Mau Fokus Belajar? Yuk Lakukan 7 Cara Berikut

0
72
Source : https://unsplash.com/@neonbrand

Sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi apabila kita pernah menemukan banyak kesulitan untuk mempelajari sesuatu ketika masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Terkadang, hambatan seperti itu datang karena rasa tidak suka, kelelahan setelah beraktivitas, teknologi dan kondisi lainnya termasuk tingkat konsentrasi yang berkurang.

Nah! Teman-teman sekalian, kalau sudah begini ceritanya, kita perlu menyimak dan melakukan beberapa langkah penting di bawah agar keinginan untuk belajar menjadi pulih kembali. Setelah itu baru deh kita bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut. Oke! Tanpa menunggu lebih lama, yuk kita lihat poin-poin yang sudah tersedia.

1. Matikan Gadget

Memainkan smartphone sambil belajar merupakan ide yang buruk untuk di lakukan lho. Mengapa? Karena jika kita mendapatkan 1 buah notifikasi saja, tangan kita bisa segera mengambilnya sehingga konsentrasi ke mata pelajaran yang sedang di pelajari pun hilang seketika.

Oleh sebab itu, apabila kalian harus menjauhi gadget sementara waktu, mintalah kepada orang tua untuk menyitanya atau mematikan semua aplikasi yang tidak di butuhkan.

2. Isi Tenaga Terlebih Dahulu dengan Makanan dan Minuman

Jangan lupa! Sebelum memasuki proses belajar, sediakanlah makanan serta minuman yang terbaik seperti air putih, jus, buah-buahan atau nasi dengan lauk pauknya supaya kita tetap bertenaga. Omong-omong, jika kalian ingin menghilangkan nasi, hal tersebut tidak jadi masalah kok asal ada makanan pengganti yang tepat.

3. Pilih Tempat Belajar yang Paling Nyaman

Ruangan yang tenang, bersih dan tidak berantakan adalah tempat di mana kita semua dapat belajar dengan baik. Coba deh kalau sebaliknya. Berisik, kotor serta acak-acakan. Mungkin akan ada di antara kita yang mood nya langsung pudar seketika.

Maka dari itu guys, pilihlah tempat yang benar-benar sesuai seperti kamar yang sudah di bereskan atau perpustakaan biar semakin mantap belajarnya.

4. Mulailah Belajar saat Kamu Bersemangat

Jadwalkan kegiatan belajar kamu di waktu yang tepat. Untuk apa? Ini bertujuan agar kita dapat mempelajari hal-hal yang di butuhkan secara efektif ketika sedang memiliki niat dan semangat dalam kapasitas tinggi. Misalnya, kalau bagi kamu waktu belajar yang pas itu adalah malam hari, lakukanlah hal tersebut. Begitu juga dengan pagi, siang dan sore.

5. Buat Taktik Penyerapan Materi

Setiap orang tentu memiliki beragam cara belajar tersendiri untuk menyerap materi pelajaran yang di maksud seperti mendengarkan musik, menandai kutipan tertentu dengan stabilo, berjalan sambil membaca bahan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, buatlah taktik yang paling sesuai bagi dirimu demi mendapatkan hasil maksimal.

6. Balas Pikiran Negatif dengan Hal Positif

Negativitas itu dapat muncul kapan saja dan di mana saja dari hati serta pikiran. Guys, kalau kalian sudah mulai menghadapinya, balaslah pikiran negatif tersebut dengan pikiran lain yang bersifat positif. Contoh, ketika datang pernyataan dalam hati bahwa kita tidak bisa mendapatkan nilai terbaik, segera gelengkan kepala kalian dan katakan dalam suara tegas bahwa kalian mampu melakukannya.

7. Minta Bantuan Guru, Teman, atau Orang Tua

Jika kita merasa kesulitan dalam mempelajari sebuah materi pelajaran atau hal lain yang terkait, kita bisa meminta pertolongan kepada mereka. Kenapa? Karena dengan adanya masukan, bantuan, kritikan serta tindakan lebih lanjut untuk perkembangan kalian, ada kemungkinan bahwa kemajuan akan datang lebih cepat.

 

Demikianlah ulasan dari 7 cara penting agar kita semua dapat belajar dengan baik. Semoga membangun. Selamat menjalankan aktivitas selanjutnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here