Misteri 7 Fenomena Alam Aneh Tapi Nyata

0
90
viva.co.id

Fenomena alam adalah rahasia yang alamiah dan bukan karena perilaku manusia. Fenomena alam yang terjadi di dunia ini ada yang berbahaya maupun yang tidak berbahaya. Hujan adalah salah satu fenomena alam yang tidak berbahaya. Fenomena alam yang sering kita jumpai sehari hari merupakan sesuatu fenomena yang aman. Namun disisi lain ada beberapa fenomena alam yang membahayakan seperti tsunami dan gunung meletus.

Dan kejadian fenomena tidaklah semua wajar dan berjalan seperti apa adanya. Adapula fenomena alam tertentu yang dikatakan aneh dan jarang muncul. Fenomena tersebut bisa di bilang aneh dan jarang muncul. Proses Fenomena alam merupakan suatu kejadian yang ajaib. Nah, berikut ini beberapa fenomena alam yang pernah terjadi, yuk kita simak selengkapnya.

1. Crop Circle Bawah Laut Jepang

viva.co.id

Crop circle yang terjadi di jepang ini terbentuk di dasar laut. Crop circle bawah laut ini merupakan pertama kali yang di temukan pada tahun 1995. Diameter crop circle bawah laut ini mempunyai ukuran tujuh kaki. Para penyelam menyebutnya dengan crop circle atau mystery circle. Berdasarkan sejumlah penelitian dan pengelihatan di lakukan demi mendapatkan asal muasal dan proses terbentuknya crop circle. Namun crop circle yang berada di bawah laut itu bisa terbentuk karena perbuatan ikan buntal. Ikan buntal berenang masuk secara cepat maka terbentuklah lingkaran tersebut. Mereka memakai siripnya untuk menggali dasar laut yang mempunyai tekstur pasir sehingga membentuk crop circle yang indah.

2. Donat Salju

viva.co.id

Kamu pernah melihat gumpalan salju yang menggelinding seperti bentuk bola bukan? Namun, kamu pasti belum pernah melihat gumpalan salju dengan bentuk unik yang terlihat pada gambar. Salju berbentuk donat atau yang lebih sering lagi disebut dengan snow donuts. Donat salju bisa terbentuk karena adanya tekanan yang sangat besar pada saat salju jatuh dan tertiup angin. Salju yang jatuh dan menggelinding akan mengambil butiran-butiran salju lain maka menjadi semakin besar.

Kecepatan angin juga mampu mempengaruhi tinggi dan adanya gaya gravitasi yang sangat mendukung pada terbentuknya donat salju. Namun gak donat salju mempunyai diameter dan bentuk lubang yang cukup sempurna. Ada beberpa donat salju yang mudah runtuh.

3. Aurora

viva.co.id

Aurora merupakan sebuah cahaya yang bersinar dan memancarkan cahaya warna-warni karena adanya reaksi antar medan magnetic. Aurora tidak mudah di temukan di seluruh wilayah permukaan bumi. Aurora hanya bisa terjadi di kutub utara dan kutub selatan aja lho. Aurora yang terjadi di kutub utara sering disebut Aurora Borealis. Namun aurora yang pernah terjadi di sebelah selatan merupakan aurora australis. Warna- warni cahaya pada aurora terjadi karena adanya gas di atmosfer yang bertabrakan dengan pertikel bermuatan sehingga terbawa oleh angin matahari.

4. Semburan Lumpur Bledug Kuwu

viva.co.id

Apabila kamu berkunjung ke kabupaten grobogan, jawa tengah, belum pas jika kamu belum berkunjung ke bledug kuwu. Bledug kuwu ini di kategorikan sebagai kawah lumpur ( volcano ). Anehny, bledug kuwu ini menyemburkan lumpurnya tiap 2-3 menit sekali secara berkala. Letupan-letupan yang ada mengandung mineral tertentu yang di manfaatkan dalam pembuatan bleng. Bleng sendiri merupakan konsentrat garam yang memanfaatkan proses pembuatan kerupuk karak.

5. The Red Tides

viva.co.id

Bagaimana reaksi kamu jika melihat sebuah laut mempunyai air yang berwarna merah seperti darah? Tenang ya, kamu gak perlu panic. Fenomena merahnya laut ini akrab dengan sebutan red tides. Air laut yang merah terjadi karena akibat adanya populasi algae atau alga. Spesies algae adalah Dinoflagellata. Alga ini mempunyai kelebihan dapat mengubah air laut menjadi warna toksik.engunjung yang berwisata ke laut merah tidak di ijinkan untuk berenang. Karena dalam air mengandung amoniak yang di hasilkan cukup tinggi. Kandungan amoniak bisa menyebakan iritasi pada kulit.

6. Ujan ‘Darah’ Kerala

viva.co.id

Pada umumnya hujan yang rutun merupakan air yang bening tanpa adanya warna, namun tidak demikian hujan yang terjadi di kerala. Pada bulan juli 23 september 2001, hujan turun di kerala dengan warna air yang merah seperti darah. Akibat hal tersebut, public pun menjadi gempar. Tapi beberapa ahli berasumsi jika hujan berwana merah ini di karenakan alga yang ada di wilayah setempat akan tetapi ada pula yang menyebutnya sebagai fenomena yang masih misteri. Hal ini pun masih belum bisa di jelaksan oleh para ahli.

7. Tornado Api

viva.co.id

Tornado api yang biasa di kenal dengan fire devil merupakan fenomena alam yang terjadi dan tidak terbayangkan. Fenomena ala mini terjadi pada saat api berbaur dengan tekanan udara dan membentuk sebuah pusaran yang naik keatas.

Nah, itulah beberapa fenomena alam yang cukup menggemparkan halayak di dunia ini. Semoga bisa menambah wawasan kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here