Kisah Tikus Dan Singa

0
10

Pada suatu hari, di sebuah desa ada seekor tikus yang sedang asyik mencari makan. Saking asyiknya, dia tak sadar bahwa dia sudah berjalan terlalu jauh dari rumahnya hingga masuk ke dalam hutan yang cukup lebat. Sadar akan hal itu, si Tikus pun segera bergegas mencari jalan untuk pulang, tapi nasibnya sungguh malang, dia malah tersesat ke kandang singa.

Singa yang sedang tertidur pulas di kejutkan oleh kedatangan seekor tikus yang menginjak ranting pohon hingga membuat ranting tersebut patah dan menimpa singa. Singa yang terbangun pun menjadi marah, “Hai mahluk kecil.. berani-beraninya kau mengganggu tidur ku. Jika sudah bangun begini, harus ada yang bisa ku makan. Maka sekarang kau akan menjadi makan malam ku. Grrrr…”. Kata singa menggeram.

Singa itu pun lalu dengan cepat menangkap si Tikus dan segera memangsanya.

Si Tikus lalu berkata “Tunggu”, “Ampuni aku, singa” kata si Tikus.

“Kenapa kau menganggu tidur ku?”, tanya singa.

“Aku tidak sengaja menganggu tidur mu, aku tersesat dihutan saat lagi mencari makan sehingga aku tak tahu arah jalan pulang ke rumah”, ujar tikus.

“Jika kamu mau mengampuni aku,dan membebaskan aku, maka suatu saat nanti aku akan menolongmu jika kau kesusahan.” Ujar tikus itu lagi.

Sang singa yang mendengarkan perkataan dari si tikus pun tertawa, “hahaha,,, mana bisa makhluk kecil seperti mu menolong ku”. karena merasa iba, akhirnya singa melepaskan si tikus tersebut. Tikus itu kemudian pergi pulang ke rumahnya.

Pada suatu hari, saat sedang berjalan-jalan di hutan, Singa tertangkap oleh sekelompok pemburu, yang kemudian mengikat dia dengan tali yang sangat kuat. Para pemburu itu meninggalkan singa di sana, untuk diambil keesokan harinya, saat tenaganya sudah habis dan dia tidak bisa melawan lagi. Si Singa berusaha membebaskan diri, tapi tidak bisa karena tali-tali itu terlalu kuat. Dia pun mengaum untuk meminta tolong. Si Tikus mendengar auman si Singa dari kejauhan, lalu ia datang untuk membantunya. ia menggigiti tali-tali yang mengikat Singa sampai putus.

Setelah si Singa terbebas dari perangkap para pemburu, si Tikus lalu berkata kepadanya. “Dulu kamu tertawa saat aku berkata bahwa suatu saat aku pasti akan menolongmu. Sekarang sudah terbukti bukan? Aku, seekor tikus, bisa menyelamatkan kamu, seekor singa!”

Hikmah dari kisah ini adalah Kita tidak boleh meremehkan orang lain. Mungkin saja suatu saat nanti kita akan membutuhkan pertolongan darinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here