Misteri Hantu Banaspati

0
167

Bagi anda yang tinggal di tanah jawa pastinya sudah pernah mendengar istilah Banaspati bukan ?. Hantu banaspati berasal dari bangsa jin atau iblis yang sering menampakan diri pada manusia. Lalu Bagaimana sosok hantu ini muncul dan bagaimana pula cerita misteri yang terkandung di dalamnya?

Menurut asal mulanya, Banaspati merupakan salah satu siluman paling di takuti di seluruh tanah jawa, bahkan lebih dari itu banyak masyarakat jawa yang beranggapan jika banaspati adalah salah satu raja dari semua siluman dan makhluk ghaib yang ada di seluruh kerajaan dedemit.

Bahwa hantu Banaspati berasal dari salah seorang yang mengadopsi ilmu hitam yang terjadi pada zaman kerajaan Majapahit, Banaspati sendiri merupakan salah satu raja lautan yang merupakan keturunan bangsa siluman atau sebangsa api, ketika ia memimpin bangsa siluman banyak sekali manusia yang jadi korban karena keganasannya. kemudian muncul nabi khidir, dan berkat pertolongannya Banaspati bisa dikalahkan.

Setelah Banaspati di bunuh, ternyata Banaspati masih memiliki keturunan yang bernama Setan Kober, banyak masyarakat jawa yang percaya bahwa setan kober yang merupakan keturunan banaspati hidup di hutan panji. Setan kober hidup di zaman keemasan kerajaan majapahit, sewaktu setan kober belum memiliki kekuatan dan singgasana ia memutuskan untuk bekerja sama dengan patih gajah mada untuk melawan kerajaan-kerajaan islam di tanah jawa, termasuk kerajaan demak.

Setan kober dikenal sangat licik dan sakti, bahkan di masa perang antara kerajaan majapahit dengan kerajaan demak yang dipimpin raden fatah, setan kober kerap kali membuat kerajaan islam mengalami kekalahan. Bahkan lebih dari itu, Setan kober ini telah membunuh ratusan pasukan islam yang hidup di daerah pedesaan dan setan kober ini kerap kali menjadi ahli strategi perang bagi kerajaan Majapahit dalam rangka mengalahkan kerajaan-kerajaan lain yang ada di muka bumi.

Setelah itu, kekalahan kerajaan islam mulai menjadi buah bibir di kalangan masyarakat jawa. Para waliyullah mulai menyusun strategi guna mengalahkan setan kober yang kini sudah memiliki padepokan ilmu hitam atau sudah memiliki kekuatan, beberapa waliyullah seperti Sunan Gunung Jati, Pangeran Walang Sungsang, Sunan Kali Jaga, Sunan Kudus dan Sultan Hasanuddin Banten, Mulai merapatkan barisan dengan memilih di antaranya untuk mencari beberapa tokoh aliran hitam. Lewat mandat Sunan Gunung Jati, mereka bergerak dengan cara terpisah dan lewat perjalanan panjang selama berpuluh-puluh tahun lamanya, akhirnya mereka bisa menaklukkan seluruh bangsa siluman yang beraliran hitam.

Adapun setan kober sang keturunan banaspati ini mampu di bunuh oleh pangeran suto wijaya dan diusir dari istana kerajaan majapahit untuk selamanya. Akhirnya banyak orang yang kagum terhadap kesaktian pangeran suto wijaya. Tak bisa dimungkiri jika sejarah asal mula banaspati sudah sangat lama terjadi.

Menurut istilahnya, Banaspati adalah sebutan untuk sejenis hantu yang mempunyai wujud seperti api yang menyala. Bentuknya bisa berwujud seperti bola api dan bisa juga seperti manusia yang sedang terbakar dari ujung rambut sampai kaki dan juga ada yang mengatakan seperti tengkorak api seperti pada film ghos rider, atau ada juga api yang berbentuk angin yang berpusar.

Menurut mitosnya, Hantu yang disebut sebagai makhluk jadi-jadian ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke yang tempat lain dan suka terlihat melintas diatas rumah dengan berwujud seperti bola api. konon dikabarkan juga, hantu ini senang menyerang manusia dan membakarnya.

Kelemahan dari banaspati itu sendiri, konon berdasarkan para sesepuh jaman dahulu mengatakan bahwa bansapati tidak bisa mendekati orang yang bersentuhan dengan tanah secara langsung, selain itu banaspati juga tidak bisa mengganggu orang yang hafal bacaan ayat kursi dan orang yang rajin beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here