Kisah Panci Ajaib

0
38
youtube.com

Pada jaman dahulu di desa yang jauh hidup lah seorang petani bernama rama. Rama merupakan seorang yang baik dan bijak. Dia mempunyai beberapa meter kebun meskipun dia petani ulung kebunnya tidak pernah menghasilkan biji-bijian. Namun petani yang lain memanen dan menabur. Rama pun terus membajak dan terus membajak namun kebun nya selalu tandus. Lalu mereka pun bertanya kenapa rama membajak setiap hari? mereka bilang jika kebun ini tidak memberi rama apa-apa sejak setahun yang lalu. Mereka menyarankan rama agar menjual kebun nya dan membeli kebun di tempat yang lain. Rama pun bilang jika kebun ini punya leluhur dia dahulu dan mereka bertani di tempat ini. Rama pun yakin jika dirinya melakukan kesalahan dan akan terus berusaha di kebun itu. Teman-teman nya pun mendoakanyang terbaik untuk rama.

Rama pun terus berjuang dan tidak akan menjual kebun nya meskipun dia bertahan hidup tanpa makanan dan hanya memakan buah-buahan saja. Rama pun setiap hari membajak dan membajak karena dirinya penasaran kenapa kebunya itu tidak menghasilkan apa-apa? padahal rama yakin dirinya menabur benih setiap tahun namun benih-benih itu pergi entah kemana. Rama pun selalu membajak dan terus membajak hingga dirinya lelah. Rama membajak seluruh kebun dan saat itu sudah sangat sore maka rama pun butuh istirahat. Rama pun terlalu lapar untuk membajak lagi namun ketika dia membajak lagi dia menghantam sesuatu yang cukup keras. Rama pun kaget karena benda itu terdengar seperti sebuah logam. Ternyata itu merupakan panci yang cukup besar dan rama bingung siapa orang yang sudah mengubur panci sebesar ini di dalam tanah?

Namun saat itu rama sangat marah karena waktu nya habis untuk sesuatu yang tidak berguna. Dan alat yang di gunakannya untuk membajak ia lemparkan ke dalam panci itu dan dia pun duduk di bawah pohon besar. Akhirnya rama berfikir jika kebunnya itu harus di jual karena dirinya tidak bisa terus-menerus kelaparan. Dan rama sudah yakin jika kebun itu tidak memberi nya apa-apa. Rama beristirahat dan memakan buah yang telah di petiknya dan tidak bisa menutup rasa laparnya. Rama pun duduk beberapa jam di bawah pohon yang berada di dekat kebunya dan dia merasa sedih. Dia tau jika dia harus menjual kebun nya dan dia pun merasa sangat sedih. Aku harus kuat sekarang karena kebun leluhur aku ini harus segera di jual. Rama pun memutuskan untuk segera pulang sebelum gelap. Ketika rama kembali akan mengambil alat bajak yang dia buang di panci, dia sangat kaget karena di dalam panci itu ada alat bajak berjumlah 100 biji dan dia tidak bisa membedakan mana alat bajak miliknya.

Dan dia heran bahkan dia masih menerka-nerka apakah ini panci ajaib maka dari itu dia memutuskan untuk menaruh sesuatu. Rama pun mengeluarkan semua alat bajak dan menaruh satu anggur di panci tersebut. Dan dia sangat kaget karena anggur yang dia letakan berubah menjadi 100 buah. Akhirnya karena dia tau jika panci itu ajaib maka panci itu di bawa nya pulang ke rumah. Namun panci yang berisi anggur tadi begitu berat untuk di bawa maka dia memutuskan untuk mencari tali. Dan panci ajaib itu dia tarik dengan tali yang terikat di pinggangnya dan dia memikirkan apa saja yang bisa dia masukan ke dalam panci itu. Rama ingin memasukan telur karena dia sangat lapar dan baru makan buah-buahan saja. Lalu rama bergegas pergi untuk membeli satu telur dan segera memasukan telur-telur itu ke dalam panci. Dan tiba-tiba panci itu penuh dengan telur. Rama pun merasa bahagia dan dia merebus telur untuk dia makan.

Akhirnya karena jumlah telur yang begitu banyak rama memutuskan untuk menjual telur-telurnya agar dirinya bisa mendapatkan uang. Dan rama sadar jika panci itu tidak hanya bisa memberi dia makanan namun juga barang-barang apa saja yang dia masukan kesana. Rama pun menaruh potongan kain di panci karena dirinya butuh pakaian. Dan panci itu memberi nya baju setidaknya untuk 15 orang. Dan dia pun memasukan semua hal-hal yang bermanfaat yang dia bisa masukan. Para penduduk desa heran dengan kesuksesan rama dan tidak ada yang tau. Rama selalu menyembunyikan panci nya di sudut rumah nya dan di bawah kain. Dan rama pun mencoba memasukan ayam betina dan keluar lah banyak ayam dari panci itu. Namun ayam-ayam itu terlalu banyak dan tidak sengaja ada ayam yang melompat ke panci itu lagi dan bertambah semakin banyak lagi ayam-ayam itu.

Namun tanpa sadar ada pengawal raja yang mendengarnya ketika dia menyebut-nyebut panci dan pengawal itu menceritakannya. Akhirnya raja mengutus pengawal agar membawa rama dan panci nya ke istana. Namun rama mengetahui jika raja adalah orang yang serakah. Namun raja pun masuk ke dalam panci dan menjadi banyak mereka saling bertengkar. Karena panci itu di anggap bahaya maka panci itu di hancurkan rama dan rama pun sudah punya kebun yang subur dan hidup layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here