Misteri Alas Purwo

0
16

Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional yang letaknya di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jika dilihat sekilas, Taman Nasional Alas Purwo nampak seperti hutan pada umumnya. Alas purwo juga dikenal memiliki keindahan alam yang indah serta memiliki banyak spesies binatang mulai dari banteng, macan tutul, kera abu-abu, biawak, sampai dengan burung merak. Namun, Selain dikenal dengan cagar alam yang indah. Alas Purwo juga dijuluki sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa. Lantas kenapa alas purwo disebut sebagai hutan terangker di pulau jawa ?

Masyarakat percaya jika hutan ini adalah tempat berkumpulnya jin seantero nusantara. Dengan kedua mata biasa, mungkin kita bisa melihat Alas Purwo tak ubahnya seperti hutan pada umumnya. Akan tetapi, bagi pemilik mata batin mereka akan melihat ada sebuah kerajaan jin yang besar dan megah di hutan ini. Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki alas Purwo ini. Karena alas purwo banyak dihuni oleh makhluk halus.

Ada mitos yang mengatakan jika sedang berada di alas purwo lalu tiba-tiba mendengar suara asing yang memanggil dari belakang, jangan nengok ke belakang, konon jika menengok ke belakang maka orang tersebut akan diculik oleh makhluk halus. Mitos ini berkembang seiring banyaknya orang hilang di hutan tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa orang-orang yang “tersesat” atau hilang di Alas Purwo ini sudah diculik oleh bangsa jin. Kalaupun ada yang kembali karena bisa menemukan jalan keluar, orang tersebut akan mengalami gangguan jiwa alias gila. Sejumlah orang yang dinyatakan hilang di Alas Purwo tidak akan pernah ditemukan jasadnya. Bagi orang yang pernah mendatangi di Alas Purwo mengaku pernah melihat penampakan-penampakan penunggu hutan angker tersebut, mulai dari Genderuwo, Kuntilanak, dan mahkluk gaib lainnya.

Kemudia di Alas Purwo juga ada sebuah makam dengan panjang 7 meter yang disebut sebagai makam Mbah Dowo. Tidak diketahui secara pasti apakah sosok mbah dowo ini bertubuh tinggi sehingga makamnya sedemikian panjangnya, entahlah, karena tidak ada catatan sejarah tentang sosok mbah dowo. Hanya saja banyak yang percaya jika makam tersebut sangat keramat, disekitar makam banyak di huni oleh makhluk halus. Dan di makam ini terdapat banyak benda pusaka yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang seperti tombak bernama kyai tolo werang milik Empu Barada. Di Makam ini juga sering dijadikan tempat bersemedi untuk tujuan pesugihan.

Mengingat Alas Purwo sebagai lokasi berdirinya kerajaan gaib tak kasat mata, maka hal tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang ingin kaya raya dengan jalan pintas. Ya, banyak orang yang datang untuk meminta pesugihan dari mahluk-mahluk gaib penghuni Alas Purwo. Apalagi pada malam satu suro, banyak orang yang bersemedi disana, mulai dari yang sekedar mencari wangsit sampai yang mencari ilmu hitam.

Itulah Kisah misteri alas purwo, walaupun lebih terkenal dengan cerita yang menyeramkan, namun alas purwo juga dikenal karena keindahan alamnya serta banyak terdapat tempat wisata seperti wisata goa, pantai ngagelan, sadengan, pancur beach, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here