Misteri Hantu Jerangkong

0
15

Hantu jerangkong atau hantu tengkorak hidup adalah sosok mahluk halus yang menyerupai bentuk kerangka manusia atau tengkorak. Disebut ‘hantu tengkorak hidup’ karena dia bisa berjalan, terbang dan menghilang. Selain itu,Hantu jerangkong memiliki dua lubang bola mata yang lebar serta bersinar kemerahan, Jerangkong juga bisa mengeluarkan suara seperti gesekan tulang suka bertengger diatas pohon yang lebat. Konon jerangkong dipercaya berasal dari arwah orang mati yang semasa hidupnya suka mencuri telur. Setelah dia mati, arwahnya gentayangan dan menjadi jerangkong. Jerangkong biasa menampakan diri di dekat jembatan.

Menurut mitologi masyarakat jawa, khususnya di jawa timur, Jerangkong merupakan hantu khas yang suka mencuri telur. Setelah telur tersebut dicuri, ia akan memakannya, cara jerangkong memakan telur tersebut dengan cara menghisapnya melalui lubang pori-pori pada kulit telur. Konon telur yang dimakan jerangkong tetap utuh atau tidak pecah, namun isi di dalamnya sudah habis. Setelah makan telur, jerangkong pergi dan lenyap dalam bentuk asap putih.

Kehidupan jerangkong adalah di malam hari, ia akan keluar dari sarangnya pada waktu petang hari dan kembali ke sarangnya pada saat pagi menjelang fajar. Sarang dari jerangkong adalah di kuburan. Jerangkong dipercaya sering keluar masuk melalui salah satu lubang kecil di kuburan miliknya. Ketika jerangkong pulang dari beraksi, maka ia akan masuk ke sebuah lubang di kuburan miliknya.

Berbeda dengan hantu yang lainnya, Hantu jerangkong atau tengkorak hidup ini tidak menyakiti manusia, ia hanya sekedar menakut-nakuti. Meskipun tidak menyakiti, namun jika orang yang ditakuti tersebut menjadi shock atau dalam kondisi sedang berkendara maka itu bisa sangat fatal akibatnya. hantu jerangkong atau tengkorak hidup suka muncul tiba-tiba dihadapan orang, sehingga menimbulkan rasa kaget seketika. oleh karena itu pesan dari orang tua apabila hendak melewati jembatan atau tempat yang sepi pada malam hari harus membunyikan klakson. Penampakan hantu ini kadang hanya berwujud tengkorak kepalanya saja, atau bisa juga tengkorak badannya saja.

Konon, jerangkong bisa ditangkap. Di jawa timur sendiri ada salah satu cara untuk menangkap jerangkong yaitu ketika penduduk sekitar digegerkan oleh kabar pencurian telur yang dilakukan oleh jerangkong, maka mereka akan menunggui kuburan orang yang diduga menjadi jerangkong tersebut, warga akan mencari lubang-lubang kecil di area pekuburan lalu dibongkar atau dirusak, setelah di bongkar kemudian lubang tersebut dipasangi dengan batok kelapa bulat yang dilubangi, Lalu Batok kelapa itu ditanam sebagai ganti lubang kuburan yang dirusak oleh warga, dan hal ini dijadikan sebagai jebakan.

Malam harinya harus ada beberapa orang yang menunggui kuburan tersebut. karena biasanya menjelang fajar, jerangkong pulang ke kuburannya berupa asap putih dan akan masuk ke perangkap yang berupa lubang batok kelapa tersebut. Setelah masuk maka batok kelapa segera ditutup dengan kain mori yang diberi mantra atau doa-doa khusus, supaya jerangkong akan terperangkap di dalamnya dan tak bisa lepas.

Dan pada pagi harinya ketika batok kelapa tersebut dipecah maka akan ada isinya berupa tulang jari tangan orang mati yang ada di dalam kuburan itu.

Itulah misteri jerangkong, serem bukan…!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here