Legenda Misteri Hantu Kuyang dan Kisah Nyata Keberadaan Hantu Kuyang

0
101
alamisteri.com

Hantu kuyang adalah wujud dari makhluk dengan kepala seperti manusia dan anggota badannya berupa organ dalam tubuh manusia. Namun yagn lebih mengerikan lagi sosok ini bisa terbang dan melayang ke udara. Sebagian masyarakat yakin bahwa asal usul dan sejarah dari jenis makhlik tak kasat mata ini bermulai dari sebuah ilmu hitam agar mendapatkan keabadian hidup.

Begitu mengerikan apabila melihat dari beberapa foto penampakan serta jika di kaitkan dengan cerita yang sudah melegenda di masyarakat sekitar. Sebagian masyarkat lainnya menganggap jika kuyang adalah jelmaan dari seorang yang menganut ilmu hitam dan di waktu- waktu tertentu menjelma sebagai hantu untuk mencari mangsa darah bayi yang baru dilahirkan atau wanita yang baru melahirkan.

Bisa di bayangkan wujud dari makhluk yang digambarkan sebagai wajah seorang perempuan bermata merah serta mempunyai taring panjang. Namun semuanya belum seberapa yang paling mengerikan lagi yaitu penampakan nya pun begitu tiba-tiba dan terbang dengan merayap dari pohon ke satu pohon lainnya untuk mengintai mangsa. Selain itu wujud nya yang berupa kepala dengan organ dalam tubuh manusia seperti jantung, hati, paru-paru serta usus yang menggelantung membuat tidak tahan melihat dan menemukannya dengan mata kepala sendiri.

Ilmu hitam bagi keabdian inilah yang menjadi asal usul hantu kuyang yang sering di tuturkan oleh orang-orang Kalimantan. Selain di percaya sebagai salah satu makhluk tidak kasat mata, makhluk ini juga di kenal sebagai jelmaan manusia yang sedang belajar ilmu hitam. Dan di siang hari makhluk ini makhluk ini pun berubah wujud jadi manusia untuk mengamati orang-orang sekitar yang akan di jadikan mangsanya pada malam hari. Disinilah kemudian cerita misteri hantu kuyang Kalimantan merupakan orang yang berilmu hitam demi keabadian hidupnya dan melegenda di kalangan masyarakat Banjarmasin, barabai dan buntok. Maka tidak heran jika makhluk ini sering di sebut sebagai makhluk jadia-jadian.

Sumber yang sama menyatakan jika makhluk ini bermula dari seorang wanita yang ingin mempunyai wajah awet muda atau dalam kata lain mencari keabadian serta menganut ilmu hitam tertentu. Pada salah satu syarat ilmu tersebut mereka yang menganut ilmu tersebut harus memakan bayi yang baru lahir atau bisa juga menghisap darah saat proses melahirkan seseorang. Dan entah bagaimana kebenarannya misteri tersebut sepertinya tidak ada satu orang pun yang bisa menjelaskan dengan pasti.

Namun pada sisi lain adapula sumber yang menjelaskan jika hantu kuyang tidak menemukan mangsa berupa wanita yang sedang lahiran maka ia pun akan terbang dan berkeliaran di sekitar rumah-rumah penduduk yang katanya mencari bekas pembalut seseorang yang dibuang. Sumber tersebut menambahkan jika pembalut bekas tersebut akan di hisab nodanya ( darah menstruasi wanita) sebagai pengganti darah wanita yang sedang lahiran/bayi yang sedang lahir. Yang membuat jadi rame lagi yaitu jika dia tidak menemukan pembalut, maka makhluk jadi-jadian ini akan mendatangi wanita khususnya yang sedang datang bulan dan menjilati serta mengisap kotoran darah/ menstruasi wanita tersebut.

Bahkan ada kisah warga bontang yang bayinya meninggal di hisap kuyang, dimana informasi ini beredar melalui informasi warga, warga pun bercerita jika kematian anaknya yang kedua,keyla. Bayi perempuan yang baru berusia dua bulan satu pecan tersebut meninggal di karenakan darah anaknya dihisap hantu kuyang. Dan berdasarkan pengakuan warga lain pula kejadian meninggalnya keyla, ketika itu anaknya menangis sehingga ibunya menyusuinya. Namun ketika tidur, bayi tersebut di letakkan di bantalnya. Tetapi tiba-tiba bayinya badanya miring dan sudah pucat dengan mulut biru, mata hidung berdarah campur air.

Kondisi ini pun membuat kedua orang tuanya kaget. Dan membuat mereka semua berteriak kencang. Meski belum di ketahui secara pasti penyebab meninggalnya namun berita kuyang tersebut membuat semua orang tua di bontang lebih waspada. Bahkan ada warga yang telah menyiapkan dedaunan tertentu yang di letakkan di jendela sebagai saranan menangkal kuyang.

Begitulah sepenggal cerita mengenai kuyang yang sudah sangat melegenda, semoga saja semua ini bisa membuat kita semua lebih waspada dan tidak meninggalkan ibadah kita. Karena bagaiman pun kuatnya hantu mereka akan tetap kalah dengan kuasa sang pencipta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here