Lima Pemain Naturalisasi yang Tak Dipakai Tim Nasional Indonesia

0
151

Umumnya, seorang pemain dinaturalisasi karena kualitas yang dimilikinya, sehingga pilihan untuk tim nasional semakin bertambah. Akan tetapi, nama-nama berikut ini malah tak pernah dipakai tim nasional walau sudah menjadi warga negara Indonesia…

Herman Dzumafo Epandi

Meski sudah berusia 38 tahun, pemain kelahiran Kamerun tersebut dikabarkan tetap menjadi pemain dengan kondisi fisik terbaik di Bhayangkara FC musim ini. Dzumafo menerima kewarganegaraan Indonesia pada 2017 dengan relatif mudah setelah menghabiskan lebih dari sedekade karier di Indonesia, yang separo ia habiskan untuk memperkuat PSPS Pekanbaru. Beristrikan orang Indonesia dan sudah kembali ke kasta teratas Liga Indonesia saat bergabung dengan Bhayangkara, Dzumafo tetap tak mendapat panggilan tim nasional Indonesia.

Guy Junior

Berposisi sebagai penyerang, Guy Junior bisa disebut mengawali karier profesionalnya di Indonesia bersama PS Palembang pada 2005 kala masih berusia 19 tahun. Ia mendapatkan paspor Indonesia pada 2016 setelah mengarungi berbagai musim yang mengesankan bersama beberapa klub di Liga 1. Musim lalu, ia berhasil membawa Bhayangkara FC ke tangga juara. Walau begitu, ia sama sekali belum dilirik pelatih timnas senior.

Mamadou El Hadji

Meski sudah lebih dari 5 tahun tinggal di Indonesia, Mamadou El Hadji belum juga diakui sebagai bek papan atas di Indonesia. Tak heran, saat paspor Indonesia-nya keluar pada Februari 2018, banyak yang tak memperhatikannya. Memperkuat Sriwijaya FC pada gelaran Liga 1 musim ini, El Haji belum mampu menarik perhatian Luis Milla. Sepanjang 2018, bek tengah Indonesia tampak konsisten dikawal Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto.

Kevin Scheunemann

Berasal dari Jerman, Scheunemann telah mendapat paspor Indonesia dan beberapa kali menjalani trial bersama tim-tim Indonesia. Jebolan akademi Frankfurt tersebut merupakan keponakan dari eks pelatih Persema Malang Timo Scheunemann. Sang paman sendiri diketahui mencoret sang keponakan saat menjalani seleksi di Persiba Balikpapan. Seperti dilansir Football Tribe, Scheunemann bahkan gagal membuat Persiba dan Madura United terpincut untuk mengontraknya.

Ruben Wuarbanaran

Pemain keturunan Belanda ini merupakan salah satu pemain naturalisasi yang disiapkan untuk menjalani Sea Games 2011. Sayang, ia gagal mengikuti jejak Diego Michiels yang mampu menembus skuad pilihan pelatih Rahmad Darmawan. Sejak memperkuat Pelita Jaya selama semusim, Wuarbanaran lebih memilih “pulang” ke Belanda untuk memperkuat tim-tim kasta rendah. Ia sempat digosipkan akan memperkuat Persija pada 2017, walau akhirnya tak menjadi kenyataan.

Semoga di masa depan, pembinaan pemain muda mendapat perhatian serius agar cara-cara instan seperti menaturalisasi pemain asing tak dipakai lagi. Agar timnas bisa berjaya tanpa bantuan”pemain-pemain asing”…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here