Misteri Hantu Leher Panjang

0
44

Jika kamu Ngomongin tentang hantu nih gaes, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dong sama hantu Genderuwo, Sundel bolong, pocong, kuntilanak atau tuyul ? Nah bagaimana dengan hantu yang ini hantu ” si leher panjang”,  atau kamu pernah mendengar misteri Rokurokubi  ?

Rokurokubi adalah misteri hantu wanita berleher panjang dari Negeri Matahari Terbit.
Menurut cerita rakyat jepang, konon katanya pada siang hari hantu Rokurokubi akan menjadi wanita biasa seperti layaknya wanita pada umumnya, bahkan memiliki suami dan menjalani hidup sehari-hari seperti para wanita lain, tetapi jika pada malam hari tiba Rokurokubi ini akan memanjangkan lehernnya, dan menampakkan wujud hantu yang sebenarnya.

Hantu ini juga digambarkan mengenakan kimono jepang, dan rambutnya yang terikat sanggul. Kisah hantu rokurokubi berasal dari mitos yang berkembang pada zaman Edo, pada saat itu masyarakat jepang masih berada dalam keadaan yang masih kental dengan tingkat ketradisionalannya, dimana para masyarakatnya belum tersentuh oleh berbagai kebudayaan asing. Seperti halnya yang sudah kita ketahui secara umum bahwa jepang dulu merupakan bentuk negara yang sangat tertutup terutama dari segi politiknya, karena pada dasarnya mereka sangatlah mementingkan tingkat tradisi dari negaranya tersebut.

Menurut legenda, Rokurokubi awalnya adalah seorang manusia biasa. kemudian ia dikutuk menjadi makhluk yang menyeramkan karena memiliki leher yang panjang dan hal ini disebabkan karena Rokurokubi melanggar suatu ajaran-ajaran dalam agama Budha.

Rokurokubi akan menakut-nakuti setiap orang yang selalu berbuat jahat. Rokurokubi di kenal sering menakut-nakuti sekumpulan para pemabuk dan orang yang berperilaku buruk, dengan menunjukkan wujud aslinya yaitu memanjangkan lehernya. Pada umumnya hantu ini menampakkan wujud aslinya kepada pemabuk, penipu, orang yang sedang tidur, dan orang buta.

Menurut cerita, Konon katanya hantu ini dapat menghisap kehidupan atau umur manusia. Hati-hati jika kalian menikah, jangan sampai menikah dengan hantu ini, dan baru ketahuan ketika sedang tidur bersamanya di malam hari, lehernya akan memanjang dengan sendirinya.

Cerita anehnya ketika ada Rokurokubi tidak menyadari identitas dirinya yang sebenarnya, dan saat lehernya memanjang di malam hari ia akan menyadari bahwa ia hanya bermimpi aneh.

Banyak masyarakat Jepang yang mengatakan kalau Rokurokubi Tidak menyadari dirinya adalah hantu lantaran sudah merasa nyaman dengan wujud manusianya. Saking fenomenalnya, Rokurokubi juga kerap ditampilkan dalam bentuk manga atau anime.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here