Misteri angka 13

0
7

Angka 13, jika dilihat hanyalah sebuah angka biasa, namun tahukah kamu jika angka 13 menyimpan banyak misteri. Banyak yang beranggapan jika angka 13 itu sebagai pembawa sial, pembawa petaka, dan pembawa nasib buruk. Banyak orang mulai dari pebisnis hingga olahragawan menghindari untuk menggunakan angka 13. Lalu seperti apakah cerita misteri yang terkandung di dalam angka 13.?

Konon, angka 13 membawa kesialan atau ketakutan. Ada juga yang mempercayai bahwa angka 13 ini merupakan angka keramat. Secara ilmiah, ketakutan pada angka 13 ini dikenal dengan sebutan triskaidekaphobia. Ternyata, ketakutan pada angka 13 ini sudah ada sejak dulu dalam berbagai mitologi. Satu di antaranya adalah mitologi nordik. Dalam mitologi nordik, meja nomor 13 terbukti tidak beruntung. Menurut kisahnya, suatu hari 12 dewa sedang makan bersama dengan suka cita. Namun datanglah dewa perusak yang bernama Loki. Ya, Loki dikenal sebagai tokoh jahat di film Thor dan Avengers. Di filmnya pun, Loki membawa kekacauan dan kematian.

Kebanyakan orang juga takut ketika tanggal ke- tiga belas jatuh pada hari Jumat alias Friday the thirteen. Hari itu dianggap sial karena kebanyakan masyarakat percaya hari Jumat adalah hari sial dan yang lain percaya bahwa angka 13 adalah sial.

Di negara Amerika Serikat banyak masyarakat yang tidak berani keluar rumah dan tidak melakukan apa pun ketika hari jumat tanggal 13, mereka percaya jika keluar rumah akan mengalami nasib sial. Hal ini menyebabkan kondisi perekonomian di Amerika serikat mengalami kerugian 800-900 juta dolar AS dalam sehari. Bahkan, aksi paranoid dengan hari Jumat tanggal 13 ini sampai merasuki ranah psikologis dengan nama paraskavedekatriaphobia.

Beberapa peristiwa buruk juga sering terjadi berkaitan dengan angka 13, Seperti Apollo 13 yang diluncurkan pada 11 April 1970 tetapi mengalami ledakan tangki oksigen pada tanggal 13 April. Ia kembali ke Bumi pada 17 April. kemudian ada angin topan menghantam Bangladesh pada 13 November 1970 dan menewaskan ribuan orang. Pada tanggal 13 Juli 1951 adalah hari terburuk bagi Kansas timur laut. Sungai Kansas naik menjadi 12,4 m yang berada 4,5 m di atas tahap banjir dan 6 kaki lebih tinggi dari banjir apa pun yang tercatat pada tanggal tersebut.

Di negara China dan Amerika Serikat sebagian besar hotel dan bangunan tak memiliki lantai ketiga belas. Bahkan, hal ini juga berlaku pada nomor rumah yang sengaja tidak memasang angka 13, Mereka takut akan mengalami nasib buruk seperti tertimpa musibah atau melihat penampakan makhluk halus.

Cerita lain tentang misteri angka 13 juga terjadi di salah satu hotel di London, Inggris. Namanya adalah Hotel Savoy, hotel ini memiliki suatu tradisi yang terbilang unik menyangkut angka 13. Jika Anda beramai-ramai makan malam di hotel ini namun jumlah tamu yang hadir 13 orang, maka pegawai hotel akan segera menaruh patung kucing hitam di kursi khusus.

Tujuannya adalah menambah jumlah tamu yang ada di meja makan tersebut sehingga jumlahnya tidak 13 orang. Sang manajer hotel pernah mengungkapkan jika jumlah tamu yang makan semeja berjumlah 13 orang, maka salah satu akan ada yang mati tidak lama setelahnya. Entah hal ini benar atau hanya teknik promosi, yang jelas hotel ini ramai diperbincangkan orang.

Misteri angka 13 juga membuat takut pencetus teknologi Microsoft, ia turut menganggap angka 13 sebagai angka pembawa sial. Hingga Microsoft tidak membuat versi 13 demi menghindari kesialan. Microsoft hanya membuat versi 12 yang berupa Microsoft Office 2007. Lalu Microsoft meloncat ke versi 14 untuk Microsoft Office 2010.

Itulah misteri angka 13 yang cukup terkenal. Cerita di atas hanyalah sebagai informasi mengenai perjalanan mitos angka 13 yang dianggap sering membawa petaka. Terserah kamu mau percaya atau tidak, yang jelas walaupun hanya sebuah mitos, misteri angka 13 patut untuk kita waspadai mengingat banyak tragedi berdarah yang pernah terjadi di tanggal 13.








LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here