Misteri Hantu Leak

0
16

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia hantu Leak kurang begitu terkenal. karena misteri leak hanya ada di Bali. Lalu sebenarnya apa sih Leak itu?. Leak adalah Salah satu makhluk mitologi yang terkenal di daerah Bali, Leak berwujud sangat menyeramkan dengan mata yang besar,bergigi taring, lidah yang menjulur panjang, dan berperawakan yang tinggi besar dan mempunyai bulu. Lalu bagaimana asal mula Leak ini ada ? dan bagaimana pula misteri yang tersimpan di hantu Leak tersebut?

Asal-usul Leak atau sejarahnya tentang ilmu ini sampai berada di Bali, ceritanya pada masa kerajaan Airlangga. Ada seorang Ratu Leak, Ia sudah tidak bersuami dan memiliki nama asli Calon Arang yang tinggal di desa Girah, karena namanya dan kesaktiannya yang tersohor sehingga dikenal dengan Ratu Randeng Girah. Dia memiliki seorang gadis cantik bernama Ratna Manggali, tapi tidak ada seorang pemuda pun yang berani untuk mendekati apalagi melamarnya, dikarenakan ibunya adalah orang yang mempunyai ilmu hitam yang jahat.

Kabar ini sampai ke Istana kerajaan Airlangga, beberapa prajurit minta ijin kepada prabu Airlangga untuk melawan Ratu Randeng Girah, tetapi kekuatan para prajurit tersebut belum mampu menandingi kesaktian Ratu leak dan akhirnya prajurit ini bisa dikalahkan, dan hal itu membuat prabu Airlangga menjadi gerah.

Kemudian ada seorang pendeta yang bernama Mpu Beradah yang sangat sakti, ia bisa mengakhiri riwayat Ratu leak ini. Namun tentunya tidak semua pengikutnya bisa dimusnahkan, pengikutnya ini kemudian lari ke Bali dan menulis ilmi sihir tersebut dalam beberapa lontar yang dikenal dengan lontar cambra Berag, Tanting Emas, Jung Biru dan Sampiang Emas, sepertinya ini juga yang menyebabkan leak di Bali masih lestari.

Disebutkan bahwa leak merupakan seorang manusia yang sedang mempraktekkan ilmu hitam dan memiliki perilaku kanibalisme. Leak identik dengan makhluk halus atau benda jadi-jadian, yang  memiliki sifat jahat yang dapat menyakiti bahkan membunuh orang lain. Menurut cerita yang turun temurun di masyarakat Bali, untuk memperkuat ilmunya maka Leak harus mencari tumbal.

Masyarakat Bali percaya bahwa Leak memiliki tiga legendaris, di antaranya yaitu dua perempuan dan satu laki-laki. Jika di siang hari Leak menjadi manusia biasa namun pada malam hari ia akan berubah ke wujud aslinya, karena waktu malam adalah waktu bagi Leak untuk mencari mangsanya. Biasanya Leak suka mencari organ tubuh manusia untuk dijadikan ramuan. Leak mengincar organ tubuh manusia yang sudah menjadi mayat, maka dari itu tak jarang warga yang bertemu dengannya di sekitar pemakaman bali. Tidak hanya mayat, Leak juga mengincar organ tubuh manusia yang masih hidup.

Yang menjadi tumbal Leak antara lain adalah para wanita hamil karena untuk dihisap darah bayi yang ada di kandungannya. Leak dapat juga mengubah dirinya sebagai hewan seperti kera, babi, dan wujud hewan lainnya, juga dapat berubah wujud menjadi bola api. Ada juga yang menyatakan bahwa leak ini sebagai sosok kepala yang terbang dengan organ-organ tubuh yang menggantung tanpa badan di bawahnya.
Konon, Untuk bisa membunuh leak, seseorang harus menusuk leher Leak dari bawah ke arah atas atau kepala, jika kepalanya terpisah dari tubuhnya dalam jangka waktu tertentu, maka Leak tersebut akan mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here