Misteri Bayi Trek

0
10

Bayi Trek, mungkin sangat sedikit orang yang tahu akan sosok hantu ini. Jika dibandingkan dengan hantu anak kecil seperti tuyul, Bayi trek kalah populer. Namun sebagian masyarakat jawa tahu akan misteri hantu ini. Lalu apa sebenarnya hantu bayi trek tersebut.? bagaimana asal usul serta wujud dari sosok hantu bayi trek tersebut ?

Banyak yang tidak percaya bahwa kelahiran anak yang belum waktunya (orang Jawa lebih suka menamakan bayi trek atau anak ambar) maka di alam gaib mereka akan tumbuh dan berkembang. Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa, bayi trek atau sebutan lainnya adalah anak ambar diyakini adalah makhluk halus yang merupakan arwah dari janin bayi yang mati ketika dalam kandungan ibunya, baik secara wajar atau faktor kecelakaan ataupun digugurkan oleh orang tuanya sendiri dengan berbagai tujuan, walaupun begitu konon arwahnya tetap ada di dunia.

Meski ada juga yang menyatakan bahwa anak ambar atau bayi trek ini adalah janin yang hilang secara gaib atau mati karena kejadian-kejadian supranatural, kejadian supranatural sendiri biasa dihubungkan dengan pesugihan atau tumbal dan sebagainya. Pendapat lain menyatakan bahwa adanya anak ambar atau bayi trek adalah karena seorang ibu sebenarnya mengandung anak kembar dan karena beberapa sebab mengakibatkan salah satunya mati, dan setelah mati tersebut arwahnya akan menjadi pembantu gaib janin satunya selama hidup atau sampai ada yang bisa melepas ikatannya.

Kemunculan hantu ini konon katanya selalu ditandai dengan suara berisik seperti kayu pecah. Ketika menampakkan diri, wujud dari hantu ini memiliki badan belalang besar dan kepalanya adalah kepala bayi. Tetapi hantu yang hanya sering terdengar suara berisiknya itu jarang menampakkan wujud, hantu ini hanya menakut-nakuti tetapi tidak mencelakai.

Namun ada pendapat lain yang mengatakan, baik atau jahatnya anak ambar atau bayi trek tergantung dari sebab apa mereka mati, apakah matinya sengaja dibunuh atau secara alami, apakah mereka di doakan dengan benar saat di semayamkan atau malah lapisan arwah si janin ditangkap oleh mahluk gaib yang jahat?. Jadi watak dari anak ambar atau bayi trek tergantung dari bagaimana cara dia mati. jika matinya tidak wajar maka akan menjadi arwah gentayangan menyeramkan yang akan menganggu manusia. Masyarakat percaya cara menangkal hantu ini adalah dengan melempari serbuk garam ke tubuhnya dan tempat dimana suara tersebut berasal.

Misteri mengenai anak ambar atau bayi trek pernah dialami oleh seorang ibu, suatu hari sang ibu kehilangan anaknya yang mati sewaktu masih dalam kandungan. Lalu sang ibu menguburkan janin yang mati itu dibelakang rumah dan proses penguburannya pun tanpa melalui upacara khusus. Hingga suatu hari sang ibu tiba tiba sakit keras dan berubah menjadi seperti anak anak, dari gaya bicaranya yang seperti anak usia 2 tahun sampai dengan tingkah lakunya.

Berbagai pengobatan baik ke praktisi supranatural maupun spiritual namun hasilnya sama saja. Tidak ditemukan suatu penyakit yang serius. Sampai dibawa ke dokter pun tidak ada tanda-tanda penyakit serius. Diceritakan ternyata sang ibu tersebut ketempelan arwah anak ambar yang sedih karena dikuburkan tanpa nama dan upacara.

Malam itu juga keluarga kecil tersebut mengadakan upacara dengan berdoa kecil kecilan serta memberi nama anak ambar tersebut dan mengirim doa tulus agar arwahnya diterima disisi tuhan yang maha esa, beberapa waktu kemudian ibu ini tersadar dari kesurupan yang sudah berhari hari dan bisa bangkit dari ranjangnya.

Tradisi menjaga anak ambar agar selalu dalam dunia manusia dengan tujuan tertentu juga banyak ditemui dalam berbagai ilmu supranatural di berbagai daerah dan kebanyakan bertujuan untuk pesugihan serta penjaga gaib seseorang.
Arwah anak ambar banyak dipilih sebagai alternatif pelindung gaib bukan cuma karena kekuatannya yang besar aja, tapi juga dengan mempertimbangkan unsur kesuciannya. Karena masih suci, arwah anak ambar biasanya tidak macem-macem alias tidak minta tumbal kepada pemiliknya. Dan orang-orang pada umumnya juga tidak merasa “seram” kalau tahu bakal diberi pelindung gaib berupa bayi lucu yang punya kekuatan gaib luar biasa.

Sementara di masyarakat Betawi mempunyai kepercayaan terhadap roh anak kecil atau arwah yang sudah meninggal dan dapat diperlihara. Sewaktu-waktu, roh ini dapat menjelma menjadi wujud yang dapat dilihat. Roh yang merupakan anak ambar tersebut biasanya disebut juga dengan el kawakib. El kawakib adalah roh seorang anak yang meninggal sebelum aqil baligh, anak yang meninggal di waktu lahir, anak yang meninggal saat di kandungan atau keguguran. Bisa juga berupa ari-ari yang menyertai saat baru lahir. Inilah yang dipercaya sebagai perwujudan dari ari-ari anak ambar.

Itulah cerita misteri mengenai bayi trek atau yang lebih populer di sebut anak ambar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here