Misteri Hantu Mulut Sobek

0
52

Sama seperti halnya Indonesia, Jepang juga menjadi negara yang kaya dengan urband legend. Jika di Indonesia kita memiliki urban legend. Misalnya tentang hantu Sundel Bolong. Sesosok hantu wanita yang mirip kuntilanak, hanya saja dia memiliki lubang di punggungnya. Lubangnya berdarah, bahkan mengeluarkan belatung. menurut mitos nusantara, sundel bolong yaitu arwah yang penasaran dari sosok wanita yang mati karena diperkosa kemudian wanita tersebut melahirkan di dalam kuburnya. Sundel bolong sangat suka mencuri bayi yang baru dilahirkan. menurut mitos juga sundel bolong malu sekali dengan lubang yang ada pada punggungnya dan selalu berusaha menutupinya.

Sedangkan di negara Jepang, Ada Kuchisake Onna sosok hantu yang menyeramkan. Hantu ini sangat terkenal di sana, sebagaimana Sundel Bolong di Indonesia. Kuchisake Onna merupakan hantu perempuan cantik. Namun ia memiliki mulut yang sobek. Dari mulutnya menetes darah. Giginya tampak tongos dan seperti taring semua. Siap menerkam siapa saja.

Bagi Anda yang belum tahu mengapa mulut dari Kuchisake Onna tersebut robek, tentu terdapat beberapa versi mengenai hal tersebut. Penjelasan ini dari kisah legenda yang paling kuno, hingga legenda urban yang terdiri dari berbagai macam variasi kisah di dalamnya, berikut beberapa uraian pendapat penyebab mulut robek tersebut.

Konon katanya kuchisake onna adalah seorang yang mati penasaran seperti layaknya sundel bolong. Dia mati mengenaskan dibunuh oleh orang dalam kondisi mulutnya tertutup kain. Dia berteriak-teriak namun tidak ada yang menolong. Tubuhnya terikat dan dan sudah banyak luka. Dia dikunci dalam sebuah ruangan yang sempit dan tak ada lubang udara.

Kuchisake akhirnya meninggal. Dia pun menjadi hantu dan ingin belas dendam mencari orang yang sudah membunuhnya dengan sadis. Meskipun hantu ini memiliki perawakan yang cantik. Namun wajahnya sungguh menyeramkan. Mulutnya robek lebar sekali. Siapapun yang ketemu Onna satu ini pastilah teriak atau malah pingsan. sebaiknya kalau anda berjumpa hantu ini pas lagi sendirian, mending buru-buru berdoa sama tuhan. supaya si hantu mulut robek ini terbakar dan pergi menjauh.

Sementara dalam versi legenda urban, ada yang mengatakan bahwa ia adalah korban operasi wajah yang gagal dan dokter yang mengoperasinya tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. sehingga wanita tersebut histeris dan sangat marah lalu akhirnya membunuh dokter tersebut. kemudian wanita bermulut sobek tersebut di bunuh oleh penduduk kota dan menjadi hantu yang sangat menyeramkan.

kemudian ada cerita bahwa sosok Kuchisake onna ini adalah wanita yang hidup di zaman heian yang kemungkinan besar ia adalah istrinya. Dengan wajah yang cantik namun ia memiliki sifat yang sombong dan suka berselingkuh dengan laki-laki lain. sampai akhirnya sang suami mengetahui sifat asli istrinya tersebut lalu sang suami cemburu dan akhirnya menyerang istrinya hingga merobek mulutnya sampai ke telinga.

Kuchisake-onna menutupi mulutnya yang robek dengan masker operasi dan sering bergentayangan di kota pada malam hari terutama ketika sedang berkabut. Bila bertemu seseorang di jalan yang sepi, ia akan bertanya, “Apakah saya cantik?” (Watashi kirei?) .Bila orang itu menjawab “iya”, ia akan membuka maskernya dan bertanya lagi, “Bahkan bila seperti ini?” Pada saat itu, bila si korban yang biasanya terkejut dan takut menjawab tidak, ia akan membunuhnya dengan gunting, sabit, atau alat lain yang ada di tangannya.

Bila si korban tetap menjawab “iya” setelah melihat wajahnya di balik masker, ia akan gembira dan membebaskannya. namun tidak semua korban jika mengatakan “iya” ia akan selamat,terkadang Kuchisake-onna mengikutinya sampai ke rumah baru akan membunuhnya di depan pintu rumah si korban. Bila korbannya adalah seorang wanita, Kuchisake-onna akan merobek mulutnya hingga serupa dengannya, bila korbannya anak-anak, ia akan memakannya.

Pada tahun 70’an legenda urban yang populer tersebut, mengatakan bahwa korban akan selamat bila menjawab “biasa saja”. Sementara pada versi di era tahun 2000-an ada yang menyatakan bahwa korban akan selamat bila menjawab “begitulah” sehingga Kuchisake-onna akan merasa kebingungan dan berpikir dulu apa yang akan ia lakukan, saat sedang bingung itulah korban mempunyai kesempatan untuk melarikan diri. 

Karena legenda ini sudah lama, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghindari nasib buruk akibat bertemu dengan Kuchisake-onna. salah satunya dengan memberikan jawaban yang membingungkan atau melemparkan uang dan permen agar calon korban punya waktu melarikan diri dari hantu mulut sobek tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here