Misteri Hantu Nina Bobo

0
22

Siapa yang tak kenal lagu Nina Bobo? Lagu legendaris yang disenandungkan para ibu kepada anak-anak mereka. Mulai dari bayi sampai tumbuh jadi anak kecil.
Di sadari atau tidak ternyata ada unsur horor di balik popularitas lagu pengantar tidur bagi anak-anak tersebut. Lucubux akan mengupas kisah misteri lagu yang melegenda di kalangan masyarakat ini.  Ada dua kisah yang menjelaskan asal-usul lagu Nina Bobo yang konon katanya ada unsur mistis di dalamnya.

cerita pertama…

Judul lagu Nina Bobo diambil dari nama seorang anak perempuan bernama Helenina Mustika Van Rodjnik. Helenina merupakan blasteran Indonesia-Belanda yang lahir pada 1871. Mustika nama ibunya berasal dari Jawa yang sehari-harinya berprofesi sebagai seorang penari.  Ayahnya asal Belanda, bernama Kapten Van Rodjnik. Sejak kecil, Helenina dikisahkan selalu susah tidur.

Mustika pun membuatkan senandung lagu agar Nina bisa tidur nyenyak. Mustika pun bersenandung setiap malam agar Nina tertidur. Dan ternyata gadis kecil ini ketergantungan dengan senandung ini.

Pada 1875, Helenina sakit parah akibat demam tinggi. Akibat penyakit itu, Helenina menangis setiap malam. Karena sakitnya yang terus-terusan, si Ibu setiap malam selalu menyanyikan lagu Nina Bobo, supaya Helenina bisa tidur. 

Sampai akhirnya Helenina Meninggal dunia pada tahun 1878 pada usia 6 tahun. namun kematian Helenina sangat disesali oleh sang Ibu, Mustika. Walaupun sudah meninggal namun penampakan suara Helenina yang kerap kali menangis masih terdengar di rumah. Hantu Helenina masih bergentayangan di dalam rumahnya, ia menangis meminta untuk dinyanyikan lagu nina bobo, hingga akhirnya sang ibu menyanyikan lagu tersebut di kamar mandi.

Setelah beberapa tahun menyanyikan lagu nina bobo untuk anaknya yang sudah meninggal. Akhirnya Mustika pun juga ikut meninggal dunia di tahun 1929. Setelah meninggalnya dua orang yang sangat di cintainya, Kapten Van Rodjnik tinggal sendirian di kediamannya.

Setelah di tinggal oleh sang istri, giliran Van Rodjnik yang tiap harinya dihantui suara tangisan Helenina, anak kesayangannya. Pada suatu malam ketika Van Rodjnik sedang tidur ada tangan anak kecil yang menarik-nariknya minta dinyanyikan lagu. Ia pun menyanyikan lagu Nina Bobo karena terus diganggu hantu Helenina setiap hari. ia menyanyinyakannya setiap hari hingga akhirnya Van Rodjnik meninggal dunia.

cerita kedua…

Kemudian diceritakan tentang sejarah lagu nina bobo yang lainnya tentang seorang gadis yang bernama Nina Mijk, dia dari keluarga musisi Belanda yang ingin mengembangkan karirnya di Indonesia. Semuanya berawal dari suatu malam ketika hujan deras disertai petir, Nina tiba-tiba berubah menjadi seperti bukan dirinya. Dia menjerit-jerit, badannya melipat lentur seperti sedang kayang, dan mengumpat seperti kesurupan.

Peristiwa mengerikan ini terjadi setiap malam dan membuat seluruh keluarga kebingungan. setiap harinya Nina harus diikat/ dipasung supaya tidak melukai dirinya yang semakin kurus dan pucat, hal ini membuat sang ibu sangat sedih. Keadaannya yang menjadi tidak normal ini membuat ayahnya tidak kuat melihatnya dan kembali ke negaranya, meninggalkan Nina dan ibunya. Keadaan menjadi semakin mencekam ketika satu per satu pembantu pun pergi karena ketakutan, jadi dalam rumah yang makin tak terurus itu hanya tinggal Nina yang masih terkunci di kamarnya dan ibunya.

Di suatu malam, Nina tidak lagi berteriak-teriak seperti biasanya. Hening dan ibunya yang penasaran mengintip kamar Nina. Dia melihat Nina duduk diatas tempat tidurnya sambil menangis, malam itu ibunya seperti melihat Nina anaknya yang sebenarnya. Walaupun penampilan Nina menyeramkan; mata menghitam, rambut berantakan, pucat, Ibunya kemudian masuk dan memeluk Nina yang sedang menangis. Atas permintaan dari Nina,sang ibu menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya karena dia sudah sangat lelah. Diiringi dengan nyanyian ibunya “Nina bobo ooh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”, Nina pun tertidur dan akhirnya dia pun tertidur dalam dan tidak terbangun lagi.

itulah dua kisah menyeramkan asal mula lagu Nina Bobo yang hingga kini lagu tersebut masih populer di kalangan masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here