Lima Kiper Utama Tertua di Klub Besar Eropa

0
153

Posisi kiper dirasa merupakan posisi yang paling memungkinkan untuk dijalani sampai usia lanjut. Beberapa nama di bawah ini masih eksis melindungi gawang klub-klub top Eropa meski sudah melewati kepala tiga…

Manuel Neuer (32 tahun)

Neuer dikenal sebagai kiper yang menjadi rujukan tipe penjaga gawang modern dengan kemampuan distribusi bola dan menuai serangan. Ketika musim ini berakhir, ia akan berusia 33 tahun, menjalani musim kedelapannya di Bayern Munich. Meski terlhat bugar dan kompetitif, ia dianggap sebagai salah satu biang performa buruk Jerman di Piala Dunia 2018 dan Nations League. Banyak pihak yang menyarankan agar ia segera diganti oleh Marc-Andre Ter Stegen, yang berusia enam tahun lebih muda.

Samir Handanovic (34 tahun)

Membangun sebagai reputasi sebagai salah satu kiper terbaik di Italia saat membela Udinese, Handanovic dipinang Inter Milan pada 2012 untuk menggantikan Julio Cesar. Ia menjadi kiper utama Inter hingga musim ini, saat ia sudah berusia 34 tahun. Meski musim lalu banyak dikritik karena terlalu sering menderita “go mudah”, tampaknya ia akan awet di bawah mistar Nerazzuri karena Liga Italia memang bersahabat bagi pemain-pemain gaek. Musim ini, ia tampil di semua laga Inter di Liga Italia maupun Liga Champions.

Petr Cech (35 tahun)

Saat kedatangannya ke Inggris pada 2004, ia menjadi tembok tebal pelindung Chelsea yang saat itu sedang digdaya bersama Jose Mourinho. Kini, empat belas tahun berlalu, dia masih meneguhkan diri di papan atas Liga Inggris. Berganti kostum menjadi Arsenal sejak 2015, ia menjadi sasaran kritik para pandit karena penampilannya tak sehebat sepuluh tahun lalu. Nyatanya masih dipilih pelatih baru Unai Emery sebagai kiper utama pada musim ini meski sudah berusia 36 tahun. Ia hanya digantikan kiper muda Bernd Leno saat mengalami cedera saat melawan Watford bulan lalu. .

Iker Casillas (37 tahun)

Sempat meredup di musim-musim terakhir bersama Real Madrid dan timnas Spanyol, Iker Casillas memutuskan perlu memulai petualangan baru. Casillas mungkin “turun kasta” setelah pindah ke FC Porto. Namun, di sana ia menjadi penantang gelar liga dan terus tampil di Liga Champions. Pada usia 37 tahun, ia tercatat sebagai pemegang rekor penampilan terbanyak Liga Champions dengan total mengoleksi 173 pertandingan. Catatan ini akan terus bertambah mengingat dirinya dan FC Porto masih berlaga di Liga Champions musim ini, dan barangkali beberapa musim ke depan.

Gianluigi Buffon (40 tahun)

Keabadian Buffon masih akan terus berlanjut. Ia terhitung menjadi bagian dari skuad Italia dalam lima piala dunia berturut-turut, sejak edisi 1998 hingga 2014. Ia bisa saja tampil di piala dunia keenamnya pada 2018 seandainya Italia tak tersingkir di kualifikasi. Banyak orang mengira ia akan pensiun saat kontraknya bersama Juventus habis pada akhir musim lalu. Nyatanya, ia akan melanjutkan mimpi berburu trofi Liga Champions bersama Paris Saint-Germain pada musim ini.

Lima nama di atas tentu harus menjaga konsistensinya demi menjaga posisi tim. Di luar sana, terdapat banyak kiper muda yang siap mengambil alih posisi mereka…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here