Lionel Messi, Kisah Anak Penyandang Kelainan Hormon Hingga Jadi Pemain Terbaik Dunia

0
126

Messi yang sekarang adalah bintang besar di dunia sepakbola memiliki nama asli Lionel Andres Messi. Ia lahir pada 24 juni 1987 di Rosario Santa Fe Argentina dari seorang ayah bernama Jorge Messi dan seorang Ibu bernama Celia Cuccittini. Di keluarganya, Messi merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara. 2 orang kakanya adalah Rodrigo dan Matias yang juga merupakan seorang pesepakbola sedangkan adiknya bernama Maria Sol.

Ketika kecil, Messi hanya bermain untuk klub yang dilatih oleh ayahnya yaitu Grandiola. Ketika itu, tidak ada harapan dari sang ayah untuk karier sepakbola Messi mengingat sejak kecil, ia sudah mengalami kelainan hormon yang membuat tubuhnya sangat kecil. Pada awalnya, keluarga pun tidak menyetujui keputusan Messi untuk bergabung ke Grandiola.
Tetapi, sang nenek memiliki peran besar disini. Ia membujuk orang tua Messi untuk membiarkan putra nya menjalankan hobi dalam bermain sepakbola. karena bujukan dari sang nenek, hati orang tua messi pun luluh dari ia pun dibiarkan untuk menggeluti dunia sepakbola. keputusan ini bisa dibilang berbuah sangat manis.

Di Grandiola, messi berkembang menjadi pemain muda terbaik klub. Sebenarnya, masih banyak orang yang meragukan keputusan ini. itu karena, mereka takut mimpi Messi hancur ketika kelainan hormon yang dialaminya membuat ia tidak bisa meneruskan karier nya menjadi seorang pesepakbola. Tetapi semakin kemari, penampilan Messi justru semakin luar biasa. pada akhirnya, Messi pun bergabung dengan klub terbaik di daerah nya yaitu Newell’s Old Boy.

Disana, semua mengakui kehebatan Messi dan tim muda Newells pun menjadi sebuah tim yang tidak terkalahkan. Ketika semuanya nampak lancar, masalah justru datang ketika Messi berusia 11 tahun. Ketika itu, Messi sudah menjadi pemain muda yang sangat amat terkenal di Argentina. Banyak yang menyebutkan jika Messi merupakan the next diego Maradona.

Masalah nya adalah pada biaya terapi yang perlu dikeluarkan setiap bulan nya. untuk perawatan ini, keluarga Messi perlu mengeluarkan uang sebesar 9 milliar rupiah per bulan nya. tentulah harga tersebut terlalu mahal jika melihat kondisi keluarga Messi yang serba pas. Pada akhirnya, keluarga Messi pun menghubungi klub klub besar di Argentina untuk meminat bantuan dana ini.

Bukan tidak tertarik melihat bakatnya, seluruh klub di Argentina memang benar benar tidak mampu memenuhi biaya terapi Messi tersebut. Akhirnya keluarga pun ingat jika mereka memiliki seorang kerabat di kota Barcelona. Pada momen ini, keluarga meminta bantuan untuk mengenalkan Messi dengan pemandu bakat klub besar Spanyol tersebut.

Ketika melihat bakat Messi, semuanya berjalan lancar dan bintang kecil ini pun menjadi seorang pemain muda di klub catalan. Hebatnya, Messi langsung berhasil membuat semua orang di klub Barcelona terkagum kagum. Walaupun adaptasi Messi dengan segala hal di kota Barcelona tidak berjalan mulus, semua yang diimpikan pun berjalan sesuai rencana.

Bertambah nya usia Messi membuat kemampuan sepakbola calon bintang ini terus terasah dan hebatnya, ia sudah bisa memulai debut ketika baru berusia 16 tahun. Tetapi ketika itu, debutnya bukan dalam pertandingan resmi. Debut Messi ketika itu adalah pada laga persahabatan melawan FC Porto.

Tetapi, debut Messi di pertandingan resmi pun terjadi tidak lama dari pertandingan tersebut. Messi melakukan debutnya pada tahun 2004 atau tepatnya ketika ia baru berusia 17 tahun. Walaupun tidak berhasil mencetak gol di laga tersebut, rekor pencetak gol termuda Barcelona masih tetapi dimiliki oleh Messi. Itu karena, ia berhasil mencetak gol di laga melawan Albacete pada 1 Mei 2005. Ketika itu, Messi baru berusia 17 tahun 10 bulan 7 hari.

Perlu diketahui, Spanyol dan Argentina memiliki kerja sama tentang kewarganegaraan. Karena itulah pada tahun 2005, Messi mendapatkan kewarganegaraan ganda. Ketika itu tepatnya pada 26 september 2005, Messi menjadi pria berkewarganegaraan Spanyol dan Argentina. Selain sudah mulai reguler bermain bersama tim utama Barcelona, Messi juga mencatatkan debut di liga champions pada musim 2005/2006.

Ketika itu, ia bermain di pertandingan melawan udinese pada babak penyisihan grup. Tetapi di musim ini, Messi tidak berhasil bermain penuh untuk Barcelona hingga akhir musim. Karier nya terhenti di babak 8 besar liga champions melawan Chelsea. Itu karena, ia mengalami cidera dan baru sembuh pada akhir musim.

Tetapi hebatnya, musim tersebut pemain berusia 18 tahun ini mempertontonkan performa yang ciamik. Ia berhasil mencetak 6 gol dalam 17 pertandingan la liga dan tidak lupa, la pulga juga berhasil mencatatkan 1 gol di liga champions eropa.

Di musim berikutnya, tidak ada yang menyangka jika Frank Rijkaard akan memberikan menit bermain reguler bagi bintang muda ini. hal tersebut memang benar benar terjadi dan Messi pun benar benar berhasil menunjukkan segala kemampuannya. Tetapi lagi lagi, karier nya harus terhenti karena cidera. Kejadian tersebut terjadi pada 12 november 2006 pada laga melawan Real Zaragoza. Ketika itu, ia mengalami cidera meta tarsal dan pada akhirnya, Messi pun harus menepi dari lapangan selama 3 bulan.

Ketika kembali, kebintangan nya pun kembali muncul dan puncaknya adalah pada pertandingan el classico di bulan Maret 2007. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-3 dan Messi menjadi penyumbang seluruh gol tersebut. Sebenarnya, Barcelona sudah benar benar tertekan dengan kondisi tertinggal dan bermain dengan 10 pemain. Tetapi, gol ketiga Messi di akhir laga membuat Barcelona berhasil memaksa laga berakhir dengan skor imbang.

Di musim ini, nama Messidona sudah mulai terkenal. Nama itu diberikan karena ia sendiri disebut sebut sebagai penerus diego maradona. Hal tersebut diberikan bukan hanya karena kedua pemain ini berasal dari negara yang sama. Tetapi, ada banyak gol indah maradona yang berhasil diciptakan oleh Messi. Gol nya yang paling terkenal adalah pada pertandingan melawan Getafe di semi final liga champions 2007.

Ketika itu, Messi membawa bola dari jarak 62 meter dan terus berlari hingga melewati 6 pemain termasuk kiper. Gol pun terjadi dan semua orang menyamakan nya dengan aksi maradona pada pertandingan melawan inggris di piala dunia 1986. Gol Maradona itu sendiri disebut sebut sebagai gol abad ini karena hanya Messi lah yang berhasil membuat gol dengan kondisi sama seperti itu.

Di Musim itu juga, Messi pernah sekali melakukan gol dengan bantuan tangan nya. ketika itu, Messi nampak menguasai bola dan membawa bola tersebut melewati kiper dengan tangan nya. itu terjadi pada pertandingan antara barcelona dan espanyol dan sekaligus mengukuhkan kemiripan antara Messi dengan sang legenda.

Pada tahun 2008, peran pemain utama Barcelona mulai didapatkan Messi. Hal itu terjadi setelah Ronaldinho memutuskan angkat kaki dari tim catalan. Pengukuhan posisi Messi di tim utama Barcelona itu adalah dengan diwariskannya nomor 10 Ronaldinho tersebut kepada Messi. Darisini lah, Messi mulai lebih leluasa berada di tim utama Barcelona dan hal tersebut terbukti ketika Messi mencetak 2 gol di laga melawan Real Madrid pada desember 2008. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Barcelona.

Di tahun 2008, Messi juga sempat memasuki nominasi peraih Ballon d’or. Sayang, Messi hanya berada diurutan kedua karena kalah dari sang bintang Manchester United yang kelak akan menjadi rival nya sebagai pemain terbaik dunia yaitu Cristiano Ronaldo. Di musim ini juga Messi berhasil mendapatkan tropi liga champions pertamanya. Ketika itu, Barcelona berhasil mengalahkan Manchester United di laga puncak dan hebatnya, Barcelona berhasil meraih trebel winner pada musim tersebut.

Di tahun tahun berikutnya, posisi Messi sebagai bintang utama Barcelona semakin kukuh dan hal tersebut benar benar terbukti pada perayaan ballon d’or selanjutnya atau tepatnya pada tahun 2009. Ketika itu Messi berhasil memenangkan penghargaan fifa ballon d’or dan penghargaan itu pun terus didapatkannya hingga tahun 2012. Menurut sejarah, Messi menjadi pemain pertama yang pernah meraih tropi ballon d’or 4 kali berturut turut.

Walaupun terus disebut sebut sebagai bintang dunia, Messi tidak berhasil memenangkan ballon d’or 2013 dan 2014. Ketika itu, Cristiano Ronaldo yang berhasil mengalahkan nya pada penghargaan tahun 2008 berhasil memenangkan tropi ballon d’or lagi. Di tahun 2015, Messi pun kembali berjaya dengan membawa Barcelona kembali meraih trebel winner. Di tahun ini juga, Messi berhasil menjadi pemain pertama yang pernah meraih 5 tropi ballon d’or. Tetapi, di 2 tahun berikutnya, Messi kembali kesulitan meraih tropi ini. itu karena Cristiano Ronaldo berhasil memenangkan tropi itu di tahun 2016 dan 2017.

Dalam level timnas, messi belum pernah sekali pun meraih tropi. Beberapa kali, Messi berhasil lolos ke babak puncak seperti di copa america 2016 dan piala dunia 2014. Tetapi bisa dibilang, inilah satu satunya minus dalam karier nya. ia belum pernah sekali pun memberikan gelar bagi timnas Barcelona dan perbedaan itulah yang membuat banyak orang menyebutkan jika Messi belum layak untuk disetarakan dengan seorang Diego Maradona.

Jika disebut pencapaian, Messi memang sudah mendapatkan segala nya di dunia sepakbola (kecuali untuk level timnas). Selain 5 tropi ballon d’or yang tadi telah disebutkan, Messi juga tercatat sudah berhasil meraih 4 tropi liga champions, 9 tropi la liga, 6 tropi copa del rey, 3 uefa super cup, dan 3 piala dunia antar klub.

Untuk hubungan asmara, kisah yang dimiliki la pulga memang seperti di film film. Ia menikah dengan seorang wanita yang berasal dari kampung halaman nya yaitu Rosario. Nama wanita beruntung tersebut adalah Antonella Roccuzzo. Perlu diketahui, Roccuzzo ini merupakan teman masa kecil Messi dan hubungan kedua nya sendiri telah diresmikan sejak masih berusia muda.

Dari Roccuzzo, Messi sudah memiliki 2 orang anak laki laki. Anak pertamanya adalah Thiago yag lahir pada tahun 2012 sedangkan anak keduanya adalah Mateo yang lahir pada tahun 2015. Untuk merayakan kelahiran anak pertamanya yaitu Thiago, ada satu hal menarik yang pernah dilakukan Messi. Ia mentatto kaki nya dengan gambar lengan bayi dan tatto messi tersebut sempat viral di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here