Legenda Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan

0
159
erhaje88.com

Pada zaman dahulu, ada seorang putri yang sangat cantik jelita seperti bidadari dari khayangan yang bernama Dewi Kadita. Dia adalah putrid kesayangan dari raja padjajaran, munding wangi. Selain mempunyai wajah yang cantik, dewi kadita mempunyai hati yang baik. Dia sangat baik dan ramah kepada setiap orang. Wajahnya yang cantik dan tubuhnya yang elok sudah terdengar di seluruh penjuru dunia.

Walaupun sang raja mempunyai putri yang sangat baik, dia tidak merasa bahagia. Raja bersedih karena sampai detik ini belum juga di karuniai anak laki-laki sebagai putra mahkota sebagai penerus tahtanya. Akhirnya sang raja memutuskan untuk menikah lagi dengan dewi mutiara agar mendapat anak laki-laki yang gagah perkasa sebagai penerus tahtanya.

Pada awalnya dewi mutiara sangat baik dengan dewi kadita untuk mendapat cinta ayahnya. Namun setelah menikah, dewi mutiara memperlihatkan sifat aslinya. Terlebih lagi saat dewi mutiara di berikan seorang anak laki-laki. Dewi mutiara semakin jahat kepada dewi kadita. Dia takut dewi kadita akan menjadi penghalang bagi anaknya untuk menjadi penerus tahta. Hari demi hari dewi mutiara semakin takut, bahkan dai mulai berani meminta langsung kepada raja untuk mengasingkan dewi kadita dari istana. “ Tuanku, aku ingin kau mengasingkan dewi kadita dari istana ini,” Pinta istrinya.

Mendengar permintaan tersebut, raja munding wangi menjadi marah. Dia menolak dan memarahi istrinya.
Dewi mutiara pun semakin dendam pada anak tirinya itu. Dia terus memikirkan cara untuk mengusir dewi kadita. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk pergi menemui seorang dukun untuk membuat celaka dewi kadita. “ Aku ingin kamu mencelakai dewi kadita sampai dia di usir dari istana,” perintah dewi mutiara. Sang dukun pun menerimanya. Kemudian dukun itu menyanggupi karena di janjikan akan di berikan hadiah jika berhasil.

Setelah beberapa hari, dukun itu mulai melakukan aksinya. Dia mulai mengguna-guna dewi kadita dengan mengirimkan sebuah angin yang sudah di beri mantra olehnya. Pada saat dewi kadita sedang tidur, angin itu memasuki kamar dan mengenai tubuhnya. Keesokan harinya saat ia terbangun, betapa kaget nya dia melihat wajahnya di cermin. Seluruh tubuhnya di penuhi oleh koreng dan bisul yang berbau busuk. Sudah berapa banyak tabib istana yang datang untuk mengobatinya, namun tidak satu pun yang berhasil. Mereka mengatakan jika penyakitnya itu bukan penyakit biasa tapi sebuah guna-guna.

Hari demi hari penyakit dewi kadita makin parah dan mulai mengeluarkan bau busuk. Dia pun sudah mulai putus asa dengan keadaan dirinya. Setelah melihat kesempatan ini, dewi mutiara merasa senang. Dia mulai menghasut raja untuk mengasingkan anak kesayangannya itu dari istana. Dia bilang jika penyakit anaknya akan membuat pengaruh buruk terhadap anak laki-lakinya dan juga kerajaan. Pada awalnya raja tetap menolak, namun karena di desak istrinya sang raja akhirnya luluh juga. Dewi kadita yang mengetahui itu merasa sangat sedih dan dia pun pergi meninggalkan istana dengan sendirinya. Dia berjalan sangat jauh dari istana. Karena tahu anak tirinya sudah pergi dewi mutiara sangat senang. Dia merasa lega karena rencananya berjalan dengan lancar. Namun, sang raja merasa sedih karena kehilangan putri kesayangannya itu.

Siang malam dewi kadita menjelajahi seluruh negeri. Kecantikan wajahnya dan keelokan tubuhnya sudah menghilang. Tidak jarang dia selalu dapat perlakuan yang tidak baik. Semakin jauh dewi kadita termenung melihat ke arah laut luas. Karena merasa putus asa dewi kadita pun akhirnya melompat ke laut tersebut.
setelah melompatinya, keajaiban pun terjadi tubuhnya yang penuh koreng dan bisul kembali menjadi bersih dan cantik.

Hingga dewi kadita berubah wujud menjadi penguasa laut. Dia pun berkuasa atas laut selatan dan mendirikan kerajaan ghaib disana. Hingga kini kerajaan tersebut di percayai masih ada dan dewi kadita itu memiliki nama ratu kidul atau ratu pantai selatan. Bahkan nama nya tersohor sehingga tidak sedikit masyarakat sekitar yang menghormatinya dan menyembah nya agar desa nya aman dan makmur. Tidak sedikit pula masyarakat yang memberikan sajen ke lautan tersebut karena mereka percaya hasil tangkapan ikan nya akan banyak dan melimpah ruah. Adapula beberapa masyarakat meminta pertolongan demi kelancaran tujuannya.

Kisah Nyi Roro kidul ini merupakan sebuah cerita legenda dan masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa versi cerita tentang legenda ini. Versi itu konon bisa berbentuk cerita versi jawa, versi sunda dan bahkan versi batak. Dongeng tersebut merupakan dongeng nyi roro kidul versi sunda.
Nah, itu lah kisah ratu pantai selatan yang sangat terkenal ini, semoga kisah ini bisa bermanfaat bagi kalian nantinya dan selalu mempercayai sang pencipta kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here