinang sinawal. wanita tersebut harus membawa jimatnya kemanapun ia pergi.

Itulah misteri hantu palasik, anda boleh percaya atau tidak. yang jelas kita patut waspada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here