Misteri Hantu Jeruk Purut

0
49

Pernahkah anda mendengar istilah Hantu Jeruk Purut ? kalau iya, berarti anda adalah orang yang lahir di era 1990-an ke atas. karena Hantu jeruk purut ini sempat booming di tahun 2000-an melalui cerita yang diangkat ke layar lebar pada tahun 2006. lalu bagaimana cerita misteri tentang adanya hantu jeruk purut tersebut, apakah cerita tersebut nyata atau hanya mitos belaka.? Hantu Jeruk Purut ini identik dengan tempat pemakaman umum yang ada di daerah Jakarta ya gaes.

Tempat pemakaman umum yang terletak di bilangan Jakarta Selatan ini baru berdiri pada tahun 1978. Dengan luas 13 hektar, Tempat pemakaman ini memang cukup menyeramkan. Menurut orang-orang yang tinggal di sekitar TPU Jeruk Purut ini, kamu tak perlu susah-susah mencari penampakan. Cukup berdiam diri di area makam, tak lama pasti ada sosok cantik yang muncul duduk di sekitar pohon. Bagi mereka yang tinggal di sekitar pemakaman, ditertawakan hingga dikerjai oleh hantu-hantu penunggu TPU Jeruk Purut itu sudah biasa.

Dalam sejarahnya ketika ada cerita mistis di masyarakat pasti tidak mungkin muncul tanpa ada asal usul yang menyertainya termasuk kisah hantu jeruk purut ini. Asal usul hantu tanpa kepala ini bermula dari kisah tentang seorang pastur yang meninggal dengan kepala buntung atau terlepas yang berlokasi di daerah Jakarta selatan. Pastinya asal mula Hantu Jeruk Purut ini tidak muncul begitu saja. Tempat ini menjadi terkenal karena munculnya hantu ini ada di daerah TPU Jeruk Purut yang berada di Jakarta sehingga dari situlah istilah tersebut mulai dikenal.

Nama “Hantu Jeruk Purut” di ambil dari nama tempat yaitu “Jeruk Purut” yang ada di Jakarta Selatan. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, hantu jeruk purut ini ada karena kesaksian yang diceritakan oleh penjaga makam TPU Jeruk Purut
pada saat ia sedang berjaga malam, Beliau mengungkapkan pernah melihat sosok hantu seorang pastur tanpa kepala. Menurut kesaksiannya, pastur tersebut tengah menenteng kepalanya, diikuti seekor anjing hitam di belakangnya. Kejadian tersebut
terjadi sudah cukup lama sekali, yakni tahun 1986. Menurut kesaksian penjaga makam TPU Jeruk Purut, sosok pastur itu seperti tengah mencari makamnya, karena
makamnya berada di TPU Kristen Tanah Kusir. Sementara, TPU Jeruk Purut merupakan unit pemakaman Islam. 

Penampakan Hantu Pastur TPU Jeruk Purut mulanya hanya dialami seorang penjaga makam Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Hantu itu memang nyata dengan kepala buntung, sambil berjalan ia menenteng kepalanya dengan postur tubuh tegap dan sambil mengelilingi makam. Kesaksian seorang tentang Pastur TPU Jeruk Purut yang konon tersesat, jika ada sejumlah orang yang datang dengan jumlah yang ganjil mengantarkan Pastur TPU Jeruk Purut ke makam unit Kristen TPU Tanah Kusir maka akan di lindungi oleh Pastur TPU Jeruk Purut tersebut, tapi jika orang yang berada di dekatnya tidak kuat dengan hari-harinya bersama Pastur TPU Jeruk Purut tersebut maka ia akan mati.

Tak ada informasi pasti bagaimana kisah awalnya Pastur TPU Jeruk Purut ini, cerita kehidupannya ataupun bagaimana ia meninggal. Bukan hanya Pastur Kepala buntung yang menghuni TPU Jeruk Purut, banyak hantu juga seperti Kuntilanak dan lain-lain, tetapi hantu pastur ini yang paling sering menampakkan dirinya.

Dalam kisah yang lain pernah ada juga beberapa pemuda yang baru pulang dari sebuah acara dan kebetulan harus melewati daerah TPU Jeruk Purut. Ada dari salah seorang pemuda tersebut meremehkan kisah keangkeran TPU Jeruk Purut. Ketika mobil mereka melewati daerah tersebut, tiba-tiba mobil mereka mogok tetapi lampu mobilnya tetap menyala dengan sendirinya. Sempat mengecek ke luar, ketika masuk kembali ke mobil para pemuda itu melihat sosok Pastur Kepala Buntung tidak jauh di depan mereka.

Pemuda itu menekan pedal gas sekeras mungkin, tetapi mobil masih mogok. Beberapa saat kemudian mobil dapat menyala, tetapi tetap tak bisa melaju padahal speedometer sudah menunjukkan jarum ke angka maksimal. Akhirnya, mobil bisa melaju kembali namun pelan sampai fajar tiba dan keadaan kembali normal.

Kemudian ada kisah nyata lain dari hantu jeruk purut ini. kisah ini tentang seseorang yang bernama Asmari. Sejak kecil dia sudah tinggal di kawasan jeruk purut dan merupakan anak dari bapak Sapri. Dia mengikuti ayahnya, untuk mengurus TPU jeruk purut. Menurut beliau, selama menjadi penjaga TPU jeruk perut, dia sering melihat sosok ghaib di kawasan jeruk purut. Seperti tuyul, kuntilanak, genderuwo, pocong dan banyak lainnya. Pada tahun 1986, Asmari dan ayahnya melihat sosok anak tanpa busana yang berkeliaran di sekitar makam sambil tertawa. Tiba-tiba dia meminta uang ke Asmari.

Itulah kisah Misteri Hantu Jeruk Purut yang sempat populer di era 2000-an melalui film layar lebar dengan judul “Hantu Jeruk Purut”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here