Mengenal Shiro, si Anjing Penemu Harta Karun

0
18

Dahulu kala di sebuah desa, hidup seorang bapak yang umurnya sudah tua (sebut saja namanya Pak Sholeh). Walaupun begitu Pak Sholeh ternyata mempunyai hati yang sangat baik. Dan pak sholeh tersebut memiliki seorang tetangga di sebelah rumahnya. Tetangganya tersebut bernama pak Rudi, seorang bapak yang sudah tua. Berbeda dengan Pak Sholeh. Pak Rudi memiliki sifat yang jahat.

Pak Sholeh yang baik tersebut ternyata mempunyai seekor Anjing, Anjing itu bernama Shiro. Ia sangat menyayangi Shiro. Sebaliknya, Pak Rudi tetangganya yang jahat itu sangat benci pada Shiro. Ia bahkan sering melempari Shiro dengan batu atau benda lain yang ada di sekitarnya.

Pada suatu hari Shiro menggonggong di belakang rumah Pak Sholeh yang baik hati itu, tepat di halaman belakang dari rumah tersebut. Sambil menggonggong Shiro pun terus menggali lubang di tanah halaman rumah belakang majikannya. Sang majikan Shiro pemilik anjing itupun datang menghampirinya dan bertanya kepada Shiro.

“kenapa kamu menggongong terus, Shiro ?”

“Mungkin kamu memerlukan bantuan ?” Baiklah sekarang aku akan bantu kamu.”

Pak Sholeh lalu pergi mengambil cangkul dan sekop untuk membantu Shiro menggali tanah. Sedikit demi sedikit tanah itu tergali dan akhirnya ditemukan sebuah kotak di dalam lubang galian tersebut. Ketika Kotak atau peti itu dibuka ternyata didalamnya terdapat berbagai perhiasan seperti emas dan permata yang cukup banyak. pak Sholeh pun sangat berterima kasih kepada Shiro yang telah menemukan harta karun tersebut.

“Terimakasih Shiro, kau telah membuatku jadi kaya raya”. ucap pak sholeh sambil mengelus Shiro.

Pak Rudi yang jahat itu ternyata mengintip kejadian tersebut dari rumahnya. Ia juga menginginkan perhiasan tersebut.

“Wah, boleh juga tuh. Aku akan memanfaatkan Shiro untuk mencari harta karun”. Ucap pak Rudi Iri.

Lalu pada keesokan harinya,pak Rudi meminjam Shiro.

“Tentu saja engkau boleh meminjam Shiro jika bisa bermanfaat untukmu,” kata pak Sholeh yang baik itu.

Pak Rudi yang jahat lalu membawa Shiro ke belakang rumahnya.

“Sekarang, cepat carikan aku harta karun,” perintah pak Rudi kepada Shiro dengan nada keras.

“Atau aku akan memukulmu,” ancam pak Rudi kepada Shiro.

Dengan perintah pak Rudi yang jahat itu, akhirnya Shiro dengan suka rela mulai menggali di suatu tempat di belakang rumah pak Rudi. Pak Rudi yang jahat itu mengikat Shiro dan meneruskan menggali di tempat yang digali Shiro. Tetapi, ia malah mendapat sampah yang berbau busuk dan tidak menemukan harta yang ia inginkan. Akhirnya pak Rudi sadar bahwa apa yang ia lakukan salah dan ia pun menyesalinya.

“Maafkan aku shiro, selama ini salah, aku telah banyak menyiksa mu”. ucap pak rudi dengan nada menyesal kepada Shiro.

Dan pada akhirnya pak Sholeh dan Pak Rudi saling meminta maaf, mereka berdua pun kini hidup berdampingan sebagai tetangga yang rukun.

Hikmah yang dapat dipetik dari kisah ini adalah sayangi hewan peliharaan mu dan jadilah orang yang senantiasa berbuat baik kepada semua jenis hewan. supaya kamu mendapat anugerah dari tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here