Masih Ingat Jawara Liga Champions Eropa Ini? Seperti Ini Nasib nya Sekarang!

0
124

Parameter kesuksesan klub adalah menjadi juara. Di benua Eropa pun, kesuksesan klub tidak hanya di nilai dari menjuara liga domestik, namun bisa menjadi juara liga champions eropa adalah hal yang luar biasa sukses.

Tahukah kamu football lovers? ada beberapa klub yang pernah menjadi juara liga champions eropa yang sekarang namanya tak lagi bersinar bahkan merosot ke papan bawah dan terlupakan. Duh kasihan banget ya… Berikut 10 Jawara Liga Champions Eropa Yang Terlupakan:

Red Star Belgrade

Red Star Belgrade merupakan satu satunya tim asal Serbia pecahan dari negara Yugoslavia yang masuk ke daftar ini. Red Star Belgrade pernah memenangkan liga champions pada musim 1990/1991 setelah mengalahkan Marseille di laga puncak lewat babak adu penalti. Sayang, Red Star Belgrade tidak begitu terkenal dimata penikmat bola dunia untuk saat ini.

Aston Villa

Aston Villa bukan lah tim yang begitu ditakuti di Inggris untuk sekarang ini. Walaupun begitu, hal ini tidak berlaku di masa lalu. Aston Villa merupakan salah satu tim yang pernah berjaya di kompetisi eropa dengan menjuarai liga champions pada musim 1981/1982. Selain itu pada masanya Aston Villa sudah mengoleksi 7 trophy Divisi Utama Liga Inggris dan 7 kali menjuarai Piala FA.

Sayang nasib berkata lain, pada musim 2015-2016 Aston Villa terdegradasi ke Divisi Dua Liga Inggris.

Feyenoord

Pada musim 1969-1970, Feyenoord berhasil menjadi juara liga champions setelah mengalahkan Celtic di laga puncak. Walaupun begitu, nama Feyenoord sudah mulai meredup sekarang ini dan bahkantim ini tidak begitu disegani di liga Belanda. Dominasinya di liga Belanda pun sudah tergeser oleh AZ Alkmaar dan FC Twente yang tampil stabil dalam beberapa musim ini.

Marseille

Marseille pernah sekali menjuarai liga champions di tahun 1993. Selain itu, Marseille juga pernah sekali menjadi runner up ketika dikalahkan oleh Red Star Belgrade 2 tahun sebelumnya. Perlu di ketahui bahwa Marseille merupakan satu satu nya dan klub pertama Perancis yang menjuarai Liga Champions Eropa.

Tahun 1994 terjadi skandal penyogokan yang membuat mereka didegradasi dari divisi utama liga prancis namun tidak kehilangan gelar Juara Liga Champions Eropa nya.

Steaua Bucaresti

Bucaresti merupakan sebuah klub asal Rumania yang pernah menjadi juara dan runner up liga champions. Pada musim 1985/1986, Bucaresti berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Barcelona di laga puncak, sedangkan mereka hanya bisa menjadi finalis setelah dikalahkan AC Milan dengan skor telah 4-0 di laga puncak. Sekarang klub ini hanya bisa bersaing di liga utama Rumania saja.

Hamburg SV

Hamburg pernah berada di masa keemasan nya pada tahun 70 dan 80an. Puncak kejayaan Hamburg terjadi di tahun 1983 ketika mereka berhasil menjuarai liga champions. Lawan nya ketika itu adalah Juventus dan Hamburg berhasil menyudahi perlawanan sang raksasa Italia dengan skor 1-0. Sekarang klub ini hanya bisa bersaing di divisi dua liga Jerman.

Celtic FC

Celtic merupakan tim eropa utara pertama yang berhasil memenangkan liga champions. Sejarah ini terjadi di tahun 1967. Ketika itu Celtic berhadapan dengan Inter Milan di laga puncak Champions League. Stadion Nacoinal Portugal menjadi saksi keperkasaan Celtic atas wakil italia Inter Milan dengan skor 2-1. Meskipun saat ini sering mengikuti ajang liga champions, klub ini hanya menjadi kuda hitam.

Benfica

Perlu diketahui, Benfica pernah berjaya di masa lalu dengan memenangkan liga champions pada musim 1961 dan 1962. Dua tim yang berhasil dikalahkan oleh Benfica adalah Barcelona dan Real Madrid. Di musim 1961, Barcelona ditaklukkan dengan skor 3-2 dan musim berikutnya mereka berhasil mengandaskan perlawanan Real Madrid dengan skor 5-3. Sama seperti Celtic, sekarang benfica hanya mampu tampil di babak penyisihan saja.

Nottingham Forest

Saat ini Nottingham Forest hanya berkutat di divisi Championship yang merupakan divisi kedua persepakbolaan Inggris. Kejayaan Nottingham Forest dibuktikan dengan 2 gelar liga champions yang dimilikinya. 2 gelar tersebut didapatkan setelah mengalahkan Malmo FF pada 1979 dan Hamburg SV pada 1980.

 

Nah itulah 9 klub Sepak Bola Yang Pernah Menjuarai Liga Champion yang sekarang sudah dilupakan dimata pencinta sepak bola dunia. Bila kamu suka konten bola yang kayak gini silakan share dan like nya ya football lovers 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here