Lagi Diet Atau Alergi dengan Susu Sapi, Coba 6 Alternatif Pengganti Susu Sapi Ini!

0
82
source: https://www.serumpi.com/105969/kesehatan/bolehkah-minum-susu-saat-perut-kosong

Masyarakat Indonesia meyakini jika pemenuhan nutrisi tubuh akan sempurna jika menambahkan susu dalam asupan harian. Inilah hasil dari slogan “4 sehat 5 sempurna” yang tentu hafal di luar kepala, bahkan oleh kamu para generasi milenial. Konsumsi susu setiap hari memang terbukti baik untuk kesehatan terutama untuk tulang dan gigi yang terjaga kepadatanya. Sayangnya tak semua orang bisa mengkonsumsi makanan cair ini dengan aman.

Alasanya banyak dimulai dari faktor alergi karena memang tidak sedikit yang bermasalah dengan alergi susu sapi. Ada pula yang tengah menjalani diet sehingga konsumsi susu masuk ke dalam daftar pantangan, loh kok bisa? Karena susu sendiri memang mengandung lemak jadi bagi yang diet tentu perlu mengurangi asupan susu sapi. Kamu yang vegetarian juga pasti tidak mengkonsumsi susu sapi, namun untuk menyerap nutrisi susu ini ternyata tak melulu lewat susu sapi loh!

Kamu yang butuh nutrisi makanan cair ini bisa mencoba nutrisi yang ditawarkan alternatif susu sapi di bawah ini.

1. Susu kedelai yang murah tapi tak kalah enak
Kalau kamu merasa minum susu sapi terlalu mahal dan membuat biaya semakin boros coba alternatif mengkonsumsi susu kedelai. Semua orang Indonesia tahu jenis susu ini karena dijual bebas di pasaran terutama di pagi hari dan masih dalam kondisi hangat. Susu dari biji kedelai ini juga menjadi alternatif lebih murah, namun nutrisi di dalamnya tak kalah penting untuk kesehatan tubuh kamu.

Susu kedelai ini selain mengandung kalsium juga diperkaya oleh isoflavon dan juga protein sehingga baik diminum secara teratur. Namun pastikan kamu membatasi asupanya yakni cukup satu gelas kecil sehari, pasalnya jika dikonsumsi berlebihan malah mempengaruh kadar hormon estrogen. Kemudian bagi kamu yang alergi dengan susu kedelai atau susu soya ini baiknya memilih alternatif lain.

2. Susu almond dengan cita rasa plainya
Bagi kamu yang sedang diet tidak perlu ragu minum susu namun ganti susu sapi dengan susu almond. Seperti namanya susu jenis ini terbuat dari kacang almond yang diproses sedemikian rupa menjadi susu, prosesnya mudah kamu bisa membuat sendiri di rumah. tapi kalau mau praktis beli saja yang sudah dalam kemasan agar tinggal minum.

Susu almond sendiri memang punya rasa plain jadi sedikit hambar, kamu bisa menambahkan madu atau dimakan bersama buah-buahan dan sereal. Sekedar diminum langsung pun bukan keputusan buruk apalagi di dalamnya kaya akan Vitamin E yang bagus untuk kulit. Disebut bagus untuk diet karena kandungan lemak dan kalorinya rendah sekali, selain itu mengandung antioksidan juga.

3. Susu kelapa alias santan yang rasanya gurih alami
Seringnya orang mengenal santan atau coconut milk untuk dijadikan bahan masakan maupun minuman tradisional. Padahal ketika parutan kelapa diperas airnya memakai air matang bisa langsung diminum. Sensasi rasa manis berpadu dengan rasa gurih membuatnya terasa memanjakan lidah. Menariknya saat tidak didihkan susu santan ini baik untuk program diet kamu.

Kok bisa? Jadi menurut sebuah penelitian di dalam susu santan terkandung zat yang bernama medium chain triglycerides. Rupanya kandungan ini bisa membantu menurunkan nafsu makan, cocok sekali untuk kamu yang sudah berusaha diet mati-matian. Siapa sangka dengan santan segar kamu bisa lebih mudah mencapai berat badan ideal!

4. Susu oat yang punya rasa unik
Pernah mendengar susu oat? Meski di Indonesia susu jenis ini masih kurang familiar namun di berbagai negara sudah mulai digandrungi. Terbukti dari postingan menu sehat masyarakat luar negeri di media sosial. Baiknya kamu mencobanya untuk menggantikan susu sapi yang memang mengandung lemak tinggi serta kurang aman untuk pemilik pencernaan yang sensitif. Sesuai namanya susu oat terbuat dari oatmeal yang teksturnya kental namun memiliki rasa sedikit manis.

Rasa manisnya terbilang ringan sehingga cocok untuk lidah semua orang dan menariknya konsumsi rutin membantu menjaga kesehatan jantung. Sebab kandungan susu oat ini efektif menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ditambah efektif menurunkan kadar gula di dalam darah, untuk kamu yang keluarganya punya riwayat sakit jantung atau diabetes cocok sekali membiasakan meminumnya.

5. Susu beras alias air tajin
Bagi yang tidak suka susu namun ingin menikmati susu yang rasanya tetap enak dan kaya nutrisi bisa menimbang susu beras. Bukan terbuat dari beras yang diblender lalu diambil airnya melainkan diambil dari air tajin. Kamu tahu air tajin kan? Jadi sewaktu menanak nasi di atas kompor beras akan direbus dulu dengan air dan air ini akan memutih lalu bisa diambil dan diminum.

Rupanya susu beras ini mengandung protein serta tinggi karbohidrat mengingat bahan dasarnya memang dari beras. Hanya saja mengkonsumsi susu jenis ini ternyata tak boleh berlebihan dan terlalu sering. Sebab mengandung yang namanya inorganic arsenic dan terbilang cukup tinggi dan zat ini tidak baik untuk kesehatan kamu.

6. Susu kacang mete yang manfaatnya berlimpah
Siapa yang suka kacang mete? Kacang jenis ini didapat dari jambu monyet atau jambu mete yang memang dikenal cukup mahal. Rupanya selain disantap langsung sebagai camilan juga bisa diolah menjadi susu. Cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari-cari alternatif susu sapi yang sama enaknya dan sama sehatnya.

Susu dari kacang mete ini juga ideal dikonsumsi rutin oleh kamu yang sedang menjalani program diet. Sebab kalori dan karbohidrat di dalamnya terbilang sedikit sehingga efektif membantu menurunkan asupan lemak dan gula di dalam tubuh. Soal rasa memang agak manis dan gurih dan menariknya tekstur susu ini lumayan kental, tapi kamu pasti menyukainya!

Susu memang menjadi makanan cair dengan nutrisi kompleks, kalau kamu tak bisa dan tak suka susu sapi beberapa jenis susu di atas bisa kok dijadikan alternatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here