Misteri Hantu Grandong

0
5

Pernahkah anda mendengar nama Hantu Grandong ?, Bagi anda yang sudah pernah mendengarnya, anda akan diingatkan kembali dengan film horor di era 2000an yaitu misteri gunung merapi. Di dalam film tersebut sosok grandong di wujudkan sebagai makhluk yang menyeramkan dengan jenis kelamin laki-laki yang memiliki wajah berwarna hijau, dengan tubuh gemuk berambut acak-acakan, dan gigi bertaring. Nyaris hampir mirip dengan sosok genderuwo. Hantu grandong sangat suka minum darah, ia memiliki kesaktian yang luar biasa.

Di dalam film tersebut sosok grandong sangat vokal dan menjadi salah satu tokoh yang sering muncul. Ia selalu menemani mak lampir kemanapun pergi dan menjadi anak buah mak lampir yang bisa di andalkan dalam setiap waktu. Sosok grandong akan menuruti semua perintah dari mak lampir, bahkan ketika ia harus berhadapan dengan banyak warga desa sekalipun. Sosok grandong memiliki jiwa yang pemberani serta bermental kuat, sehingga ia di takuti oleh masyarakat.

Namun ternyata sosok grandong tidak hanya ada di dalam film, di dunia nyata sosok grandong dianggap sebagai makhluk halus yang dipercaya sebagai mitos oleh masyarakat. Perwujudan sosok grandong di dunia nyata menurut masyarakat hampir mirip dengan sosoknya yang ada di film. Sosok grandong disebut-sebut sebagai hantu yang menyeramkan, wajahnya yang hitam serta bopeng, matanya yang merah, giginya bertaring serta kuku tangan dan kakinya panjang-panjang membuat makhluk ini begitu menakutkan

Tidak hanya itu, Kulit dari grandong juga berwarna abu-abu dan bersisik seperti ular. Rambutnya begitu panjang serta kasar. Grandong bukanlah sosok hantu yang mendiami di satu tempat tetapi ia adalah sosok pengembara. Dalam legenda di ceritakan bahwa grandong sering berpindah-pindah tempat, ia akan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain, terutama saat ia merasa kenyamanannya di ganggu.

Menurut legendanya hantu grandong bukanlah sosok yang baik dan tidak ramah. Justru ia merupakan sosok yang menyeramkan dan juga merusak. Meskipun grandong sering berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, namun sosok yang satu ini akan membuat geger desa-desa yang ia singgahi. Grandong akan menakut-nakuti masyarakat, bahkan ia tak segan-segan untuk membunuhnya. Grandong berprinsip membuat masyarakat cemas dan ketakutan merupakan pekerjaan yang mengasyikkan, karena ia akan merasa lebih kuat dan memiliki kuasa atas tempat yang ia diami tersebut. Dengan begitu, ia akan tertawa dan menganggap masyarakat adalah orang-orang yang tidak berguna.

Hantu grandong biasanya akan muncul di malam hari, terkadang ia hanya akan muncul di malam-malam tertentu. Bagi sebuah desa yang disinggahi oleh grandong, waktu malam akan menjadi suasana yang kelam dan juga mencekam bagi masyarakat. Warga akan cenderung takut untuk keluar rumah karena tidak ingin bertemu dengan sosok grandong. Para orang tua tidak akan membiarkan anak mereka bermain di luar rumah hingga malam menjelang karena takut anaknya akan di culik oleh grandong. Hantu grandong akan menganggu siapa saja baik anak-anak maupun orang tua. Meskipun sosok grandong ini adalah legenda, namun tidak jarang keberadaannya di percaya oleh masyarakat terutama masyarakat Sumatera Barat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here