Misteri Hantu Kuntilanak

0
20

Kuntilanak adalah hantu Indonesia yang sudah banyak di ketahui orang. Sosok kuntilanak berwujud seorang wanita berpakaian putih bahkan ada yang pernah melihatnya memakai pakaian warna merah. Kuntilanak memiliki rambut panjang, memiliki mata yang menjorok keluar, memiliki wajah yang pucat serta menyeramkan dan memiliki suara khas saat tertawa ataupun rintihan tangisan yang membuat anda merinding jika mendengarnya. Dalam ceritanya kuntilanak ini juga suka mencuri bayi. Lantas bagaimana hantu kuntilanak ini bisa beredar di masyarakat,seperti apa kisah nyatanya hantu kuntilanak yang pernah di lihat manusia, Lucubux akan membahasnya di bawah ini.

Asal usul terkait munculnya hantu kuntilanak yang paling banyak di percaya oleh masyarakat adalah kemunculan kuntilanak di daerah kalimantan tepatnya di kota Pontianak. Konon katanya hantu ini pernah menghalangi seorang raja dari sebuah kesultanan yang hendak membangun istana di wilayah Pontianak. Ada juga yang mengatakan suatu ketika ada permaisui yang bayinya diculik oleh kuntilanak, karena marah akhirnya sang raja/suami permaisui tersebut mengadakan sayembara, yang menyatakan bahwa “barang siapa yang bisa menangkap kuntilanak maka akan mendapatkan imbalan sekantong emas”. Tak lama kemudian sesosok pria beriman berhasil menangkap kuntilanak ini, dan ia mendapatkan emas dari sang raja.

Masyarakat Pontianak meyakini bahwa sosok kuntilanak adalah arwah dari seorang wanita yang meninggal dunia saat persalinan, di dalam kuburnya ia tidak tenang dan arwahnya gentayangan. Kuntilanak senantiasa menampakkan diri dan mencari anak yang baru dilahirkannya inilah yang kemudian dikenal oleh masyarakat dengan sebutan kuntilanak. Asal usul nama kuntilanak sendiri merupakan perpaduan dari kata “kunti” yang artinya bunting/hamil dan “anak” yang berarti anak. Jadi, kuntilanak adalah hantu wanita yang meninggal dalam keadaan hamil atau bunting.

Kemudian ada juga yang menyatakan bahwa kuntilanak berasal dari pulau jawa tepatnya di daerah alas roban. Konon asal mula dari hantu kuntilanak ini adalah seorang wanita Jawa yang diperkosa lalu dibunuh dan mayatnya di buang ke Alas Roban. Kemudian arwah dari wanita tersebut bergentayangan dan bersumpah akan membunuh semua pria yang berbuat semena mena terhadap wanita. Hal ini pun diperkuat dengan adanya bukti bahwa ada sepasang sejoli yang bertali kasih di sebuah hutan, lalu tiba-tiba muncul sosok kuntilanak sembari tertawa dan menangis yang membuat pasangan tersebut ketakutan.

Kisah lainnya menyatakan bahwa hantu kuntilanak dengan pakaian putih-putih tersebut merupakan arwah dari seorang wanita yang meninggal karena dibunuh oleh istri kedua dari suaminya. Konon ceritanya ada suami yang berpoligami karena sang istri tidak mampu memberikan keturunan. Istri pertamanya mau tak mau tentu saja harus menerima keputusan dari suaminya tersebut demi mewujudkan keinginan suaminya untuk memiliki anak.

Ternyata setelah beberapa bulan suaminya menikah dengan wanita lain (istri kedua). Keajaiban terjadi ketika istri pertama dari lelaki tersebut hamil. Singkatnya karena takut diceraikan oleh suaminya, istri kedua dari lelaki tersebut memutuskan untuk membunuh istri tua dari suaminya dengan menyuruh orang lain. Kemudian pasca kematian wanita yang tengah hamil tua tersebut, konon dari dalam kuburnya muncul penampakan hantu dan disebut dengan kuntilanak.

Sosok Kuntilanak adalah hantu yang menakutkan, ada beberapa ciri khas dari kuntilanak seperti ia dapat menangis dan tertawa dalam waktu yang tidak diduga, Bahkan suara ini menjadi salah satu tanda akan kedatangan kuntilanak di suatu tempat. kuntilanak akan menangis terlebih dahulu, setelah orang yang ditakutinya itu menyadari keberadaanya, kemudian ia akan tertawa menyeramkan dan lalu menghilang.

Konon katanya kuntilanak juga sering mencuri bayi, kuntilanak ini juga digambarkan sebagai hantu yang suka mencuri bayi atau anak yang belum genap berusia satu tahun. setelah itu ia akan merawat bayi tersebut seperti anaknya sendiri. Selain itu, ternyata sosok kuntilanak paling suka jika menganggu para wanita hamil. Menurut mitosnya hal yang paling menyeramkan adalah ia akan mencuri janin yang sedang di kandungnya

Kemudian kuntilanak juga suka menghuni tempat-tempat seperti bangunan yang belum jadi, rumah sakit, rumah yang sudah lama tidak di huni, pohon-pohon besar. beberapa tempat tersebut merupakan tempat favorit kuntilanak untuk menampakkan dirinya.

Misteri tentang keberadaan sosok kuntilanak sering dilihat oleh masyarakat, salah satunya adalah Beben (30 tahun) seorang pekerja harian lepas (PHL) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Ia bekerja sebagai tukang gali kubur sudah 10 tahun lebih. Selama menggali kubur ia tidak menemukan benda-benda aneh yang ada di dalam kubur. Namun, kejadian mistis sering ia alami. Pada suatu hari saat ia bersama satu orang temannya sedang menggali kubur di malam hari untuk korban kecelakaan, tiba-tiba muncul sosok kuntilanak, kuntilanak tersebut berada di punggung pak Beben. “Saya pernah diganggu hantu wanita, itu kuntilanak. Saya menggendongnya, dia naik ke punggung saya,” ungkap Beben. setelah pak Beben membacakan doa akhirnya kuntilanak tersebut menghilang.

Itulah cerita misteri tentang kuntilanak, masih banyak kisah mistis yang lain seputar hantu kuntilanak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here